×
STUDILMU Career Advice - Apa itu Ketajaman Bisnis (Business Acumen)?
Self Improvement

Apa itu Ketajaman Bisnis (Business Acumen)?

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Berikut ini serangkaian kemampuan dan karakteristik yang menggambarkan seorang yang memiliki kemampuan Business Acumen:

  1. Mampu berkomunikasi dengan baik dan secara jelas dengan semua tingkatan orang di setiap departemen atau bagian dan juga dapat mendapatkan rasa hormat dari orang-orang di sekitarnya.
  2. Mampu bekerjasama atau berkolaborasi secara kreatif lintas departemen atau bagian untuk dapat mengenali dan memecahkan masalah yang ada.
  3. Mampu mengetahui dan memahami hal-hal yang dapat dijadikan pendorong profitabilitas dan pertumbuhan bisnis serta untuk mengetahui apa yang diperlukan untuk membuat bisnis sukses, yaitu dari gambaran keseluruhan, ke setiap fungsi bisnis, hingga kinerja individu dan bagaimana masing-masing memengaruhi bisnis
  4. Memiliki kesadaran yang tajam akan ancaman eksternal dan bagaimana menyelaraskan proses internal untuk mengatasinya. Serta memiliki pemahaman tentang bagaimana pasar berubah dan dorongan untuk membuat keputusan bisnis yang diperlukan dalam bisnis untuk menghadapi tantangan secara langsung.
  5. Mampu menjadi self-starter di lingkungannya untuk mengambil inisiatif disaat-saat yang dibutuhkan terutama disaat terdesak. Dan juga memiliki gaya manajemen yang memotivasi untuk menginspirasi semua anggota staf untuk melakukan tugas mereka dengan kemampuan terbaik mereka dan sesuai dengan tujuan bisnis.
  6. Mampu dengan cepat mengubah strategi dan tujuan untuk memanfaatkan gangguan pasar bisnis.
  7. Memiliki kemampuan untuk mendukung dan memimpin berjalannya strategic execution.
  8. Memiliki pengetahuan bisnis yang mendasar, seperti strategi bisnis, arus kas, matrix, laporan keuangan, dan kinerja bisnis.
  9. Memiliki pemahaman inti tentang fungsi bisnis yaitu penjualan, pemasaran, operasi, logistik, SDM, dan keuangan.

 

Mengapa memiliki ketajaman bisnis itu penting?

Ketajaman bisnis sangat bagus untuk bisnis. Seorang individu yang mampu benar-benar memahami dan memvisualisasikan cara mendorong kesuksesan akan membuat bisnis apa pun yang dilakoninya sukses. Proses pemikiran mereka tentang bagaimana membawa produk dan/atau layanan bisnis ke pasar bisnis begitu inovatif dan terbuka sehingga dapat membawa dampak yang sangat baik. Antusiasme dan kemampuan mereka untuk mengubah strategi juga  besar sehingga dapat membuat operasi bisnis menjadi lebih efisien dan dapat mempengaruhi sebagian besar individu di perusahaan atau ruang lingkup bisnis tersebut. Ketajaman bisnis dapat menghasilkan bisnis yang menguntungkan, baik dari sisi pertumbuhan penjualan maupun branding.

Selain manfaat untuk perusahaan atau ruang lingkup bisnis, ketajaman bisnis tersebut juga dapat memberikan dampak yang baik untuk seseorang. Spesifikasi pekerjaan dari setiap pemimpin bisnis yang mencari CEO baru secara inheren akan berisi kriteria termasuk memiliki keterampilan bisnis, ketajaman bisnis, dan kemampuan untuk mendorong dan mendorong semua bidang dalam bisnis untuk mencapai kemampuan maksimalnya. 'semua orang menyukai pemenang' Hasilnya: individu dapat bekerja menuju karier yang sukses dan potensi penghasilan yang besar.

 

Bagaimana ketajaman bisnis dapat diperoleh?

Ketajaman Bisnis dapat diperoleh dan dapat dikembangkan dengan banyak cara. Mulai dari bimbingan pribadi sehari-hari hingga permainan papan yang mengasah otak hingga pembelajaran berdasarkan pengalaman melalui simulasi bisnis. Masing-masing membawa peluang bagi bisnis dan individu. Dari Inovasi teknologi kita juga dapat memperoleh atau mengasah ketajaman bisnis. Inovasi teknologi dalam 1 dekade terakhir juga telah memberikan simulasi bisnis yang luas di pasar bisnis, yang menyediakan alat pembelajaran yang belum pernah ada sebelumnya yang memiliki aplikasi luar biasa.

Bisnis dapat menggunakan simulasi untuk menilai berbagai kemampuan tim dan individu, dari pengetahuan dan pemahaman hingga menerapkan pembelajaran ke dalam pengembangan dan pelaksanaan strategi bisnis. Saat simulasi berjalan, langkah-langkah operasional diuji terhadap kekuatan pasar internal dan eksternal, memberikan gambaran langsung kepada individu dan manajemen tentang apa yang berhasil dengan baik dan apa yang tidak. Pembelajaran eksperiensial yang menantang menggunakan teknik gamifikasi tidak hanya memunculkan semangat kompetitif, tetapi juga mendorong kolaborasi.

Manfaat dari simulasi bisnis yaitu dapat membuat individu lebih memahami dunia bisnis mereka sendiri di mana keterampilan dan kecerdasan mereka dikembangkan, dengan cara yang paling alami. Harapannya dan yang paling terpenting untuk bisnis ialah kesalahan hanya dibuat dalam simulasi bukan di dunia nyata. Simulasi bisnis menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas sesuai dengan kebutuhan bisnis individu.

 

Bagaimana keterampilan ketajaman bisnis yang baik memengaruhi saya?

Ketajaman bisnis adalah bagian dari bahasa bisnis, suatu bagian dari bagaimana bisnis dapat beroperasi, bagaimana menghasilkan uang dan memastikan Anda untuk dapat membuat keputusan yang selaras dengan strategi bisnis. Jika Anda memiliki ketajaman bisnis maka Anda akan lebih siap untuk membuat dampak yang lebih berarti di dalam organisasi Anda, karena memungkinkan Anda untuk mempresentasikan ide-ide Anda dengan lebih mahir, dan melihat dampak dari ide-ide tersebut terhadap keseluruhan organisasi atau lingkup bisnis tersebut.

 

Ketajaman bisnis tidak memiliki kaitan dengan kesuksesan jangka panjang

Ray Reilly, seorang profesor administrasi bisnis di Ross School of Business, University of Michigan, berkonsultasi dengan perusahaan dan telah melaporkan keterkejutannya pada betapa sedikit eksekutif yang tahu apa itu ketajaman bisnis dan atau mengapa ketajaman bisnis itu penting. Dia menggambarkan seseorang dengan ketajaman bisnis sebagai seseorang yang memahami hal-hal penting yang perlu mereka ketahui untuk membuat keputusan, untuk mengorganisir data yang kompleks dan tampaknya tidak terhubung, dan bereaksi positif terhadap peristiwa ketika hal itu tidak terjadi seperti yang diharapkan.

Seorang individu dengan pemahaman yang mendalam tentang ketajaman bisnis, akan menetapkan konteks untuk hari kerja mereka, sehingga orang lain tidak menetapkannya untuk mereka. Jika pebisnis memiliki persiapan yang cukup ketika mereka menghadapi hal yang tidak terduga, mereka akan dapat mengatur panggung untuk menangani masalah ini.

Agar strategi tetap pada jalurnya, semua orang yang terikat pada pelaksanaannya harus menguasai keterampilan ini atau berisiko membiarkan disfungsional berkuasa. Sekarang lebih dari sebelumnya, jutaan dolar hilang dan bisnis tutup ketika ketajaman bisnis tidak ditekankan di luar c-suite.

 

Siapa yang membutuhkan Ketajaman Bisnis?

Di zaman yang serba kritis ini, tidak hanya para CEO atau pemimpin-pemimpin saja yang membutuhkan ketajaman bisnis, namun hampir seluruh lapisan masyarakat membutuhkannya. Mulai dari kalangan pengusaha menengah kebawah, hingga pengusaha menengah keatas dan juga karyawan-karyawan biasa. Karena hampir semua lapisan masyarakat tersebut mengalami tekanan-tekanan yang berkaitan dengan dunia bisnis dan peruntungan.

Tekanan-tekanan tersebut antara lain:

  1. Sifat perubahan lingkungan eksternal dan internal yang semakin ekstrim dan tidak terduga.
  2. Keputusan dibuat di tingkat yang lebih rendah di perusahaan atau lingkup bisnis.
  3. Struktur organisasi menjadi semakin kompleks, dengan outsourcing, rantai pemasok yang memanjang, dan lainnya.
  4. Kecepatan pengambilan keputusan, seringkali dengan informasi yang terbatas dan tidak lengkap.

Sukses di tingkat individu tidak hanya mengandalkan keterampilan teknis, tetapi juga pada kemampuan untuk memahami konteks suatu organisasi yang lebih luas. 

 

 

Sumber:

https://talentics.id/blog/talentics/people-analytics/apa-itu-business-acumen-dan-mengapa-ini-penting-dimiliki-calon-pemimpin-perusahaan-anda

https://store.kontan.co.id/product/memahami-business-acumen-dan-decision-making-dengan-cepat

https://samahitawirotama.com/business-acumen-dalam-sosok-pemimpin/

https://www.chris-elgood.com/business-acumen-definition/

12 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice