×
STUDILMU Career Advice - Analisa Sebab dan Akibat Menggunakan Diagram Fishbone
Innovation

Analisa Sebab dan Akibat Menggunakan Diagram Fishbone

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Pengertian Diagram Fishbone

Diagram fishbone atau fishbone adalah salah satu metode atau tool yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas. Diagram fishbone ini juga disebut sebagai diagram sebab-akibat atau cause-effect diagram. 
 
Analisa fishbone ini meliputi, “Mengapa itu terjadi? Bagaimana kita dapat membuat itu terjadi?” Dua pertanyaan ini, keduanya sangat penting dalam pengaturan bisnis, pada esensinya adalah sama.
 
Bagaimana dua pertanyaan yang berbeda bisa menjadi identik? Lagipula, yang satu melibatkan analisis kejadian masa lampau sementara yang lainnya melibatkan perencanaan di masa mendatang. Jawabannya sederhana: di dalam kedua kasus tersebut kamu menanyakan pertanyaan dasar yang sama—yaitu: "rangkaian kejadian apa yang menyebabkan sebuah akibat tertentu?" Apakah kamu sedang melihat ke depan untuk merencanakan rangkaian kejadian, atau melihat ke belakang untuk lebih memahami, kamu dapat menggunakan alat yang sama: analisis sebab akibat atau biasanya juga disebut: analisis fishbone, diagram sebab akibat, analisa fishbone, diagram fishbone.

Sebab dan Akibat: Kilas Balik

Analisis Sebab Akibat biasanya digunakan untuk mencari tahu mengapa sesuatu menjadi salah. Produk Anda gagal, klien Anda frustrasi, dan kamu kehilangan uang. Tapi mengapa? Lagipula, semuanya baik-baik saja hingga tiga bulan yang lalu. Dengan menganalisis proses produksi, kamu mungkin dapat menemukan permasalahan untuk disalahkan. Setelah kamu menentukan dimana permasalahannya berada, kamu dapat menyelesaikannya—dan membentuk kebijakan untuk memastikan permasalahan yang sama tidak muncul kembali.
 
Analisis Sebab Akibat dapat juga membantu Anda menghasilkan dampak yang positif. Sebagai contoh, bulan ini—untuk pertama kalinya—tim-mu melebihi goal penjualannya. Apa yang berjalan benar? Mudah untuk mengatakan "kami beruntung", namun kebanyakan waktu kita membuat atau paling tidak mendorong keberuntungan kita sendiri. Jadi elemen apa yang berjalan dalam membuat penjualan bulan ini jauh lebih efektif daripada sebelumnya?
 

Sebab dan Akibat: Perencanaan Untuk Waktu Mendatang

Sementara Analisis Sebab Akibat biasanya digunakan untuk memahami apa yang telah terjadi (biasanya untuk menghindari itu terjadi lagi), itu juga dapat digunakan untuk membantu merencanakan untuk waktu mendatang. Bagaimana? Alih-alih berusaha menjelaskan hasil yang ada, sangat mungkin untuk mempersiapkan hasil yang diharapkan, dan kemudian menganalisis elemen yang diperlukan untuk membawa hasil tersebut. Setelah kamu memiliki ide yang jelas tentang apa yang dibutuhkan, jauh lebih mudah untuk membuat sebuah rencana tindakan yang akan berhasil.
 
Karena proses analisis melibatkan memecah keseluruhan ke dalam set bagian tersendiri, kamu juga dapat menggunakan diagram yang dibuat melalui Analisis Sebab Akibat untuk menentukan siapa yang seharusnya bertanggung jawab untuk aspek dalam project. Jika kamu menghabiskan waktu yang baik pada proses, kamu mungkin bahkan memiliki awalan sebuah daftar kerja untuk berbagai anggota tim project.
 

Cara Membuatnya

Berikut ini cara membuat fishbone atau diagram fishbone:
 
Mengidentifikasikan akar penyebab dari suatu permasalahan
 
Mendapatkan ide-ide yang dapat memberikan solusi untuk memecahkan suatu masalah
 
Membantu dalam pencarian dan penyelidikan fakta lebih lanjut
 
 
 
Berikut ini langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat Cause and Effect Diagram atau diagram fishbone :
 
Berikanlah Judul, Tanggal, Nama Produk, Nama Proses dan daftar nama Partisipan
 
Tentukan Pernyataan Permasalahan yang akan diselesaikan
 
Gambarkan Kepala Ikan sebagai tempat untuk menuliskan Akibat (Effect)
 
Tuliskan Pernyataan permasalahan tersebut di kepala Ikan sebagai Akibat (effect) dari penyebab-penyebab.
 
Gambarkan Tulang Belakang Ikan dan Tulang-tulang Besar Ikan atau fishbone
 
Tuliskan Faktor-faktor penyebab utama yang mempengaruhi kualitas di Tulang Besar Ikan. Pada Umumnya Faktor-faktor penyebab utama diproduksi itu terdiri dari 5M +1E yaitu :
- Machine (Mesin)
- Method (Metode)
- Man (Manusia)
- Material (Material atau bahan produksi)
- Measurement (Pengukuran)
- Environment (Lingkungan)
 
Tuliskan penyebab-penyebab sekunder berdasarkan kategori faktor penyebab utama dan tuliskan di tulang-tulang yang berukuran sedang.
 
Tuliskan lagi penyebab-penyebab yang lebih details yang mempengaruhi penyebab sekunder kemudian gambarkan tulang-tulang yang berukuran lebih kecil lagi.
 
Tentukanlah faktor-faktor penyebab tersebut yang memang memiliki pengaruh nyata terhadap Kualitas kemudian berikanlah tanda di faktor-faktor penyebab tersebut.
 
 
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Cause and Effect Diagram atau diagram fishbone :
 
Setelah suatu masalah atau suatu situasi telah ditetapkan untuk dibahas lebih lanjut, tanyakan “mengapa-mengapa” sampai menemukan akar penyebab permasalahannya.
 
Jika masalah tersebut terdapat beberapa penyebab potensial, maka kita harus menganalisis setiap penyebab tersebut.
 
Untuk mendapatkan root cause atau akar permasalahan yang dimaksud, metode 5 WHY (5 mengapa) adalah metode yang paling sering digunakan untuk mencari sebab akibat.
 
 
Kami memberikan pelatihan di dalam kelas tentang diagram fishbone ini, dimana kami menjelaskan secara detil tentang sebab akibat, menjelaskan dengan detil diagram fishbone, cara membuat fishbone, juga memberikan contoh fishbone, contoh analisis fishbone, contoh diagram sebab akibat, atau contoh diagram fishbone.

Featured Career Advice