×
STUDILMU Career Advice - Definisi Sukses bagi Wanita Karier
Self Improvement

Definisi Sukses bagi Wanita Karier

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Definisi Sukses

Apa itu sukses? Sukses adalah suatu pemenuhan dari maksud, tujuan atau rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Sukses juga dapat diartikan sebagai sebuah pencapaian popularitas dan meraup keuntungan (profit) yang sebesar-besarnya. 
 
Definisi sukses ini bisa saja diartikan berbeda-beda oleh setiap orang. Misalnya, ada orang mengatakan bahwa sukses di usia muda itu adalah memiliki penghasilan yang tinggi dan menjadi terkenal di kalangan anak muda. Definisi sukses bagi para eksekutif muda, baik pria maupun wanita juga mungkin akan berbeda. Apalagi mereka sudah memasuki dunia bisnis dan dunia kerja. 

Adakah Hubungan antara Kesuksesan dengan Wanita Karier? 

Di era modern ini, apakah rekan-rekan Career Advice melihat sebuah pergeseran kekuasaan gender yang terjadi secara besar-besaran? Mungkin pada puluhan tahun yang lalu, kita melihat bahwa hampir semua posisi kepemimpinan diduduki oleh para pria. Namun, sekarang posisi kepemimpinan juga sudah banyak ditempati oleh wanita-wanita sukses, yang tidak kalah hebat dalam memimpin sebuah organisasi, perusahaan, atau bahkan Negara. 
 
Sebelum kita melangkah lebih jauh, perlu kami infokan bahwa artikel ini sama sekali tidak bertujuan untuk memojokkan para pria atau menuju kepada kata-kata feminis, sama sekali bukan ya. Akan tetapi, kami mengajak rekan-rekan Career Advice untuk melihat bagaimana para wanita karier yang hebat-hebat ini, berhasil dalam mendefinisikan ‘sukses’ di tempat kerja. Nah, berikut ini merupakan lima cara wanita karier mendefinisikan ‘kesuksesan’ dan bagaimana mereka bisa berprestasi di tempat kerja.
 

1. Menentukan Kesuksesan berdasarkan Ketentuan Diri Sendiri

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, saat kita berusaha menentukan sebuah kesuksesan, semua orang akan sibuk mengkritik dan menambah definisi sukses yang sudah kita tetapkan. Kebanyakan orang (termasuk diri saya juga), sering jatuh ke dalam perangkap untuk mendefinisikan dan mengukur keberhasilan berdasarkan definisi orang lain.
 
Padahal, rintangan dan sumber daya yang mereka miliki untuk meraih kesuksesan, tidak akan sama dengan segala hal yang kita miliki. Jika pembaca Career Advice mengalami hal seperti itu, tenang dan hadapi saja. Memang akan selalu ada seseorang yang mencoba memberitahu kita apa yang harus kita lakukan dan apa yang perlu kita hindari.
 
Baik, sekarang saya ingin bertanya, “apa yang rekan pembaca pikirkan tentang kata ‘sukses’?” tulis jawabannya di atas secarik kertas, ya. Jika pertanyaan itu ditanyakan kepada saya, maka saya akan menjawab: “sukses berarti berkomitmen untuk melepaskan semua kesan buruk yang telah saya dengar selama bertahun-tahun tentang apa artinya menjadi seorang wanita.” Dahulu, wanita selalu identik dengan pekerjaan rumah. Wanita disarankan untuk berdiam diri di dalam rumah dan tidak melakukan pekerjaan profesional lainnya. Semakin dewasa, saya berusaha untuk membuktikan bahwa kesan yang sudah melekat di masyarakat tentang wanita harus diam di dalam rumah, adalah salah. 
 
Nah, ini juga salah satu kesuksesan bagi saya. Dimana saya berani mengatakan bahwa itu bukan persepsi yang saya yakini, saya punya persepsi lain. Inilah mengapa penting bagi kita untuk mencari tahu bagaimana cara menjalani hidup yang sukses bagi kita. Apabila kita sendiri tidak tahu definisi sukses yang kita inginkan, maka orang lain bisa ‘mempergunakan’ kita untuk meraih tujuan mereka. 
 

Apa yang harus dilakukan oleh wanita karier? 

Mendefinisikan kesuksesan sesuai dengan ketentuan yang kita miliki sendiri merupakan saran karier terbaik yang pernah saya terima! Saya jadi teringat bahwa sebelumnya saya hanya menjalani mimpi orang lain, membantu mereka meraihnya, sedangkan saya semakin jauh dengan mimpi dan kesuksesan yang saya inginkan. 
 
Kehidupan sosial masyarakat di Indonesia masih mendefinisikan ‘kesuksesan’ dengan pengertian yang kuno. Orang-orang sukses identik dengan mereka yang memiliki simbol status yang tinggi, punya mobil mewah, punya ribuan pengikut di berbagai media sosial, rumah gedongan, jabatan bergengsi dan serangkaian pencapaian lainnya. 
 
Kenyataannya, mereka yang konon katanya memiliki ‘segala hal’, tidak merasakan kehidupan yang terpenuhi dengan baik. Hasilnya? meraih kesuksesan menjadi siklus perjuangan yang tak pernah berakhir, namun kita tidak pernah merasa tiba di manapun . 
 
Intinya, wanita sukses akan menolak untuk menjadi mangsa pola pikir perfeksionis tentang hidup dan bekerja. Kita perlu memiliki definisi ‘sukses’ bagi diri kita sendiri dan menentukan ketentuannya berdasarkan yang kita pikirkan, bukan yang orang lain pikirkan. 

2. Berani Berbicara dan Mengutarakan Pendapat

Tidak dapat disangkal lagi bahwa segala perbincangan yang berjalan tidak nyaman, memang tidak selalu menyenangkan. Hal ini sering terjadi, apalagi jika rekan pembaca adalah seorang wanita karier yang memiliki jabatan yang penting. 
 
Topik-topik diskusi yang sensitif untuk diperbincangkan seringkali menjadi titik ketakutan kita sebagai wanita karier untuk berani bergabung dalam perbincangan. Jangankan untuk bergabung, untuk mengutarakan pendapat saja kita merasa jantung seperti ingin copot. 
 
Salah satu alasan kuat mengapa wanita tidak ingin berbicara dan mengutarakan pendapat adalah, mereka merasa takut apabila mereka berbicara dan angkat suara, orang-orang akan menjauhi mereka. Para wanita kuat pun merasa takut untuk berbicara, karena mereka takut akan dianggap terlalu agresif atau ide-ide mereka dianggap tidak kredibel.
 
Ini berkaitan dengan sifat alami wanita yang sangat perasa. Mereka sangat tidak ingin memiliki konflik dengan orang lain. Sikap penyayang yang ada di dalam diri mereka membuat mereka menjauhi pertengkaran dan debat kusir. 

Apa yang harus dilakukan oleh wanita karier? 

Kita perlu berlatih untuk menemukan suara kita yang sesungguhnya. Maksud dari “suara yang sesungguhnya” adalah pendapat atau opini yang benar-benar datang dari pemikiran kita, tanpa campur tangan orang lain. Ini juga bertujuan untuk melenturkan kepercayaan diri kita dalam berbicara di depan umum dan mengutarakan pendapat. Teruslah berlatih, karena satu-satunya cara untuk melewati rasa takut adalah menjadi teman bagi ketakutan itu sendiri.
 
Jika kita tidak meminta apa yang kita inginkan, bagaimana kita bisa berharap untuk menerimanya? Percayalah, tidak semua yang keluar dari mulut kita harus sempurna. Namun, yang terpenting adalah kita perlu mengatakan sesuatu.
 

3. Tekun dan Pantang Menyerah

Saya setuju bahwa dunia bisnis adalah medan perjuangan yang sangat sulit untuk diprediksi. Siapapun yang berkecimpung di dalamnya, tidak bisa mengharapkan jalan yang mulus-mulus saja atau rintangan yang dangkal. 
 
Ini menjadi tantangan bagi banyak pebisnis, tidak terkecuali para wanita karier. Apapun yang layak dikejar dalam kehidupan memang membutuhkan ketekunan yang kuat dan sikap pantang menyerah. Kesuksesan sangat memerlukan tekad yang kuat serta kegigihan dari para pelakunya. Tidak peduli berapa banyak rintangan yang menerpa, kita selalu punya ‘cara’ untuk bangkit dan meneruskan langkah. Bagi orang-orang yang mengadopsi pola pikir seperti ini, kesuksesan hanyalah masalah waktu. Kesuksesan bukanlah suatu keberuntungan yang terjadi begitu saja, namun perlu untuk dirancang dan dikejar. 

Apa yang harus dilakukan oleh wanita karier? 

Kegigihan yang sejati adalah tentang fleksibilitas. Wanita sukses tidak hanya mencari cara untuk bertahan hidup, namun mereka juga berkembang untuk terus maju. Dengan mengadopsi pola pikir yang fleksibel, wanita yang sukses pada akhirnya akan menemukan solusi untuk masalah mereka secara cepat dan tepat waktu.
 

4. Keluar dari Zona Nyaman

Kenyamanan memang suatu kondisi yang sangat menenangkan. Namun, jika ini berlebihan dan terjadi pada jangka waktu yang panjang, tanpa ada perubahan sedikitpun, maka ini akan merugikan. Ketika kita melakukan segala sesuatu yang sudah kita ketahui sebelumnya, atau sesuatu yang terasa aman dan mudah, sebenarnya kita sedang menentang peluang baru untuk belajar dan tumbuh. Jika rekan-rekan Career Advice ingin meraih kesuksesan di dalam hidup, maka rekan pembaca harus mau merasa ‘tidak aman’ demi terus tumbuh dan maju ke depan. 
 

Apa yang harus dilakukan oleh wanita karier? 

Mungkin kebanyakan orang masih belum menyadari bahwa melangkah keluar dari zona nyaman akan benar-benar ‘membebaskan’ kita. Setelah kita berani melakukannya, kita akan mencapai titik dimana kita benar-benar membiarkan diri kita menyelam ke dalam hal-hal yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya.
 
Para wanita karier yang sukses akan merasakan ketakutan untuk melakukannya. Namun, ketakutan tersebut tidak menghentikan langkah mereka, ini malah membuat mereka semakin penasaran dan tertantang untuk mencobanya. Wanita-wanita sukses berkembang dari situasi yang penuh dengan ketidaknyamanan. 
 
Coba tanyakan setiap wanita karier yang sukses sebelum mereka berhasil mencapai puncak kesuksesan masing-masing. Bagaimana perasaan mereka saat mencoba untuk mengambil risiko yang sangat menakutkan, bagaimana mereka bisa terus melangkah maju dan tidak pantang menyerah untuk mencobanya lagi dan lagi. Para wanita karier selalu mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang menantang dan mendukung mereka demi kemajuan karier
 
“Mereka yang bersedia untuk bertahan di tempat yang paling tidak nyaman adalah mereka yang akan menjadi kuat.”
 

5. Mereka Mengatakan “Tidak Lagi”

Bagaimana perasaan rekan-rekan Career Advice saat mengatakan “tidak”? Apakah rekan pembaca merasa bersalah saat menolak orang lain? Yap! kebanyakan dari kita memang merasa bersalah saat melakukan sebuah penolakan. Dan, ini terjadi paling banyak kepada para wanita. Sifat mereka yang penyayang dan sangat sensitif telah membuat mereka sering merasa “tidak enakan”. 
 
Kenyataannya, ketika kita mengatakan “tidak” itu adalah cara yang baik untuk mengatakan, “Inilah saya, dengan segala pemikiran dan keputusan yang saya miliki. Anda bisa menerimanya atau mengabaikannya”. Jangan takut untuk mengatakan “tidak” hanya karena tidak ingin mengecewakan orang lain. Dalam dunia korporat, cara-cara yang menyenangkan justru malah membuat wanita karier masuk ke dalam jurang kesulitan. 
 

Apa yang harus dilakukan oleh wanita karier? 

Mengucapkan kata “tidak” untuk pertama kali memang akan terasa berat. Namun, ini sebenarnya cukup mudah loh. Orang lain juga tidak akan memaksa kita untuk mengatakan “ya”, namun jika kita menerima pemaksaan, inilah waktu yang tepat untuk berkata tidak, dan memberikan mereka bukti bahwa sebagai wanita karier kita juga memiliki opsi untuk menerima atau menolak suatu hal. 
 
Ini adalah hal yang dilakukan wanita sukses di dalam karier mereka. Seni mengatakan “tidak” adalah kata favorit mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk tetap selaras dengan nilai-nilai inti mereka dan menghindari proyek yang membuat mereka keluar dari jalur.
 
Yap, itulah lima cara bagaimana wanita karier mendefinisikan ‘kesuksesan’. Tidak peduli apakah rekan pembaca seorang pria atau wanita, kesuksesan berhak dimiliki oleh semua orang. Selamat mendefinisikan kesuksesan dengan ketentuan yang kita miliki dan jangan lupa untuk tetap bersemangat ya, rekan-rekan Career Advice. 

Featured Career Advice