×
STUDILMU Career Advice - Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan
Self Improvement

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
 
Halo rekan pembaca Career Advice. Salah satu resolusi yang dimiliki seseorang dalam setiap tahunnya adalah mendapatkan pekerjaan baru. Namun, saya berharap rekan pembaca tidak melakukan ini hanya karena Anda ingin membuat resolusi baru. Ketika Anda telah berkomitmen, peganglah komitmen itu untuk diri sendiri, keluarga dan kepuasan jangka panjang.
 
Apakah Anda adalah seseorang yang sedang memiliki resolusi ini, sehingga Anda sedang dalam pencarian pekerjaan? Resolusi karier dapat menjadi hal yang sangat menekan, tetapi saya yakin bahwa setiap kita dapat memiliki kesuksesan karier yang dituju. Lalu, bagaimana rekan pembaca cepat mendapatkan pekerjaan? Berikut adalah beberapa cara yang dapat membuat rekan pembaca Career Advice tetap semangat dalam mendapatkan pekerjaan.
 

1. Berhenti dan tentukan tujuan Anda

Berhentilah sejenak. Ambilah beberapa menit untuk berhenti mengirim surat lamaran dan hadirilah beberapa pertemuan bisnis. Tentukan karier yang benar-benar sesuai dengan yang Anda mau, cobalah untuk melihat kembali deskripsi pekerjaan dan temukan 10 peran yang merupakan posisi yang benar-benar Anda Inginkan. 
 
Saat Anda sedang mencari pekerjaan, cobalah membuat tujuan peran yang benar-benar jelas tetapi hindari label direktur atau wakil direktur karena label ini berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Contohnya Anda mungkin dapat mencari dengan kata kunci ‘teknik perangkat lunak’, ‘manajer proyek’ atau ‘koordinator logistik’. 
 
Milikilah harapan yang tinggi. Deskripsi pekerjaan yang ada dibuat untuk seseorang yang sempurna, dan tentunya tidak benar-benar ada. Ketika Anda telah menentukan jenis pekerjaan yang benar-benar Anda sukai, temukanlah peran yang cocok dengan Anda, setidaknya Anda mampu memenuhi 70% dari persyaratan yang ada. Ada banyak pelamar yang melewatkan tawaran pekerjaan karena mereka tidak memiliki beberapa keterampilan atau persyaratan yang dibutuhkan.
 

2. Pelajari cara mencari pekerjaan

Cara mencari pekerjaan yang Anda ketahui saat ini mungkin telah ketinggalan zaman. Para profesional muda dan para eksekutif senior haruslah mengetahui cara terbaru dalam mencari pekerjaan, termasuk cara membangun koneksi dan sumber praktik bagi para perekrut dalam mengejar kesuksesan. 
 
Pertimbangkanlah untuk mengambil sebuah pelatihan mencari pekerjaan. Ingatlah bahwa Anda tidak dilahirkan dengan pengetahuan tersebut. Cobalah mengingat kembali saat pertama kali Anda mencoba untuk memainkan alat musik atau bergabung dengan kelompok olahraga. Pastinya Anda mengikuti pelajaran satu persatu berdasarkan arahan dan Anda juga terus berlatih hingga akhirnya menguasai hal tersebut. Mengapa Anda tidak mencobanya juga untuk mencari pekerjaan? Untuk memaksimalkan pembelajaran, temukan cara belajar yang tepat dan cocok untuk Anda. 
 
Ketika Anda telah menguasai caranya, inilah waktunya untuk menerapkan keahlian yang Anda kuasai. Ada banyak kandidat pelamar di dunia. Mereka tidak konsisten dengan jenis pekerjaan yang mereka lamar dan mereka hanya mengandalkan sticky note dalam pencarian kerja mereka. 
 
Pikirkanlah proses itu sebagai anggapan bahwa Anda siap dan Anda pasti mendapatkan pekerjaan tersebut. Cobalah temukan posisI yang sedang banyak dicari di pasaran. Perbaharui surat lamaran Anda, profil Linkedin dan hal lainnya yang diperlukan untuk keperluan wawancara. Jika Anda ingin diterima, cocokkan surat lamaran Anda dengan posisi yang Anda lamar. Bangun jaringan yang luas agar Anda dapat melewati sesi wawancara dengan baik, sehingga Anda dapat mendapatkan hasil yang memuaskan. 
 

3. Bertanggung jawab

Banyak pelamar yang berkata bahwa mereka telah mengirim 20 surat lamaran namun tidak ada satupun yang membalas. Berhenti untuk mengatakan hal ini. mulailah menggunakan kalimat ‘Saya harus…’ ‘Saya akan lakukan dengan cara yang berbeda’, dan ‘Saya akan menemui tim perekrut yang benar-benar cocok dengan keterampilan yang saya miliki’. Agar Anda lebih bertanggung jawab, buatlah batu loncatan seperti ‘Pada tanggal …, surat lamaran dan profil Linkedin haruslah telah selesai.’ Atau ‘Pada tanggal …, saya sudah harus menemukan 10 posisi yang telah dianalisa’. 
 
Bangunlah setiap pagi dengan misi yang jelas dan wujudkan misi tersebut. tujuan Anda yang seharusnya adalah berhenti menunggu dan mulailah membuat sesuatu terjadi.

4. Ketika kita mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan, seringkali kita menyerah dan melewati beberapa langkah.

Ketika ini terjadi, buatlah kesepakatan dengan diri sendiri dan catatlah dalam kalender Anda. Dan buatlah hal spesifik yang harus dikerjakan setiap jamnya. Satu jam pertama dapat digunakan untuk memperbaharui surat lamaran, menyiapkan surat lamaran dan menyusun surat lamaran dengan berbagai pengalaman yang Anda miliki.
 
Anda juga dapat mencari pekerjaan melalui teman terdekat secara online atau melalui teman-teman yang ada dalam komunitas Anda sehingga mereka dapat menyemangati Anda. sediakan waktu selama 30 menit dalam seminggu untuk mendiskusikan kemajuan perekrutan yang Anda miliki dan hal yang harus Anda lakukan selanjutnya.
 
Itulah 4 hal yang dapat rekan pembaca lakukan agar Anda cepat mendapatkan pekerjaan. Menemukan sebuah posisi dan pekerjaan yang baru dapat menjadi hal yang melelahkan dan bahkan membuat Anda menyerah. Tetapi, Anda perlu tahu bahwa Anda harus tetap termotivasi dan memiliki semangat yang tinggi sampai Anda benar-benar mendapatkan hal yang Anda inginkan. 
 
Hal penting yang harus Anda miliki adalah sebuah tekad yang bulat dan didukung oleh komitmen yang tinggi. Ketika Anda terus berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian yang Anda miliki dalam proses pencarian kerja yang Anda lakukan, Anda akan mampu untuk mencapai tujuan Anda. Semoga cepat mendapatkan pekerjaan ya, rekan Career Advice!

Featured Career Advice