×
STUDILMU Career Advice - Kenali Diri Sendiri
Self Improvement

Kenali Diri Sendiri

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Tidak ada yang lebih mengenal diri kita, kecuali diri kita sendiri. Apakah rekan-rekan Career Advice sudah mengenal diri Anda dengan sangat baik? Jika sudah, maka itu sangat bagus. Namun, apabila rekan pembaca belum memiliki kesempatan untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik, jangan khawatir. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang alasan pentingnya mengenali diri sendiri, cara mengenal diri sendiri dan beberapa tindakan ampuh yang dapat kita terapkan untuk mengenal diri sendiri agar dapat meningkatkan diri menjadi lebih baik. 
 
Di era digital seperti ini, persaingan di dunia kerja menjadi semakin ketat. Semua orang berlomba-lomba untuk meraih kesuksesan karier. Nah untuk mendapatkan karier yang sukses, kita dituntut untuk selalu melakukan peningkatan kualitas diri. Namun, meningkatkan kualitas diri tidak dapat dilakukan jika kita sendiri tidak mengenal diri kita dengan baik. 
 
Coba rekan-rekan Career Advice bayangkan, bagaimana cara seseorang memperbaiki dirinya, jika dia saja tidak tahu apa kelemahan dan kelebihannya? Orang lain mungkin bisa memberitahu kita tentang kelemahan yang kita miliki, umpan balik yang mereka berikan dapat membantu kita mendeteksi hal-hal apa saja yang perlu kita perbaiki, begitu juga dengan kekuatan yang perlu kita pertahankan. 
 
Sayangnya, mereka hanya dapat melihat sebagiannya saja. Sepenuhnya hanya kita yang lebih memahami diri kita sendiri.

Apakah Penting untuk Mengenal Diri Sendiri? 

Dalam melakukan suatu hal, kita perlu mengetahui alasan penting dari perilaku tersebut. Ini diperlukan agar kita paham tujuan yang ingin kita raih dalam setiap tindakan yang dilakukan. Jadi, apakah kita perlu mengenal diri kita sendiri? Jawabannya sangat perlu. Sebenarnya ini adalah opsi kehidupan. Jika kita adalah pribadi yang ingin berkembang menjadi lebih baik, maka mengenal diri dan melakukan peningkatan kualitas diri adalah hal yang sangat diperlukan. Namun, jika kita adalah tipe orang yang mudah merasa puas dengan apa yang dimiliki sekarang, mungkin ini bukan ide yang bagus untuk kita terapkan. Tapi konsekuensinya, jangan terkejut jika kehidupan yang kita miliki hanya begitu-begitu saja, datar. 
 
Banyak orang menjalani hidup tanpa mendapatkan pemahaman yang jelas tentang diri mereka sendiri. Namun, bukan berarti bahwa hanya orang yang tidak bahagia yang perlu mengenal diri sendiri dan meningkatkan kualitas diri. Bahkan, orang-orang hebat yang sudah mengenal diri mereka dengan sangat baik dan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas diri pun, masih perlu memeriksa diri mereka lagi dari waktu ke waktu.
 
Ini adalah hal yang wajar, karena perubahan akan terus ada di dalam kehidupan kita. Perubahan memang sedikit terlihat menakutkan, tetapi akan lebih menakutkan jika kita mengabaikan hal ini. Jika kita mengenal diri sendiri dengan baik, maka sudah dipastikan kita akan dapat menangani perubahan dengan lebih baik
 
Tidak pernah ada kata terlambat untuk mengenal diri sendiri, karena saat kita melakukannya, maka kita akan siap untuk menghadapi apapun yang akan terjadi di masa depan. 
 
Berikut adalah beberapa tindakan yang perlu diterapkan untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik:

1. Kesadaran Diri yang Tinggi

Langkah utama untuk mengenali diri sendiri adalah memiliki kesadaran diri. Dan, untuk memiliki kesadaran diri yang tinggi, kami sangat menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk tidak membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Yang sangat kita perlukan adalah fokus pada apa yang ada di dalam diri kita, segalanya tentang kita, kita dan kita. 
 
Ini bukan berarti kita harus menjadi seorang yang egois atau terlalu percaya diri, namun langkah ini bertujuan agar kita fokus mengenal diri sendiri, bukan sibuk dengan urusan orang lain. 
 
Ok, untuk mensukseskan langkah awal ini, coba rekan-rekan pembaca luangkan waktu untuk melihat diri Anda sendiri. Tanyakan ini “Apa yang selama ini telah kita lakukan?” “Bagaimana kita bereaksi terhadap situasi tertentu?” “Apa yang membuat kita bisa tersenyum?” “Apa hal yang paling menyedihkan bagi kita?” serta serangkaian pertanyaan lainnya tentang diri kita sendiri. 
 
Lalu, bagaimana jika rekan pembaca kembali membanding-bandingkan diri dengan orang lain? Baik, jika hal ini masih terjadi maka kita perlu menanyakan pada diri sendiri tentang “Mengapa kita begitu terpaku pada mereka?”“Apa hal yang paling kita sukai dari mereka sehingga kita hanya fokus dengan kehidupan mereka?” Cari tahu sendiri jawaban dari pertanyaan tersebut, sampai titik permasalahan dapat dipecahkan
 

2. Jangan Takut Mengenal Diri Sendiri

Ini mungkin terdengar sedikit konyol, tapi kenyataannya masih banyak orang yang takut untuk mengenal diri mereka lebih dalam. Ada yang tahu apa alasannya? Faktor utama dari ketakutan ini adalah mereka belum siap untuk mengakui bahwa beberapa kelemahan yang mereka benci ternyata ada pada diri mereka sendiri. Sebagai contoh, mereka membenci orang yang pemalas. 
 
Mereka tahu sebenarnya kekurangan tersebut ada di dalam diri mereka, namun mereka takut untuk mengenal diri lebih dalam karena takut kecewa dengan fakta yang ada. Tetapi, jika kita berhasil mengatasi kelemahan yang kita miliki ini, maka itu akan menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik. Dan secara tidak langsung, kita akan belajar dari kelemahan-kelemahan yang ada, dan kita akan tahu lebih banyak tentang karakter diri sendiri.

3. Selalu Ingin Belajar Menjadi Lebih Baik 

Nyatanya, kita tidak akan pernah bisa belajar saat kita merasa tahu segala hal, kita tidak akan mendapatkan sebuah jawaban jika kita merasa sombong dan terlalu percaya diri bahwa kita tidak perlu bertanya apapun, dan kita tidak akan pernah bisa menjadi lebih baik jika kita yakin bahwa kita sudah menjadi yang terbaik.
 
Jadi jika kita sudah siap untuk menjadi individu yang lebih baik, maka hindari sifat sombong dan kosongkan pikiran kita untuk dapat menerima ilmu-ilmu perbaikan yang diperlukan untuk peningkatan diri. 
 
Peningkatan diri bukan tentang merendahkan diri kita, tetapi peningkatan diri adalah tentang mengangkat diri kita menjadi lebih tinggi. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menerima bahwa kita bukan yang terbaik, karena akan ada orang yang jauh lebih baik dari kita. Namun, kita selalu punya peluang untuk bisa menjadi lebih baik yaitu, dengan bersaing melawan diri sendiri. Untuk semua pembaca Career Advice, selamat mencoba untuk mengenal diri lebih dalam demi menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Semoga sukses rekan-rekan. 

Featured Career Advice