×
STUDILMU Career Advice - Fitur Live Streaming Sebagai Strategi Sosial Media Marketing
Marketing & Sales

Fitur Live Streaming Sebagai Strategi Sosial Media Marketing

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

3. Lakukan perencanaan

Sebelum Anda memencet tombol “stream” atau “record”, penting bagi Anda untuk melakukan beberapa perencanaan. Karena sekali Anda menekan tombol “stream” atau “record”, Anda akan mulai untuk tampil dan mempresentasikan, jadi Anda harus tahu apa yang Anda akan lakukan atau katakan selama live stream. Oleh karena itu, Anda harus meluangkan waktu untuk membuat rencana yang tepat. Pastikan bahwa rencana Anda sesuai dengan tema yang telah Anda putuskan untuk dilakukan, juga untuk konten yang akan Anda bagikan di live stream. Coba untuk buat setiap video unik dan menarik, tapi juga perhatikan dan ikuti panduan dasar yang harus Anda lakukan satu persatu. Anda juga perlu memutuskan apa yang Anda lakukan selama live stream sedang berlangsung, dan mempertimbangkan waktu terbaik untuk melakukan live stream. Jangan lupa perbedaan waktu antar Anda dengan audiens Anda, misalnya Anda bisa mengatakan “Kami akan melakukan live stream pada tanggal 2 Februari, jam 19.00 WIB ya”.

4. Buat Live video pertama Anda

Ketika sudah sampai pada tahap ini, artinya Anda sudah mengetahui platform media sosial apa yang Anda akan gunakan, konten apa yang Anda akan bagikan, dan Anda sudah memiliki plan-of-action yang akan membantu Anda membuat live stream sempurna. Oleh karena itu, tahapan selanjutnya untuk mendaftarkan pada platform media sosial yang Anda pilih dan buat live stream pertama Anda. Penting untuk mengikuti rencana yang telah Anda buat dan  konten Anda, tapi jangan takut untuk melakukan live stream off-script sesekali waktu jika Anda pintar berbicara tanpa arahan spesifik. Jika Anda berhubungan dengan audiens Anda secara lebih personal, maka hasil yang Anda capai dengan menggunakan live stream dapat lebih meningkat. Ada beberapa platform media sosial yang banyak digunakan untuk melakukan marketing sosial media, antara lain :

a. Facebook

Sekali Anda melakukan live stream, Anda bisa melihat nama dan jumlah audiens Anda dan komentar secara real-time. Ketika live stream selesai, posting live stream yang tersimpan pada profil atau halaman Anda. Dalam melakukan live stream menggunakan Facebook, ada dua akun yang bisa digunakan untuk business page dan personal profile. Untuk live stream menggunakan business page yaitu :

- Pilih post

- Pilih go live

- Tulis deskripsi singkat di video Anda

- Tekan tombol biru start live video untuk memulai live stream

Untuk live stream menggunakan profil personal Facebook yaitu :

- Pada bagian “newsfeed” dan tekan live

- Sesuaikan dengan audiens pada bagian “to”, dan tambahkan deskripsi.

- Tekan tombol biru start live video untuk memulai live stream

Featured Career Advice