×
STUDILMU Career Advice - Melakukan Delegasi Dalam Bekerja
Leadership

Melakukan Delegasi Dalam Bekerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

2. Jelaskan tugas dan tanggung jawab

Ketika sudah memilih orang yang tepat untuk suatu pekerjaan, pastikan bahwa orang yang dipilih sudah benar-benar mengerti tanggung jawab dan seberapa tanggung jawab itu. Karena orang-orang sering ingin mengetahui seberapa besar tanggung jawabnya terhadap tugas, tim, teknik dan waktu. Delegator yang sukses akan membiarkan anggota timnya tahu secara pasti yang mana tanggung jawabnya dan mana yang bukan.

3. Jelaskan hasil yang diharapkan

Setelah menjelaskan pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan kepada seseorang, jelaskan hasil dari pekerjaan tersebut yang diharapkan secara detail. Hal ini termasuk menjelaskan ekspektasi tentang hasil (apa ini), bagaimana tugas tersebut sesuai dengan gambaran yang lebih besar (mengapa kita melakukan ini), dan kriteria untuk mengukur kesuksesan (bagaimana hasilnya terlihat ketika selesai dikerjakan).

4. Pastikan tim memiliki sumber daya yang dibutuhkan

Dalam menjalankan tanggung jawab dan pekerjaan pastikan tim atau orang yang mengerjakannya memiliki sumber daya yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan, baik itu pelatihan, pendanaan, peralatan, waktu, ruang pribadi untuk diri sendiri, prioritas yang disesuaikan atau bantuan dari orang lain.

5. Buat daftar untuk umpan balik

Tetapkan checkpoint, kejadian penting dan jeda sebagai umpan balik kepada atasan. Membuat checkpoint, hal-hal penting yang terjadi atau sudah dilakukan menjadi penting untuk mempertanggungjawabkan pekerjaan, dan juga untuk membuat delegator tahu kelebihan dan kelemahan orang tersebut atas pekerjaan yang dilakukan. Setelah delegator mengetahui kelemahan dari orang yang diberi tanggung jawab maka delegator dapat memberikan umpan balik, seperti saran dan dilatih lebih baik oleh atasan.

6. Berikan kesempatan untuk mengeksplorasi

Pada saat mendelegasikan suatu pekerjaan kepada anggota tim, berikan mereka kebebasan untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan cara yang lebih kreatif untuk mencapai tujuan bersama. Penting untuk delegator untuk mengesampingkan keterikatan mereka pada suatu pekerjaan dari bagaimana pekerjaan tersebut telah dilakukan sebelumnya, sehingga orang-orang yang menerima pekerjaan dapat memberikan hal-hal baru untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

7. Ciptakan lingkungan yang memotivasi

Ciptakan lingkungan yang membuat anggota tim termotivasi untuk mengerjakan pekerjaan mereka dan mencapai tujuan bersama organisasi. Delegator yang sukses tahu kapan memandu, coaching, melangkah maju, melangkah mundur, menyesuaikan ekspektasi, membuat diri mereka ada untuk orang yang diberi pekerjaan dan merayakan kesuksesan.

Featured Career Advice