×
STUDILMU Career Advice - Bekerja di Luar Passion? Siapa Takut!
Self Improvement

Bekerja di Luar Passion? Siapa Takut!

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Passion bisa jadi muncul ketika kita hobi melakukan sesuatu hal. Namun, hobi tidak otomatis menjadi passion kita. Hobi biasanya kita lakukan untuk bersantai dari kepenatan yang ada. Hobi merupakan jalan keluar (pleasure) dari tekanan yang ada. Contohnya rekan saya, dia hobi menonton film korea. Maka, saat ingin keluar dari stres, tekanan dan ingin bersantai, maka dia memilih untuk menonton film korea. Apakah dia memiliki passion menonton film korea? Saya rasa tidak. Banyak orang berpikir bahwa ketika kita melakukan passion, maka semuanya akan baik-baik saja, happy, dan tidak ada stres. Ini salah besar! Kalau kita benar-benar passion terhadap sesuatu hal, maka apapun tantangannya, seberat apapun masalahnya, dan betapapun sulitnya, kita tetap dan terus melakukannya. Mengapa? Karena, kita sangat passionate melakukan hal tersebut. Sebaliknya, ketika Anda melakukan sesuatu, dan menghadapi tantangan, lalu Anda ingin cepat-cepat berhenti, mungkin Anda harus bertanya, apakah ini passion atau hanya sekedar hobi Anda.

 

Bekerja Sesuai Passion

Dapat bekerja sesuai dengan passion memang merupakan idaman setiap orang. Senang sekali rasanya apabila di pagi hari ketika membuka mata, rasa semangat langsung muncul di dalam hati karena sudah membayangkan akan melakukan sesuatu yang sangat kita senangi. Dua sisi mata koin; mencari passion dapat diibaratkan seperti mencari belahan jiwa. Ada yang dapat menemukannya dalam pandangan pertama, ada juga yang bahkan sudah setengah mati mencarinya tapi belum juga menemukannya. Ada juga yang harus melewati proses yang sangat panjang dan melelahkan. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai hati nyatanya juga butuh proses. Bisa dibilang tidak semua orang beruntung menemukan pekerjaan sesuai passion-nya sejak awal. Ditambah lagi, di luar dari pagar passion, sesungguhnya ada sangat banyak perusahaan ternama yang menawarkan gaji besar dengan fasilitas pekerjaan yang berlimpah, yang juga merupakan idaman setiap orang dalam memilih pekerjaan. Jelas, kebahagiaan sudah ada di dalam genggaman apabila kita memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion dan memberikan keuntungan yang kita butuhkan. Namun, apabila diharuskan untuk memilih, lantas manakah yang akan membuat lebih bahagia?
 
Tenang! Jawabannya ada di dalam diri Anda sendiri. Punya pekerjaan sesuai passion tidak menjamin bahwa seseorang akan bahagia. Bekerja tidak sesuai passion juga belum tentu akan menderita. 
 

Keuntungan Ketika Anda Bekerja Tidak Sesuai Passion

Memang ada banyak keuntungan ketika bekerja sesuai dengan passion, namun mari kita buka mata, ada banyak juga keuntungan yang dapat kita peroleh walaupun kita bekerja tidak sesuai dengan passion. Jadi, untuk Anda yang saat ini bekerja di luar passion, tidak perlu khawatir. Mari kita lihat bersama-sama, apa saja yang dapat kita peroleh dari bekerja di luar passion.

Featured Career Advice