×
STUDILMU Career Advice - Jenis Asuransi yang Diperlukan oleh Pekerja
Tips of Management

Jenis Asuransi yang Diperlukan oleh Pekerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Pekerja pun sudah seharusnya menyadari arti pentingnya asuransi dan manajemen keuangan yang baik, tidak ada salahnya seorang pekerja memiliki asuransi pribadi selain yang ditanggung oleh perusahaan seperti BPJS Kesehatan. Karena mengantisipasi penyakit atau bencana yang akan datang lebih baik dibandingkan jika mengalami kerugian besar ketika penyakit atau bencana tersebut sudah terjadi pada diri kita sendiri. Terutama pekerja dengan upah rata-rata, sangat pentingnya kesadaran akan asuransi. Tidak perlu takut akan nilai premi yang besar, karena saat ini sudah sangat banyak pilihan asuransi dengan premi yang tidak terlalu memberatkan. Dari banyaknya jenis asuransi, terdapat asuransi yang dapat menjadi prioritas bagi para pekerja untuk pertimbangkan dalam memilikinya, karena untuk kebutuhan juga kepentingan sang pekerja.

Jenis Asuransi

Jenis asuransi sangat beragam, namun beberapa jenis asuransi berikut mungkin dapat dipertimbangkan karena sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup kedepannya :

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan menjadi asuransi yang paling dasar dibutuhkan oleh semua orang. Pemerintah pun menyadari pentingnya asuransi kesehatan sehingga munculnya Askes (Asuransi Kesehatan) lalu berubah nama menjadi BPJS Kesehatan pada tahun 2014. Asuransi kesehatan sangat penting karena menjadi solusi bagi keluarga maupun orang yang sakit untuk tidak memusingkan biaya yang dikeluarkan ketika sedang sakit. BPJS Kesehatan merupakan program asuransi kesehatan yang bukan hanya dapat digunakan oleh pekerja, tapi bahkan dapat mendaftarkan diri dan keluarga melalui pemerintahan setempat. Selain BPJS Kesehatan, tidak ada salahnya pekerja untuk memiliki asuransi kesehatan pribadi dari perusahaan asuransi seperti asuransi Prudential, Sinar Mas atau Bumi Putera karena asuransi dari perusahaan asuransi bekerja sama dengan rumah sakit rekanan dibanyak kota dan negara, sehingga ketika seorang pekerja sedang melakukan perjalanan dinas atau berlibur, dan yang bersangkutan sakit, maka dia bisa berobat di rumah sakit rekanan sehingga tidak perlu mengkhawatirkan soal biaya dan lain sebagainya. Sehingga selain BPJS Kesehatan, ada baiknya pekerja memiliki asuransi kesehatan pribadi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang berada di luar kota atau di luar negeri.

2. Asuransi Aset Pribadi

Asuransi aset pribadi dapat diartikan segala aset yang dimiliki oleh pekerja, seperti mobil, motor atau rumah. Pentingnya memiliki asuransi aset pribadi karena untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak terduga seperti kecelakaan, kebakaran, atau bencana alam. Ketika aset pribadi rusak karena beberapa akibat maka uang pertanggungan pun dapat cair untuk memperbaiki aset pribadi yang mengalami musibah. Asuransi aset pribadi menjadi penting karena mengurangi dana darurat yang mesti dikeluarkan karena terjadinya peristiwa tak terduga di masa yang akan datang

Featured Career Advice