Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Bekerja di Luar Passion? Siapa Takut!

Bekerja di Luar Passion? Siapa Takut!


STUDILMU Users
by STUDiLMU Editor

Pernahkah Anda mendengar ada rekan Anda yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi terkemuka, diterima bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang memukau, namun akhirnya memutuskan untuk pindah haluan karena katanya: “Pekerjaannya tidak sesuai dengan passion saya”?
 
Di lain sisi, pernahkah Anda mendengar ada rekan Anda yang berusaha menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion-nya, sampai-sampai rela untuk menganggur selama beberapa bulan? Sudah pernah beberapa kali dipanggil oleh sejumlah perusahaan, namun karena pekerjaan yang ditawarkan tidak sesuai dengan passion-nya, akhirnya dilewatkan begitu saja. Atau pernahkah Anda mendengar ada rekan Anda yang sudah lama bekerja, namun ternyata merupakan seorang “kutu loncat” yang tidak bertahan lama di satu perusahaan karena masih mencari apa sebenarnya yang menjadi passion-nya?
 
Mendengar pengalaman-pengalaman rekan Anda, lantas bagaimanakah sebaiknya memilih pekerjaan yang ideal? Apakah perlu mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion? Atau sebenarnya bekerja tidak sesuai dengan passion pun tidak menjadi masalah?
 

Apa itu Passion?

Sebelum kita kupas lebih jauh, mari kita pelajari bersama, apa yang dimaksud dengan passion itu sendiri? Passion dapat dikatakan sebagai sebuah gairah, yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti keinginan (hasrat, keberanian) yang kuat. Passion juga dapat diartikan sebagai sebuah semangat yang berarti kemauan untuk bekerja, berjuang, dan sebagainya. Dengan kata lain, passion adalah kemauan atau keinginan (dorongan) yang kuat untuk melakukan sesuatu. 
 

Perbedaan Passion dan Hobi

Halaman Sebelumnya 1234