×
STUDILMU Career Advice - Cara Meraih Kesuksesan Melalui Kejelasan Tujuan Hidup
Self Improvement

Cara Meraih Kesuksesan Melalui Kejelasan Tujuan Hidup

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Mengenal Cara untuk Meraih Kesuksesan Lebih Dalam

Sebenarnya, apa ya yang dimaksud dengan cara untuk meraih kesuksesan dalam hidup? Ini adalah metode, jalur atau upaya yang diberikan oleh seseorang dalam meraih kesuksesan yang telah didefinisikan sebelumnya. Perlu kita ingat kembali bahwa definisi kesuksesan bagi tiap-tiap orang pasti akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. 
 
Kesuksesan bagi saya bisa saja tentang menerima gaji puluhan juta setiap bulannya dan mungkin kesuksesan bagi rekan pembaca adalah menjadi terkenal layaknya pengusaha paling terkaya di dunia. Segala definisi yang kita miliki tentang kesuksesan nantinya akan kita tuangkan ke dalam tujuan hidup kita masing-masing. 
 
Memiliki tujuan hidup adalah salah satu cara agar kita bisa memiliki hidup yang lebih terarah. Tidak dapat disangkal lagi, mereka yang memiliki tujuan hidup yang jelas lebih menggunakan waktu secara efektif. Itulah mengapa meraih kesuksesan selalu identik dengan tujuan hidup. Mereka dapat memprioritaskan segala hal yang memang penting untuk kehidupan mereka dan mengabaikan hal-hal yang memang tidak bermanfaat bagi perkembangan hidup mereka. Bagaimana dengan rekan-rekan Career Advice, apakah rekan pembaca juga sudah memiliki tujuan hidup? Jika sudah, keren!
 
Tahukah rekan-rekan Career Advice, nyatanya memiliki tujuan hidup yang jelas, terutama tujuan hidup setiap harinya, dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat loh. 
 
Nah, untuk membantu semua pembaca Career Advice meraih tujuan hidup dengan lebih mudah, berikut adalah beberapa cara utama yang dapat rekan pembaca terapkan demi memiliki arah tujuan yang lebih terarah. Dan, tidak hanya itu loh karena ini dapat membantu rekan pembaca meningkatkan produktivitas dengan menyelesaikan hal-hal penting secara cepat dan tepat. Penasaran? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 

1. Tetapkan 3 sampai 5 Tugas Kecil dalam Sehari 

Tidak perlu mengerjakan tugas yang berat dengan jumlah yang banyak, cukup pilih tugas-tugas pilihan sebanyak tiga sampai lima yang akan kita kerjakan setiap harinya. Kita semua tahu jika kita sok-sokan ingin mengerjakan semua tugas-tugas besar yang kita miliki setiap harinya, kita akan kewalahan. Hasilnya? tidak semua tugas bisa kita kerjakan dengan baik sampai selesai. Jadi, cukup tetapkan tiga sampai lima tugas pilihan Anda dan prioritaskan mereka ke dalam daftar kerja harian. 
 

2. Putuskan Apa Tujuan Bulanan dan Mingguan Anda

Setelah menetapkan tujuan harian, kita juga perlu membuat tujuan mingguan dan bulanan. Ini bertujuan agar semangat hidup kita selalu menyala dari hari ke hari, minggu ke minggu dan bulan ke bulan. Selain itu, ini juga bertujuan agar kita memiliki kehidupan yang sangat berarti. Bukan hanya mengikuti alur yang ada tanpa membuat sebuah perubahan.
 
Coba pikirkan kira-kira apa yang rekan pembaca ingin capai di minggu ini? mungkin jawabannya adalah menghabiskan satu buku yang mentor Anda berikan. Dan, apa yang ingin rekan pembaca raih di bulan ini? Hmm, bisa jadi jawabannya mengikuti dua konferensi yang bergengsi.  
 

3. Mulai dari Langkah-Langkah Kecil

Apabila rekan pembaca masih belum memiliki pola pikir yang berorientasi pada hasil, tidak masalah. Dalam hal ini, rekan pembaca bisa memulai dengan langkah-langkah kecil untuk menggapai tujuan hidup yang Anda inginkan. 
 
Misalnya, saya ingin sekali memiliki tubuh yang sehat. Nah, jika saya belum bisa melakukan upaya yang besar dan berat untuk mencapai tujuan ini, saya bisa memulainya dengan langkah yang kecil namun pasti, yaitu berjalan kaki minimal 30 menit setiap harinya. 
 

4. “Hal Apa yang Dapat Saya Lakukan Hari Ini yang akan Memiliki Dampak Positif?

Kita pasti tidak akan bisa melupakan hari yang dapat memberikan kesan terbaik bagi diri kita. Inilah mengapa kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk menanyakan pertanyaan ini setiap harinya, sebelum kita memulai aktivitas di pagi hari. Secara tidak langsung, ini adalah cara yang sangat bagus untuk mencapai tujuan hidup, bahkan tujuan yang paling sulit sekalipun. 
 
Pertanyaan ini tidak terfokus pada penyelesaian tujuan, namun pertanyaan ini lebih untuk membuat kemajuan pada tujuan itu sendiri. Setelah kita menyelesaikan tugas tersebut, kita akan merasakan pemenuhan diri yang lebih baik. 

5. Rencanakan Tugas untuk Besok Hari dengan Kalkulasi 2+3 

Pada poin pertama, kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk menetapkan 3 sampai 5 tugas yang akan diselesaikan pada hari tersebut. Tidak hanya sampai disitu, kami juga sangat menyarankan rekan-rekan pembaca untuk memikirkan “tugas penting apa ya yang akan saya prioritaskan besok?” Tugas yang perlu diprioritaskan ini cukup dua saja. Katakanlah, tugas yang rekan pembaca tetapkan adalah tiga tugas utama dalam sehari, nah rekan pembaca bisa memikirkan dua tugas utama yang akan didahulukan keesokan harinya. Jadi, secara tidak langsung rekan pembaca mengerjakan 5 tugas dalam sehari, karena dua tugas lainnya sudah Anda buatkan kerangkanya untuk besok, jadi tinggal dilanjutkan saja deh. 
 
Kita sudah membahas kiat-kiat utama untuk meraih kesuksesan dengan merancang tujuan hidup yang jelas dan terarah setiap hari, setiap minggu dan setiap bulannya. Lantas, apakah kita akan mendapatkan manfaat yang berarti dari itu semua? Yap, tentu saja. Berikut ini adalah beberapa ‘buah manis’ yang dapat kita petik, saat kita memiliki tujuan hidup yang terarah. 
 

Manfaat Memiliki Tujuan Hidup

1. Memiliki tujuan hidup memungkinkan hal yang penting menjadi prioritas utama

Setiap dari kita hanya memiliki waktu 24 jam setiap harinya, maka akan kah sangat merugi jika kita tidak memprioritaskan hal-hal utama yang perlu dikerjakan lebih awal. Jangan berfokus pada tugas yang memiliki nilai dan pencapaian yang rendah, fokuslah kepada tugas yang memiliki nilai yang tinggi. 
 

2. Memiliki tujuan hidup dapat menjauhkan kita dari tugas-tugas yang tidak penting 

Tentu saja, kebalikan dari poin sebelumnya bahwa dengan memiliki tujuan hidup yang jelas pada setiap waktu, ini akan menjauhkan kita dari tugas-tugas yang tidak penting, yang tentunya memiliki nilai tugas yang rendah. Pada titik inilah, lambat laun Anda akan menuju kesuksesan yang diinginkan, karena segala sesuatu yang kita kerjakan akan menghasilkan suatu hal yang berdampak positif.
 

3. Memiliki tujuan hidup dapat membuat kita menjadi lebih fokus

Hidup di zaman yang penuh dengan kemajuan digital seperti ini adalah gangguan yang sangat berat bagi kita untuk tetap fokus. Nah, tujuan hidup yang terarah seperti menetapkan jumlah tugas dan tugas apa saja yang akan kita selesaikan setiap harinya, akan membantu kita untuk tetap berada di jalur fokus. 

4. Memiliki tujuan hidup dapat memberi kita akuntabilitas

Dengan memiliki tujuan hidup, secara tidak langsung sesuatu yang luar biasa terjadi pada otak kita yang akan menyuruh seluruh tubuh kita untuk bertanggung jawab atas segala tujuan yang sudah kita tetapkan. Itulah mengapa kita akan memiliki akuntabilitas pada diri kita sendiri saat memiliki tujuan hidup yang jelas. Dan, yang mengejutkannya lagi, kesuksesan akan semakin mudah diraih oleh orang-orang yang bertanggung jawab seperti ini. 

5. Memiliki tujuan hidup memberi kemajuan dan kesuksesan pada hidup kita

Ketika kita tersadar telah membuat kemajuan pada tujuan yang kita tetapkan setiap hari, maka kita akan menjadi lebih semangat untuk melakukan hal yang lebih banyak lagi. Disinilah hidup kita menjadi lebih positif dan terarah ke depan, sehingga kesuksesan akan semakin mudah untuk diraih. 
 
Kami yakin, dengan memiliki pola pikir yang hebat, etos kerja yang kuat, serta tujuan hidup yang jelas dan terarah, kita dapat membuat beberapa perubahan yang sangat positif dalam hidup. Jadi, apakah rekan pembaca sudah siap untuk meraih kesuksesan dengan memiliki tujuan hidup? Jika ya, tunggu apalagi. Yuk, kita sama-sama terapkan. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice