×
STUDILMU Career Advice - Etika di dalam Kegiatan Belajar-mengajar Melalui Zoom yang Harus Anda Ketahui!
E-learning

Etika di dalam Kegiatan Belajar-mengajar Melalui Zoom yang Harus Anda Ketahui!

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Tips tambahan saat melakukan Zoom bagi pengajar
Dengan melakukan Zoom Meeting, Anda dapat melakukan tips-tips berikut ini agar Zoom Meeting Anda tidak membosankan atau partisipan/peserta dapat menjadi lebih interaktif:

1.    Gunakan pertanyaan polling secara berkala untuk melibatkan partisipan/peserta Anda dan membuat mereka tetap fokus.
2.    Pantau fitur obrolan/chat untuk pertanyaan yang masuk, untuk melihat apakah orang menjelaskan atau menanyakan sesuatu yang Anda bahas, atau untuk melihat apakah    orang mengungkapkan pemahamannya.

3.     Aktifkan video hanya untuk host/pengajar. Anda hanya dapat melihat peserta dalam jumlah terbatas, tergantung pada ukuran layar Anda. Jika Anda berencana untuk memberikan materi tanpa umpan balik (misalnya, untuk seminar besar), Anda juga dapat menonaktifkan audio peserta.
4.     Jadwalkan satu kali atau lebih jeda untuk umpan balik. Di kelas fisik, Anda dapat melihat tangan terangkat atau mengamati tatapan bingung. Tetapi berbeda apabila Anda berada di kelas online. Penting untuk menilai pemahaman dan memungkinkan partisipan/peserta untuk mengajukan pertanyaan.
5.    Mengatasi gangguan internet. Saat ini, banyak penyedia jaringan melihat peningkatan besar dalam penggunaan bandwidth perumahan di siang hari, dan banyak pengguna dibatasi. Jika peserta mengalami lag atau skipping, disarankan agar mereka menggunakan komputer mereka untuk mengakses video, sambil secara bersamaan menelepon melalui telepon untuk audio.


Dengan Zoom, dapat memudahkan komunikasi dan kegiatan belajar-mengajar jarak jauh antara satu orang dengan orang lainnya. Semakin mudahnya Anda dalam mengajar dan mendapatkan ilmu secara langsung, ternyata banyak etika yang boleh atau tidak boleh Anda lakukan dalam kegiatan belajar-mengajar melalui Zoom, semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Source:
https://www.technology.pitt.edu/blog/zoom-tips
https://virtualbackgroundsforzoom.com/10-good-ethical-rules-for-zoom-meetings/
https://blogs.otago.ac.nz/zoom/zoom-etiquette-attendee/
https://my.vanderbilt.edu/aiethics/using-zoom-for-remote-participation/


 

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice