×
STUDILMU Career Advice - 9 Penghambat Produktivitas Kerja
Productivity

9 Penghambat Produktivitas Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca, pernahkah Anda merasa tidak produktif dalam menjalani pekerjaan dan kehidupan Anda? Itu karena kemungkinan besar, secara tidak sengaja, Anda membuat keputusan yang salah. Wah, sangat merugikan sekali, bukan? Kita haruslah memastikan bahwa setiap keputusan yang kita ambil mendukung kita untuk menghasilkan kinerja yang optimal dan produktif.
 
Nah, kita perlu mengenal hal apa saja yang dapat menjadi penghambat produktivitas kerja kita. Sehingga, kita dapat menghindari hal tersebut dan menjadi lebih produktif dalam pekerjaan kita. Kira-kira, hal apa sajakah yang dapat menjadi penghambat produktivitas kerja kita setiap harinya? Berikut adalah 9 penghambat produktivitas kerja.
 

1. Tertidur secara tidak sengaja.

Apakah rekan pembaca langsung bangkit setelah mendengar alarm berbunyi atau tertidur kembali, lalu bangun dengan kelabakan? Jika rekan pembaca tertidur dan bangun dengan kelabakan, inilah yang menyebabkan kita tidak menjadi produktif. Kita akan terburu-buru dan tidak memiliki perencanaan yang tepat untuk menjalani hari. Jadi, pastikan bahwa kita selalu menyiapkan diri untuk bangun di pagi hari dan tidak menunda-nunda untuk bangun. Dengan begitu, kita dapat menyusun hari dan menjadi ebih bersemangat dalam menjalani hari.

2. Memeriksa email terlebih dahulu.

Salah satu penghambat produktivitas kerja adalah menenggelamkan diri dengan membalas email dan pesan masuk.  Jadi, jangan memeriksa email atau pesan yang masuk terlebih dahulu. Waktu awal di pagi hari adalah waktu yang paling produktif. Waktu disaat pikiran kita masih berada dalam keadaan jernih untuk memroses segala hal, terutama hal-hal yang membutuhkan konsentrasi besar.  Utamakan tugas yang terpenting dan tersulit. Dengan begitu, kita tidak akan membuang-buang waktu untuk hal-hal yang kecil. 
 

3. Menghadiri pertemuan yang tidak perlu.

Seringkali seorang rekan kerja menghampiri kita dan mengajak kita melakukan brainstorming. Inilah salah satu hal yang membuat kita tidak produktif. Jadi, hindari pertemuan yang tidak penting. Kita harus menggunakan waktu sebaik mungkin dan tidak ada salahnya mengatakan ‘tidak’ untuk setiap diskusi yang tidak dibutuhkan. Orang-orang yang produktif sangat menyadari di mana dan bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka, bahkan, mereka bersedia untuk menolak pilihan yang lebih menyenangkan demi menyelesaikan apa yang perlu dilakukan.
 

4. Mengabaikan tugas tersulit.

Salah satu penghambat produktivitas kerja adalah mengabaikan tugas tersulit. Oleh karena itu, sangatlah penting membuat daftar tugas dan membuat prioritas. Tentukan tugas tersulit dan yang paling mendesak untuk diselesaikan. Orang-orang yang produktif akan menyelesaikan tugas sesuai tingkat kesulitan dan tenggat waktu. Sebaliknya, orang-orang yang tidak produktif akan selalu menemukan setiap alasan untuk mengabaikan tugas-tugas tersulit mereka.
 

5. Memiliki percakapan yang lebih lama daripada yang seharusnya.

Ini bukan berarti kita harus berbicara cepat-cepat dan membuat orang lain tidak mengerti yang kita bicarakan. Tetapi, ini adalah tentang memiliki percakapan yang komprehensif dalam durasi yang wajar. Ada baiknya kita membicarakan hal-hal sesuai dengan kepentingan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencatat poin-poin yang ingin dibahas sebelum memiliki percakapan dengan orang lain. Ini akan membuat kita tetap berada dalam jalur percakapan yang seharusnya.
 

6. Menenggelamkan diri dalam media sosial.

Media sosial memang sangat menggoda kita. dan jika kita terbiasa untuk berselancar di media social, sulit untuk mengeluarkan diri dari kebiasaan tersebut. Menghabiskan terlalu banyak waktu dalam media sosial membuat kita membuang waktu-waktu produktif yang kita miliki. Terkadang, kita berniat hanya ingin membaca satu topik sederhana. Tetapi, topik sederhana itu membawa kita membaca topik-topik lainnya. Jadi, hindari diri dari hambatan ini. letakkan ponsel jauh dari jangkauan kita. Ketika kita telah berhasil menyelesaikan satu tugas, tidak ada salahnya untuk bergulir di media sosial sebelum berlanjut dengan tugas lainnya. Hanya, jangan sampai kita lupa waktu ya rekan pembaca.
 

7. Memilih musik yang tidak tepat.

Musik bisa menjadi alat yang mendukung produktivitas kita. Tetapi, jika kita memilih jenis musik yang salah, kita justru sulit untuk terfokus pada tugas-tugas kita. Jadi , pilihlah jenis musik yang tepat. Pilihlah jenis musik yang dapat membantu kita tenang dan berkonsentrasi. Hindari musik yang terlalu kencang dan cepat. Ini justru akan membuyarkan konsentrasi kita. Musik klasik dapat menjadi alternatif yang tepat. Orang-orang yang produktif tahu perbedaan antara memilih musik yang membantu mereka fokus dan memilih musik sebagai selingan.
 

8. Menyalakan notifikasi.

Suara notifikasi yang masuk dalam ponsel kita akan dapat membuyarkan konsentrasi dan fokus kita. Jika kita terus-menerus memeriksa notifikasi yang masuk, secara tidak sadar kita telah kehilangan banyak waktu. Oleh karena itu, matikan pemberitahuan ponsel saat kita sedang berfokus dengan pekerjaan. Rekan pembaca dapat memeriksa ponsel kembali selama 5-10 menit saat beristirahat, sebelum berlanjut dengan tugas lainnya. Pastikan ponsel kita berada dalam mode ‘diam’. Sehingga, kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk memeriksa notifikasi tersebut, yang terkadang hanya notifikasi yang tidak terlalu penting bagi kita. 
 

9. Menghabiskan malam dengan hal yang salah.

Bagaimana rekan pembaca memanfaatkan waktu luang di malam hari? Jika kita ingin membuat kemajuan baik dalam karier maupun kehidupan pribadi, kita harus siap untuk mengatakan tidak pada kegiatan sosial tertentu. Mengatakan ‘ya’ untuk setiap undangan makan dan kumpul bersama bukanlah pilihan yang dapat menunjang produktivitas. Jika kita selalu menghabiskan malam dengan kegiatan yang melelahkan, kita akan kehabisan energi dan tidak bersemangat dalam menjalani esok hari. Untuk itu, kita harus memanfaatkan waktu istirahat di malam hari dengan melakukan hal-hal yang menenangkan dan membuat kita rileks. Dengan begitu, kita dapat mengumpulkan kembali energi yang diperlukan untuk menunjang produktivitas kita di esok hari.
 
Itulah 9 penghambat produktivitas kerja yang seringkali dilakukan tanpa sadar. Dengan mengetahui 9 penghambat ini, rekan pembaca dapat mengantisipasi diri dari penghambat tersebut. Sehingga, rekan pembaca akan mampu untuk menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi dan mencapai hasil yang maksimal.

Featured Career Advice