Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Manfaat E-Learning

Manfaat E-Learning


STUDILMU Users
by STUDiLMU Editor

Pengertian E-learning Menurut Para Ahli

E-learning atau Online learning adalah pembelajaran berbasis elektronik. Tentu saja ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari E-learning. Manfaat ini tentunya berguna bagi setiap individu dan juga perusahaan. Namun, sebelum kita menjabarkan tentang manfaat e-learning, mari kita lihat bagaimana definisi e-learning atau online learning menurut para ahli berikut ini:
 
Darin E. Hartley (Hartley, 2001): E-Learning atau online learning adalah suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.
 
Dong (dalam Kamarga, 2002): Pengertian E-learning atau online learning menurut Dong adalah E-Learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
 
Jaya Kumar C. Koran (2002): Menurutnya, E-learning atau online learning adalah sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
 
LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms (Glossary, 2001): E-Learning atau online learning merupakan sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.
 
Rosenberg (2001): E-learning atau online learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
 
(Michael, 2013:27): E-learning atau online learning adalah pembelajaran yang disusun ialah dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran .
 
(Chandrawati, 2010): E-learning atau online learning adalah suatu proses pembelajaran jarak jauh dengan cara menggabungkan prinsip-prinsip didalam proses suatu pembelajaran dengan teknologi .
 
(Ardiansyah, 2013): E-learning atau online learning adalah suatu sistem pembelajaran yang digunakan ialah sebagai sarana ialah sebagai proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan siswa/i .
 
E-learning atau online learning dapat diartikan sebagai pembelajaran tanpa adanya batas ruang dan waktu. Sekarang ini, setiap orang mencari sebuah proses pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan individu masing-masing. Dengan kesibukan setiap pribadi yang berbeda-beda, tentunya E-learning merupakan pilihan tepat untuk para profesional karena mereka dapat belajar dimana saja, dan kapan saja hanya melalui elektronik di tangan mereka.  
 
Budaya pembelajaran E-learning yang sangat fleksibel adalah salah satu manfaat yang dapat dilihat dengan jelas. Beberapa orang memang sengaja mendaftarkan diri dalam E-learning dengan tujuan untuk mengembangkan diri dan kemajuan karier. Sedangkan beberapa orang tidak sengaja menemukan iklan E-learning pada ponsel cerdas mereka. Sehingga mereka juga mendaftarkan diri mereka. Saat ini e-learning juga dikembangkan dengan menggunakan aplikasi mobile, yang disebut dengan m-learning atau mobile learning. Dengan m-learning ini, para karyawan bisa dengan menggunakan materi kursus melalui mobile atau handphone mereka, tanpa dibatasi dengan desktop atau laptop.
 
 

Manfaat E-learning atau Online Learning

Lalu, apa manfaat yang didapat dari E-learning atau Online learning, sehingga Anda dapat membuat keputusan untuk bergabung didalamnya?
 

1. E-learning dapat diukur 

E-learning memungkinkan Anda untuk membuat dan mengkomunikasikan adanya kebijakan baru, gagasan, pelatihan dan konsep dengan cepat.  E-learning dapat digunakan untuk suasana pembelajaran formal dan informal. E-learning adalah sesuatu yang sangat cepat. E-learning membantu kita untuk terus mendapatkan informasi terbaru.
 
Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan berlama-lama pada suatu hal yang telah dikuasai. Anda dapat melewati sesi yang telah dikuasai dan berpindah kepada sesi berikutnya. E-learning memungkinkan Anda untuk menentukan jalur yang ingin Anda pilih.
 

2. E-learning memiliki kapasitas dan konsistensi

E-learning memungkinkan para pendidik dapat menjangkau jumlah penonton yang diharapkan. E-learning juga memastikan para pendidik bahwa pesan yang disampaikan selalu dalam cara yang konsisten. Ini memberikan dampak bagi orang-orang yang belajar secara merata. Mereka menerima pelatihan dengan kapasitas yang sama. 
 

3. E-learning membantu daya ingat yang tinggi

E-learning memiliki proses pembelajaran campuran. Pendekatan proses pembelajaran campuran ini akan mampu untuk menambah daya ingat akan pengetahuan yang dipelajari. Ini juga membuat setiap tugas-tugas dapat disunting dan diperbaharui kapanpun Anda mau dan memerlukannya. Dan ini dapat membantu Anda saat hendak melamar pekerjaan yang diingini. Anda dapat menggabungkan setiap pengalaman belajar Anda menjadi satu data yang nantinya berguna bagi kemajuan Anda.
 

4. E-learning menghemat waktu dan uang

Inilah manfaat E-learning yang sangat diketahui oleh banyak orang. E-learning mengurangi jumlah waktu kerja, menghilangkan ruang perpindahan dan bahkan menghilangkan kebutuhan pelatihan di dalam kelas. Tentunya ini akan menghemat uang transportasi, fotokopi materi dan akomodasi. Anda dapat memiliki materi kapan saja. Dan tentunya Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mempelajarinya, karena Anda tidak perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. 
 

5. E-learning sangat ramah terhadap lingkungan

E-learning dapat mengurangi jumlah jejak karbon karena Anda tidak perlu mencetak kuis atau materi lainnya. Anda dapat melakukan semuanya secara online. 
 
Tentunya ini juga merupakan suatu tindakan yang baik untuk lingkungan. E-learning mengurangi penggunaan jejak karbon hampir 90%. Dan Anda tidak perlu membuang energy untuk fasilitas, akomodasi dan peralatan yang digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas. Jauh lebih praktis, bukan?
 

6. E-learning merupakan hal yang fleksibel

Dengan menggunakan E-learning, siapapun dapat belajar dimanapun. Setiap orang memiliki kebebasan belajar di tempat yang paling nyaman dengan kecepatan yang sesuai dengan daya tangkap masing-masing. Dengan begini, setiap orang yang mengikuti E-learning dapat benar-benar menguasai materi yang ada. Dan ketika Anda berada dalam daerah terpencil sekalipun, proses pembelajaran bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan karena Anda tetap dapat mengikuti pembelajaran melalui E-learning. Wah, menarik sekali bukan? Belajar jadi mudah dan nyaman sekali. Tentunya dengan begini, Anda akan tetap termotivasi dalam melakukan dan menguasai hal-hal baru.
 

7. E-learning dapat membantu kegiatan dan laba atas investasi

Jika Anda menggunakan sistem manajemen pembelajaran atau yang dikenal dengan LMS, Anda akan dengan mudah melihat kemajuan setiap peserta dan memberikan laporan kemajuannya dengan mudah. Tentunya ini merupakan sebuah investasi yang nantinya akan menguntungkan setiap pekerja dan bahkan organisasi.
 

8. E-learning menunjang pertumbuhan bisnis Anda

Ketika bisnis Anda  sedang bertumbuh, tentunya kebutuhan akan pembelajaran meningkat. E-learning membantu Anda menemukan strategi yang tepat yang diperlukan untuk memajukan bisnis Anda. 
 
Anda dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki setiap karyawan tanpa adanya batasan akan kapasitas maupun lokasi. Setiap orang yang berada dalam perusahaan akan mampu untuk mendapatkan pengalaman belajar dengan kapasitas yang sama dan kualitas yang sama. Dengan begini, bisnis Anda akan semakin bertumbuh dengan cepat dan baik karena orang-orang didalamnya memiliki kapasitas besar yang konsisten. 
 
 

Efektivitas E-learning dan Contoh E-learning

Lalu, apakah E-learning efektif? Banyak penelitian dan survey mengatakan bahwa lebih banyak peserta yang lebih menyukai menggunakan instruksi berbasis komputer daripada metode kelas tradisional. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam belajar dan menyerap informasi dan dengan kecepatan yang berbeda juga.
 
E-learning menyediakan sistem pembelajaran yang fleksibel yang memungkinkan setiap peserta bahkan organisasi menyesuaikan pembelajaran dengan kondisi dan kebutuhan mereka. 
 
E-learning yang disertai dengan pelatihan dan instruktur yang tepat akan meningkatkan proses pembelajaran secara keseluruhan. Dan di era yang serba digital sekarang ini, E-learning adalah pembelajaran yang dicari dan dipilih banyak para peserta didik dan juga organisasi. Bahkan di beberapa perusahaan menerapkan blended learning, yaitu menggabungkan antara online dan offline, antara sistem online dan classroom training.
 
Contoh e-learning sudah banyak diterapkan diberbagai organisasi, antara lain: e learning unpam, e learning unej, e learning unp, e learning uty, e learning umy, e learning ut, e learning mercubuana, e learning mahkamah agung, e learning perbanas, e learning kemenkumham, e learning bina darma, e learning stikom, e learning widyatama, e learning esa unggul, dan lain-lain. Model e-learning tersebut banyak digunakan di kampus dan lembaga-lembaga pemerintahan. Walaupun mungkin tidak secanggih dan sebagus model e-learning di swasta, tapi model e-learning tersebut bisa menjadi titik awal, dan harapannya bisa dikembangkan lagi dengan fitur-fitur yang lebih baik. 
 
 
Itulah pengertian, manfaat dan efektivitas E-learning. Semoga rekan pembaca memiliki pelatihan E-learning yang tepat sehingga menunjang kesuksesan pribadi maupun kesuksesan karier Anda.
 
 
STUDILMU memiliki produk e-learning, online learning atau learning management system atau LMS, yaitu STUDILMU LMS. STUDILMU LMS sangat mudah digunakan dengan harga terjangkau. Untuk mengetahui lebih detail, silakan klik link ini: STUDILMU LMS.