×
STUDILMU Career Advice - Apa Itu Leadership? Perhatikan 5 Hal Penting Ini.
Leadership

Apa Itu Leadership? Perhatikan 5 Hal Penting Ini.

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Salah satu hal terbesar tentang leadership adalah setiap orang membawa ide yang berbeda. Jika Anda membaca artikel tentang kualitas leadership yang baik, Anda biasanya akan melihat faktor-faktor seperti integritas, komunikasi yang efektif dan pengaruh seseorang. Ini semua adalah sifat luar biasa dari seorang leader, tetapi saya akan membagikan sesuatu yang saya percaya dapat membuat seseorang menonjol sebagai seorang leader.
 
Harus saya akui, pada hari-hari awal saya sebagai leader, semua yang saya lakukan adalah tentang saya. Saya memiliki gelar dan saya pikir hanya itulah yang saya butuhkan. Saya pikir karena jabatan saya, semua orang akan mengikuti saya dan menghormati saya. Saya tidak berpikir leadership adalah sesuatu yang membutuhkan kerja keras. Saya hanya berpikir bahwa itu tentang saya dan segala kehebatan yang saya miliki.
 
Wah, ternyata saya salah!
 
Untungnya saya memiliki beberapa leader hebat yang cukup peduli dengan saya untuk menghadapi sikap egois saya. Sebagai leader, kita harus bisa mengenali orang-orang yang tidak berprestasi, serta area terlemah mereka dan memberikan dukungan serta umpan balik kepada mereka. Saya tidak tahu saya telah gagal sebagai leader dan melukai orang-orang karena sikap sombong saya.
 
Saya percaya bahwa beberapa orang dilahirkan sebagai leader dan belajar sepanjang hidup untuk menjadi leader yang lebih baik. Salah satu pelajaran terbaik yang saya pelajari, leadership bukanlah tentang saya. Ketika saya melakukan transisi dari menilai diri sendiri menjadi menghargai orang-orang, saya bertransformasi sebagai seorang pemimpin.
 
Menurut mentor saya, semua orang berkomunikasi, namun hanya beberapa yang membangun koneksi. Jika kita belajar untuk mengalihkan fokus kita dari diri kita sendiri kepada orang lain, seluruh dunia akan terbuka untuk kita. Ketika Anda memahami hal ini dan mengubah fokus terhadap diri Anda sendiri, itu juga akan mengubah Anda sebagai seorang pemimpin.
 
Berikut adalah beberapa cara yang ingin saya bagikan agar Anda dapat lebih menghargai orang-orang. Ini yang saya temukan dari pengalaman saya menjadi seorang leader.

1. Melihat orang-orang dalam tim sebagai kesuksesan terbesar Anda. 

Pemimpin yang baik akan mendukung orang-orang di sekitar mereka. Anda harus berfokus pada pengembangan mereka, membantu mereka sukses, dan menonton mereka tumbuh menjadi orang yang mereka inginkan. Ketika mereka berhasil mencapai kesuksesan, itu mencerminkan Anda sebagai seorang leader. Cobalah bekerja keras untuk mereka, karena mereka adalah aset terbesar Anda. Tanpa mereka, tim Anda bisa gagal.
 

2. Mengakui dan menghargai orang. 

Semua orang ingin dihargai. Sebagai seorang leader, sangatlah penting untuk memberikan penghargaan dan pengakuan kepada orang-orang dalam tim atas hal-hal luar biasa yang mereka lakukan. Salah satu alasan orang meninggalkan pekerjaan adalah karena mereka merasa kurang dihargai. Seorang leader hendaknya tidak pernah mengambil pujian atas pekerjaan yang dilakukan orang-orang mereka. Leader yang baik adalah leader yang dermawan yang mau mengakui orang lain. Bawalah rasa pengakuan kerja ke dalam budaya tim Anda. Ini dapat dilakukan dalam pertemuan rutin tim. Ketika orang lain melihat rekan kerja dikenali, itu menanamkan motivasi ke dalam tim Anda. Setiap orang akan bekerja lebih keras untuk menjadi orang berikutnya yang kerja kerasnya diakui.

3. Kenali orang-orang dalam tim. 

Maksud saya adalah benar-benar mengenal mereka. Tentu, Anda mungkin tahu nama dan posisi mereka dan yang sedang mereka kerjakan, tetapi apakah Anda benar-benar mengenal mereka? Apakah mereka punya anak? Apakah Anda tahu dari mana mereka berasal? Apakah Anda tahu apa yang telah mereka lakukan dalam hidup mereka sebelum mereka mulai bekerja dengan Anda? Yang paling penting, apakah Anda tahu harapan dan impian mereka? Mengenal mereka dengan cara yang lebih pribadi akan membuat mereka merasa dihargai dan meningkatkan rasa hormat mereka kepada Anda sebagai seorang leader.
 

4. Tinggalkan egomu. 

Orang-orang akan melakukan lebih baik daripada Anda ketika Anda melakukan hal baik kepada mereka. Anda akan memiliki orang-orang di tim Anda yang memiliki prestasi signifikan. Mereka mungkin mendapatkan gelar lain, mendapatkan sertifikasi, atau pindah ke posisi baru. Salah satu pujian terbesar yang dapat Anda terima sebagai leader adalah meminta salah satu karyawan Anda untuk pindah ke peluang yang lebih baik. Berbanggalah, jangan cemburu. Kesampingkanlah ego yang Anda miliki. Ketahuilah bahwa setiap orang berhak menerima sesuatu yang baik atas kerja kerasnya, bahkan sekalipun itu harus melebihi Anda. Ikutlah bangga dengan hal tersebut. 
 

5. Berdayakan orang-orang Anda. 

Semua orang ingin dipercaya untuk membuat keputusan. Berdayakan karyawan Anda untuk membuat keputusan tertentu. Jangan mengubahnya. Berikan mereka kesempatan untuk tampil. Jangan mengabaikan kemampuan mereka dan melakukannya sendiri. Apakah Anda akan memiliki presentasi besar di waktu mendatang dengan tim eksekutif Anda? Izinkan salah satu dari tim yang memiliki kinerja terbaik untuk memberikan presentasi sebagai gantinya. Pemberdayaan akan membuat mereka tampil percaya diri dan membantu mereka berjuang untuk tujuan yang lebih besar dari kehidupan.
 
Leadership adalah hadiah dan hak istimewa. Tidak semua orang dapat menjadi seorang leader yang benar-benar baik. Dan leadership adalah hasil dari setiap usaha keras yang Anda lakukan dalam mengubah diri Anda menjadi orang yang lebih baik setiap harinya. Anda dapat menghancurkan tim jika Anda gagal menilai mereka. Semua orang di tim pantas dihargai. Tiap-tiap anggota tim memiliki bagian penting untuk menjaga mesin perusahaan Anda berjalan. Sebagai leader, Anda mengedepankan kebutuhan dan minat orang-orang dalam tim di atas kebutuhan Anda. Ini yang akan membuat Anda menjadi pemimpin yang lebih sukses. Pastinya, Anda akan jauh lebih dihargai. 
 
Jika ingin menyelenggarakan training leadership di Jakarta, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com

Featured Career Advice