×
STUDILMU Career Advice - Memahami Supply Chain Management
Tips of Management

Memahami Supply Chain Management

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 

Supply chain management bertujuan untuk merencanakan dan mengkoordinasikan semua kegiatan yang terdapat dalam supply chain, sehingga akan tercapai pelayanan kepada customer yang maksimal dengan biaya yang relatif rendah. Selain itu, supply chain management memiliki tujuan untuk memaksimalkan nilai keseluruhan yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan customer. Di sisi lain, tujuannya adalah untuk meminimalkan biaya secara keseluruhan seperti biaya pemesanan, penyimpanan, transportasi (Chopra, 2007). Sederhananya, tujuan dari supply chain management yaitu untuk memastikan sebuah produk berada pada tempat dan waktu yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen tanpa menciptakan stok yang berlebihan atau kekurangan

 

Fungsi Supply chain management adalah sebagai mediasi pasar, yaitu memastikan apa yang dipasok oleh rantai suplai mencerminkan aspirasi pelanggan atau konsumen akhir tersebut. Dalam hal ini fungsi pemasaran yang akan berperan. Melalui pelaksanaan SCM, pemasaran dapat mengidentifikasi produk dengan karakteristik yang diminati konsumen. Selanjutnya fungsi ini harus mampu mengidentifikasi seluruh atribut produk yang diharapkan konsumen tersebut dan mengomunikasikan kepada perancang produk. Apabila seleksi rancangan produk tersebut sudah dilakukan dan dilakukan pengujian maka produk dapat diproduksi.

 

Manfaat Supply Chain Management

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pada intinya Supply Chain Management memegang peran penting terutama dalam sebuah bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Kemudian, apa saja sih manfaat dari penerapan supply chain management? Mari simak manfaat-manfaat penerapan supply chain management berikut ini:

 

1. Pelanggan akan Puas

Penerapan supply chain management mendorong sebuah perusahaan untuk memuaskan para pelanggannya. Perusahaan menjamin kepuasajn para pelanggannya dengan berbagai cara salah satunya yaitu dengan menghasilkan barang/jasa yang sesuai dengan permintaan para pelanggan sebagai mitra usahanya.

Supply chain management (SCM) tentu memiliki peran yang penting untuk membantu sebuah perusahaan karena pihak yang membeli atau menggunakan barang tersebut merasa puas atas permintaannya yang sesuai. Pelanggan yang puas pasti akan kembali untuk membeli atau menggunakan jasa perusahaan tersebut.  Hal ini sangat menguntungkan.

2. Meningkatkan Pendapatan

Jika pelanggan merasa puas, maka manfaat supply chain management akan semakin meluas. Salah satunya yaitu meningkatkan pendapatan. Semakin sering pelanggan membeli atau menggunakan produk suatu perusahaan, dengan demikian perusahaan pun pendapatannya akan meningkat.

3. Menurunkan Biaya

Supply chain management mendorong sebuah perusahaan untuk dapat menekan biaya yang harus mereka keluarkan untuk semua proses tersebut. Hal ini dikarenakan jika penjualan semakin meningkat, maka biaya produksi dan distribusi pun akan menurun mengikuti permintaan yang justru meningkat.

4. Pemanfaatan Aset Perusahaan dengan Maksimal

Teknologi berperan cukup penting dalam menerapkan supply chain management dalam suatu perusahaan. Dengan adanya teknologi, perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerja para karyawan. Dengan ini biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan penyedia perangkat lunak (software) yang akan mendukung para karyawan dalam menjalankan mekanisme supply chain.

5. Meningkatkan Keuntungan

Tidak hanya pendapatan saja yang meningkat, dengan menerapkan konsep supply chain management sebuah perusahaan akan mampu memperoleh keuntungan di atas rata-rata. Hal ini dikarenakan perusahaan dapat menjual barang atau jasanya dengan optimal, menjaga tingkat kepuasan para pelanggan, serta dapat memaksimalkan proses produksi dan distribusi secara efisien.

6. Perusahaan Menjadi Semakin Besar

Dengan memaksimalkan kinerja perusahaan secara efisien dan dapat menciptakan keuntungan yang lebih besar serta meningkat secara berkala, dengan lambat laun perusahaan tersebut menjadi semakin besar dan maju.

Featured Career Advice