Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Integritas: Pengertian, Contoh, Kebiasaan dan Cara Membentuknya

Integritas: Pengertian, Contoh, Kebiasaan dan Cara Membentuknya


STUDILMU Users
by STUDiLMU Editor

Pengertian Integritas

Integritas adalah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu, “integer” yang artinya utuh dan lengkap. Oleh karena itu, integritas memerlukan perasaan batin yang menunjukkan keutuhan dan konsistensi karakter. Dalam pengertian singkat, integritas artinya konsep konsistensi tindakan, nilai, metode, ukuran, prinsip, harapan dan hasil. Dalam etika, integritas dianggap sebagai kejujuran dan kebenaran atau ketepatan tindakan pada diri seseorang. Pengertian integritas menurut para ahli juga tidak jauh-jauh dari definisi yang kami kemukakan sebelumnya. Salah satu ahli memberikan definisi integritas sebagai tiga hal yang selalu dapat kita amati yaitu, memenuhi komitmen, menunjukkan kejujuran, dan mengerjakan sesuatu dengan penuh konsisten. 
 
Kami yakin kata integritas pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita, terutama bagi orang-orang yang bekerja di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Integritas memang menjadi kata yang sangat penting di dalam dunia bisnis dan kerja. Sayangnya, integritas adalah salah satu kata yang sering disalahpahami dan disalahgunakan dalam organisasi. Ada tiga arti integritas yang sudah tersebar di kalangan umum yaitu, (i) integritas memiliki arti jujur, (ii) kehidupan yang seimbang dan teratur dapat disebut sebagai kehidupan integritas, dan (iii) berada dalam integritas artinya melakukan segala sesuatu secara alami tanpa usaha yang berlebihan. 
 

Integritas KBBI

Rasanya tidak lengkap jika kita tidak memahami pengertian integritas berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Integritas dalam KBBI adalah suatu mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan satu kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan serta kejujuran. 
 
Ketika kita memiliki integritas diri yang tinggi, orang-orang di sekitar kita dapat melihatnya melalui tindakan, kata-kata, keputusan, metode yang kita lakukan, serta hasil yang kita dapatkan. Analoginya, ketika kita menjadi pribadi yang utuh dan konsisten, maka dimanapun dan apapun kondisinya diri kita hanya ada satu. Kita tidak akan pernah meninggalkan bagian diri kita dalam kondisi lain, karena kita telah menjadi pribadi yang konsisten. Dengan kata lain, Anda selalu menjadi diri Anda sendiri sepanjang waktu.
 

Pentingnya Integritas

Pentingnya integritas bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari saja, namun juga sangat diperlukan di dalam dunia bisnis dan dunia kerja. Bertindak dengan integritas berarti memastikan bahwa setiap keputusan dibuat berdasarkan prinsip etika dan moral yang menyeluruh. Kepercayaan, kehormatan, dan kejujuran adalah elemen kunci dari konsep integritas. 
Halaman Sebelumnya 1234
Featured Career Advice