STUDILMU Career Advice - Cara Mengatasi Rasa Cemburu akan Keberhasilan Seseorang

Cara Mengatasi Rasa Cemburu akan Keberhasilan Seseorang


by Studilmu Editor
Posted on Oct 15, 2018

 
Anda mungkin pernah mendapatkan kabar baik dari orang-orang akan keberuntungan mereka dan Anda turut merasa senang untuk mereka. Perasaan senang tersebut hanya terlihat saat Anda mendengar kabar baik tersebut. Namun, bisa jadi Anda memiliki rasa cemburu. Misalnya saja, ketika teman Anda mencapai angka yang melebihi target penjualan yang luar biasa, Anda merasa kesal karena Anda masih belum menghasilkan satu proyek sekalipun. Ketika seorang rekan kerja menerima sambutan hangat dari atasan, Anda merasa cemburu dan kesal, Anda berpikir bahwa Anda juga layak mendapatkan banyak pujian.
 
Anda tidak boleh merasa bangga dengan sisi egois ini. Yakinlah bahwa Anda bukanlah  satu-satunya orang yang memiliki rasa cemburu tersebut dan juga ingin mengubahnya.
 
Anda harus mampu menguasai seni bahagia untuk orang lain agar Anda dapat menguasai perasaan cemburu tersebut. Daripada Anda berpikir tentang cara untuk menyaingi rekan Anda,  lebih baik Anda berfokus pada langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk mencapai kesuksesan Anda sendiri. Dengan kata lain, Anda harus mencari hal yang mampu mendorong semangat Anda untuk mewujudkan langkah-langkah yang Anda buat dan membuatnya positif.
 
Misalnya, ketika Anda memberitahu rekan Anda bahwa Anda mempublikasikan artikel di majalah bergengsi, rekan Anda tersebut ingat bahwa dialah yang memberi Anda umpan balik tentang pekerjaan Anda atau membantu Anda memilih topik. Dia merenungkan hari-hari ketika Anda tertekan saat mencari sumber artikel tersebut dan dengan sabar dia mendengarkan Anda. Dia bahkan membantu Anda memilih pakaian yang akan dipakai untuk mewawancarai orang.
 
Lalu mungkin rekan tersebut mengatakan hal ini terhadap Anda: “Anda tahu bahwa saya juga mengambil bagian dalam membantu sehingga Anda berhasil.  Jadi, saya juga turut merasa bangga atas keberhasilan tersebut.” 
 
Kalimat tersebut tidak 100% menunjukkan bahwa dia hanya memberiku ucapan selamat yang tulus.  Ya memang. Dia memikirkan juga tentang dirinya sendiri, sehingga kegembiraannya terasa lebih tulus dan dia tidak harus berurusan dengan sisi cemburunya. Perkataan seperti ini tidak 100% mencerminkan ketulusan kita, namun, ini dapat dilakukan agar kita juga tidak tenggelam dengan rasa cemburu akan keberhasilan seseorang. 
 
Dalam dunia profesional, jika Anda turut membantu rekan Anda dalam mencapai keberhasilan, mungkin Anda akan merasa seperti mengorbankan diri Anda sendiri. Kalahkan pemikiran ini dengan memikirkan cara-cara yang telah Anda lakukan dalam membantu mereka, katakanlah ha-hal tersebut. Ini merupakan kesempatan untuk menambah nilai promosi Anda di depan para atasan. Mungkin Anda adalah orang yang memberikan umpan baliknya pada sebuah proyek, Anda membantu dia menenangkan klien yang marah atau mungkin Anda tidak pernah membantunya secara profesional seperti, memberinya istirahat dari pekerjaan yang memberinya energi kembali ketika dia kembali ke pekerjaannya.
 
Tidak ada seorang pun yang sepenuhnya menghasilkan keberhasilan yang dibuat sendiri. Kita semua mengandalkan dan memanfaatkan kehadiran orang lain. Sebelum Anda mencoba untuk menerapkan trik ini, Anda mungkin memiliki persentase sebesar 75% senang untuk orang lain dan 25% merupakan rasa cemburu. Namun setelahnya, Anda memiliki persentase 95% untuk merasa senang akan keberhasilan orang lain dan 5% akan rasa cemburu. Ini merupakan solusi terbaik. 
 
Ingatlah bahwa Anda tidak perlu merasa sangat cemburu atas keberhasilan yang didapatkan oleh orang lain. Anda harus mampu menemukan langkah Anda sendiri dalam mencapai kesuksesan Anda. Jika Anda turut mengambil bagian pada kesuksesan rekan Anda, Anda dapat mencoba untuk mengemukakan hal yang telah Anda buat. Ini tidak berarti bahwa Anda adalah seorang yang licik karena ingatlah, bahwa tidak ada seorangpun yang dapat menghasilkan kesuksesan dengan usahanya sendiri. Kita semua membutuhkan bantuan dan peranan orang lain dalam mencapai sebuah kesuksesan

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z

3 Kondisi Kerja yang Menekan dan Cara Menghadapinya

15 Ciri Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif Dalam Pengembangan Karier

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

12 Bahasa Tubuh Yang Dihindari Pada Wawancara Kerja

3 Cara Menjadi Diri Sendiri

Cara Kerja di Perusahaan Baru

3 Tips Merespon Pekerjaan Tambahan

Ingin Hasil Kerja Lebih Baik? Lakukan 8 Hal ini.

Pengalaman Interview Seseorang

4 Cara Negosiasi Yang Efektif

Menjaga Komitmen Kerja

6 Hal Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

40 Kata-Kata Motivasi Kerja

7 Strategi Manajemen Waktu

3 Cara Menghadapi Kesulitan

Wawancara Kerja: Hobi, Pengalaman dan Kesuksesan

4 Cara Meraih Kesuksesan Di Bidang Penjualan

3 Cara Utama Menjadi Wanita Karier Hebat Indonesia

Perbedaan Empati dan Simpati

8 Cara Menghadapi Lingkungan Kerja yang Sulit

2 Cara Keluar Dari Zona Nyaman

3 Cara Agar Sukses di Usia Muda

7 Cara Hidup Bahagia

15 Cara Agar Berhasil Melewati Wawancara Kerja