×
STUDILMU Career Advice - 9 Rahasia Sukses Memiliki Perjalanan Karier yang Hebat
Self Improvement

9 Rahasia Sukses Memiliki Perjalanan Karier yang Hebat

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Halo rekan pembaca Career Advice, pekerjaan merupakan medan perang yang harus kita dihadapi setiap hari. Datang ke kantor dan menghasilkan pekerjaan yang hebat berarti kita telah menyelesaikan setengah dari peperangan yang ada. Untuk memenangkan peperangan, kita harus menghasilkan lebih dari yang diharapkan. Tentunya, untuk mendapatkan kesuksesan dalam pekerjaan yang dimiliki, kita tidak hanya sekedar datang dan menyelesaikan pekerjaan yang ada. Ada banyak hal lain yang harus dilakukan. Kita harus mampu memberikan kesan baik bagi setiap orang dan menunjukkan kepemimpinan. Nah, kali ini, kita akan membahas 9 rahasia sukses memiliki perjalanan karier yang hebat. Apa yang harus dilakukan agar kita mendapatkan kesuksesan dalam karier yang digeluti?
 

1. Memberikan dampak.

Apapun pekerjaan dan posisi yang kita miliki, pastikan bahwa pekerjaan tersebut memiliki dampak bagi kehidupan orang lain. Kita harus memastikan bahwa pekerjaan tersebut memberikan hal yang bermakna bagi orang lain. Jika bekerja sebagai staf penjualan, tidak ada salahnya jika kita bertanya tentang kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan yang ramah. Dengan begitu, pelanggan akan merasa terbantu oleh kehadiran kita. Ketika mampu memberikan dampak, kita tidak hanya menolong orang lain, tetapi juga akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Tujuan kita memang mendapatkan uang atau penghargaan lainnya, namun jika kita mampu memberikan dampak yang lebih besar, maka akan  mendapatkan kepuasan yang lebih besar juga.
 

2. Tidak membatasi diri terhadap peluang yang ada.

Salah satu kunci kesuksesan yang seringkali terasa menakutkan adalah membuka diri terhadap setiap peluang yang ada. Apa pekerjaan yang kita miliki saat ini? Adakah peluang baru yang dapat meningkatkan karier kita? Misalnya, sebagai anggota tim yang memiliki kinerja bagus, kita ditawarkan untuk menjadi penanggung jawab dalam proyek yang lebih besar. Ini merupakan kesempatan bagus yang tidak boleh dilewatkan. Peluang baru akan memberikan pengalaman baru yang dibutuhkan dalam perjalanan karier. 

3. Menjadi pemimpin.

Jika ingin sukses, kita harus mampu menjadi seorang pemimpin. Kita tidak perlu merasa khawatir jika tidak memiliki gelar. Itu bukan berarti kita tidak bisa memimpin. Kita tetap bisa memimpin dengan cara lain. Bagaimana caranya? Pastikan bahwa kita selalu membagikan ide dan pandangan yang dimiliki dalam setiap pertemuan. Masukan atau studi kasus yang kita sampaikan dapat menjadi hal yang mengesankan para pimpinan perusahaan. Selain itu, ini juga menunjukkan keahlian dan kesungguhan kita dalam pekerjaan yang dimiliki.
 

4. Menjadi panutan.

Siapa orang yang rekan pembaca kagumi? Kita pasti memiliki seseorang yang dikagumi. Seseorang yang selalu membuat kita ingin memiliki pengetahuan, keterampilan bahkan sifat yang sama dengannya. 
 
Nah, untuk mendapatkan kesuksesan, kita harus menjadi panutan tersebut. Kita harus berusaha untuk menjadi seseorang yang dapat memotivasi dan menginspirasi orang lain. Setiap tindakan kita akan mudah disorot oleh orang lain. Jadi, pastikan bahwa kita memiliki perilaku positif yang memotivasi orang lain untuk menghasilkan perilaku yang positif juga. 

5. Menghormati dan menghargai orang lain.

Kita harus memperlakukan orang lain dengan penuh hormat. Ini merupakan hal penting yang hampir pudar. Jika memperlakukan orang lain dengan semena-mena, itu berarti kita menutup diri terhadap kesuksesan. Mengapa? Karena menghormati dan menghargai orang lain adalah prinsip dasar kehidupan yang tidak boleh diabaikan. 
 

6. Bertindak, bukan hanya berkata-kata.

Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah bertindak. Perbuatan merupakan bukti nyata yang dapat dipercaya daripada sekedar kata-kata. Kita tidak perlu menyampaikan kepada orang lain cara yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan, memangkas biaya operasional atau bahkan cara kita memulai bisnis. Tunjukkanlah semuanya melalui tindakan yang dapat menjadi bukti nyata bagi semua orang.

7. Merayakan keberhasilan rekan kerja.

Kesuksesan orang lain bukanlah suatu hal yang seharusnya menghalangi perjalanan kita. Untuk itu, kita harus selalu terbuka terhadap ide, usaha bahkan pencapaian yang berhasil dilakukan oleh rekan lain. Bersikap baik atas pencapaian yang berhasil dibuat orang lain merupakan salah satu sikap yang dapat meningkatan kerjasama dan moral dalam tim. Apapun posisi kita saat ini, pastikan bahwa kita tidak menutup diri terhadap kesuksesan rekan lain ya, rekan pembaca. Berikan pujian atas pencapaian tersebut dan tunjukkan bahasa tubuh yang positif. Biarlah pencapaian tersebut menjadi pemicu untuk kita berusaha lebih giat lagi dan juga menghasilkan sebuah pencapaian.

8. Berjejaring 

Kita harus memiliki kemampuan untuk berjejaring, menemukan koneksi baru dan memperkuat hubungan yang sudah ada. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang sangat diperlukan bagi kesuksesan karier. Dengan memperluas jaringan yang dimiliki, itu berarti bahwa kita membuka diri terhadap peluang bisnis baru. Menghadiri acara berjejaring mungkin membuat kita merasa tidak nyaman. Kita harus bertemu dengan orang baru, memperkenalkan diri dan membangun komunikasi. Ini membutuhkan kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Saat mampu untuk keluar dari zona nyaman, kita dapat meraih kesuksesan yang diinginkan.
 
Jadi, jangan takut untuk berjejaring, apalagi dengan orang-orang yang baru ya, rekan pembaca. Temukan orang-orang hebat dan miliki waktu untuk mendengarkan bagaimana mereka mendapatkan kesuksesan dalam hidup. Jika memungkinkan, kita dapat membangun percakapan hebat dengan orang-orang tersebut. Dengan begitu, kita dapat belajar tentang banyak hal dan memiliki peluang bisnis yang lebih luas. 
 

9. Jangan biarkan orang lain menentukan jalan hidup kita.

Dalam perjalanan karier yang ditempuh, akan ada orang-orang yang merasa iri dan cemburu dengan kemajuan yang berhasil kita buat. Mereka mungkin akan berusaha untuk menjatuhkan kita, tetapi jangan sampai perkataan atau pendapat yang mereka memengaruhi kita sedikitpun. Biarkan kita tetap memiliki hubungan yang baik dengan mereka. Sekalipun mungkin memiliki cara berpikir dan cara bekerja yang berbeda, kita tidak boleh mencampuradukkan pekerjaan dengan perasaan pribadi. Kita harus fokus pada pekerjaan dan menghasilkan hal besar yang dapat menambah nilai lebih bagi organisasi.
 
Itulah 9 rahasia sukses memiliki perjalanan karier yang hebat. Kesuksesan adalah sebuah proses yang membutuhkan pengorbanan. Jadi, lakukan 9 rahasia sukses ini agar kita memiliki perjalanan karier yang hebat dan mendapatkan kesuksesan yang diinginkan. Tetap semangat, rekan pembaca Career Advice.

Featured Career Advice