×
STUDILMU Career Advice - Integritas: Pengertian, Contoh, Kebiasaan dan Cara Membentuknya
Leadership

Integritas: Pengertian, Contoh, Kebiasaan dan Cara Membentuknya

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

3. Buat Klarifikasi tentang Semua Tindakan atau Catatan yang Kita Tulis di Setiap Akhir Pertemuan. 

Klarifikasi itu penting, tujuannya agar apa yang kita pahami dan catat memang sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh orang lain di dalam suatu pertemuan. Salah satu alasan terbesar mengapa banyak hal di dalam rapat yang sering terlewatkan adalah karena tidak ada satu orang pun yang mau membuat klarifikasi tentang semua hal-hal, baik berupa poin-poin penting atau persetujuan di akhir rapat. 
 
Sebagai contoh, pihak penerima tidak tahu persis tentang apa yang diminta pihak lain dalam rapat. Tentu saja hal ini akan membahayakan posisi mereka, karena jika hal-hal yang diminta tidak dapat dipenuhi, maka kredibilitas mereka akan hilang di mata klien atau pihak lain. Membangun integritas bisa dilakukan melalui kebiasaan yang baik dalam mengklarifikasi semua poin-poin atau tindakan yang didiskusikan, dan disampaikan dengan jelas di akhir suatu pertemuan. 
 

4. Selalu Memenuhi Tanggung Jawab yang Diberikan kepada Kita. 

Orang-orang dengan integritas yang tinggi pasti selalu berusaha untuk memenuhi tanggung jawab yang ada pada diri mereka. Selain itu, mereka akan berusaha untuk memberikan hasil yang semaksimal mungkin, tanpa melemparkan tanggung jawab yang ada kepada orang lain. Jadi, jika rekan-rekan pembaca sangat ingin memiliki integritas yang tinggi, yuk mulai dari sekarang terapkan kebiasaan yang baik untuk memenuhi semua tanggung jawab yang ada. Tidak peduli apakah itu adalah tanggung jawab kecil maupun besar, yang namanya tanggung jawab memang harus diselesaikan sampai tuntas. 
 

5. Jangan Biarkan Stres Mengontrol Integritas Diri.

Seringkali stres dan tekanan membuat orang-orang merasa serba salah dan mengambil jalan pintas dengan merusak integritas diri yang mereka miliki. Sebagai contoh, seorang karyawan di perusahaan XYZ sebelumnya adalah pribadi yang sangat berintegritas tinggi. Namun, karena situasi yang semakin menyulitkan dirinya dalam pekerjaan dan membuat dirinya hampir putus asa, maka dia melakukan sesuatu yang melanggar hukum. Ketika dirinya melakukan suatu pelanggaran yang merugikan perusahaan, secara tidak langsung dirinya juga sedang merusak integritas yang ada pada dirinya. Jadi biarkan stres menjadi pemicu bagi kita untuk mengambil napas sedalam-dalam dan bersikap sebaik-baiknya. Jangan biarkan stres malah menghancurkan integritas diri yang sudah kita miliki sebelumnya. 
 

5 Cara Membentuk Integritas di Tempat Kerja

Selain menerapkan beberapa kebiasaan baik untuk menciptakan integritas, ternyata ada juga beberapa cara yang dapat membantu kita dalam membentuk integritas di tempat kerja. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.

Featured Career Advice