Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 9 Fakta Sederhana yang Dilupakan oleh Orang Pintar

9 Fakta Sederhana yang Dilupakan oleh Orang Pintar


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Definisi Pintar

Pintar adalah mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, pandai, cerdas, dan cepat dalam memahami sesuatu. Ketika seseorang dilabelkan sebagai orang pintar, itu menandakan bahwa orang tersebut adalah seseorang yang mudah memahami segala sesuatu dan memiliki pengetahuan yang luas. 
 
Orang pintar biasanya mudah untuk mencapai kesuksesan yang mereka inginkan. Tidak hanya menguasai beberapa ilmu pengetahuan, namun mereka juga pandai dalam memilih strategi-strategi yang sesuai untuk meraih tujuan hidup mereka. 

Apakah Orang Pintar selalu Mengingat Segala Hal? 

Meskipun orang pintar dinilai cerdas, pandai bahkan jenius. Orang-orang pintar juga sama seperti orang biasa lainnya. Mereka tetaplah seorang manusia yang bisa lupa akan suatu hal. Pada artikel kali ini, kami ingin mengungkapkan beberapa hal yang sering dilupakan oleh orang-orang pintar terhadap kehidupan mereka. Seringkali hidup berjalan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, dan kondisi ini sering membuat kita lupa untuk menikmati hidup agar tetap semangat dan termotivasi. 
 
Menurut marc and angel, ada 9 fakta sederhana yang sering dilupakan oleh orang pintar. Dengan mengetahui dan mengingat sembilan hal ini, diharapkan kita semua tetap bisa termotivasi dalam menjalani kehidupan dan terus melangkah maju dengan keyakinan yang kuat. Dalam artikel ini, mari kita asumsikan bahwa kita semua adalah orang-orang pintar. Sehingga, artikel ini bisa sangat berguna bagi kehidupan kita. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 

1. Tanpa Sebuah Tindakan, Pendidikan dan Kecerdasan tidak akan Menghasilkan apapun.

Poin pertama ini adalah hal utama yang perlu diingat kembali oleh kita semua. Terkadang, kita sering menganggap bahwa orang-orang pintar yang memiliki latar belakang pendidikan yang bagus akan lebih mudah untuk meraih kesuksesan, dibandingkan diri kita yang tidak memiliki latar belakang pendidikan seperti mereka. No! ini adalah pikiran yang salah. Jangan pernah merendahkan diri kita bahwa kesuksesan akan sulit untuk kita dapatkan, hanya karena pendidikan kita tidak setinggi orang lain. 
 
Orang-orang pintar sering melupakan hal ini. Mereka merasa bahwa pendidikan yang bagus dan tingkat kecerdasan yang tinggi adalah jaminan bagi mereka untuk menjadi sukses. Padahal, yang lebih penting dari kedua faktor tersebut adalah tindakan. Tanpa tindakan yang pasti, seorang yang berpendidikan tinggi dan cerdas tetap akan sulit meraih kesuksesan. 
 

2. Semua Orang Memiliki Jatah Kesuksesan dan Kegagalan. 

Orang-orang pintar sering berpikir bahwa kepintaran yang mereka miliki tidak akan membawa mereka pada kegagalan di dalam hidup. Kenyataannya, setiap manusia, baik dia memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi atau tidak, kita semua memiliki jatah kesuksesan dan kegagalan masing-masing. Jadi, ada kalanya semua usaha dan jerih payah kita membawa kita pada kesuksesan, dan ada kalanya kerja keras kita belum menghasilkan keindahan apapun. Sehingga, kegagalan menjadi peluang baru untuk kita agar terus berusaha dalam mengejar kesuksesan. 

3. Kebahagiaan dan Kesuksesan adalah Dua Hal yang Sangat Berbeda. 

Banyak orang berlomba-lomba untuk mengejar kesuksesan. Alasannya bukan hanya untuk memenuhi tujuan hidup mereka, namun kesuksesan dijadikan sebuah patokan untuk mendapatkan kebahagiaan di dalam hidup. 
 
Persepsi yang salah ini bukan hanya dimiliki oleh orang-orang pintar, namun hampir semua orang beranggapan bahwa kesuksesan adalah kebahagiaan. Kenyataannya, kebahagiaan tidak hanya bisa didapatkan ketika kita sudah menjadi sukses. Kebahagiaan selalu datang dari dalam diri kita. Kami mengajak rekan-rekan pembaca untuk membaca artikel-artikel kami yang lain tentang kebahagiaan. Sehingga, rekan pembaca bisa lebih terinspirasi tentang makna kebahagiaan. 

4. Semakin Banyak Pilihan, Semakin Mengganggu Keputusan Kita!

Di era modern seperti sekarang ini, kebanyakan orang percaya bahwa semakin banyak pilihan yang diberikan, maka akan semakin baik. Pilihan yang banyak akan mengizinkan kita untuk membandingkan satu hal dengan hal-hal lainnya, sehingga kita bisa mendapatkan sesuatu yang paling terbaik dan berharga. 
 
Kenyataannya, banyak dari kita lupa bahwa semakin banyak pilihan malah akan semakin membuat kita bingung. Ketika kita merasa kebingungan, kita akan semakin lama dalam mengambil keputusan dan semakin lambat untuk melakukan tindakan. Jadi jika rekan pembaca dihadapkan oleh pilihan yang banyak, carilah yang paling dekat dengan kriteria yang kita inginkan tanpa harus berlama-lama lagi untuk membandingkannya dengan yang lain. 

5. Setiap Kesalahan yang Dilakukan akan Mendekatkan Kita dengan Kesuksesan. 

Banyak sekali orang yang takut melakukan kesalahan, bahkan mereka siap untuk memaki-maki dirinya sendiri ketika melakukan suatu kesalahan. Sebagian orang beranggapan bahwa melakukan kesalahan hanyalah sebuah kebodohan yang tidak bisa ditoleransi. Tenang, melakukan kesalahan tidak seburuk yang kita pikirkan. Dengan melakukan kesalahan, kita akan belajar mana yang baik dan buruk. Selain itu, pengalaman kita juga akan semakin bertambah. Dan tentunya, ketika kita memperbaiki kesalahan kita, sebenarnya kita sedang melangkah maju untuk semakin dekat dengan kesuksesan.  
 

6. Masalah yang Kita Miliki dengan Orang Lain adalah Tentang Diri Kita Sendiri. 

Setiap orang pasti memiliki masa lalu dan kebanyakan masa lalu adalah hal-hal yang menyedihkan. Mungkin kita memiliki rasa dendam dan trauma akan suatu hal. Kita juga pernah merasa kecewa dan tidak ingin mengenal beberapa orang yang sudah menyakiti kita. Yap! itu adalah hal yang sangat wajar. Orang-orang pintar akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjauhi kesengsaraan dan membuat diri mereka bahagia. Namun, sayangnya kita sering lupa bahwa semua kesedihan itu terjadi karena diri kita sendiri. Semua keputusan ada di tangan kita, apakah kita ingin memaafkan masa lalu dan melangkah maju, atau kita masih tenggelam dengan kesakitan di masa lalu. 
 

7. Seseorang bisa Menjadi Hebat karena Mau Mencoba Sesuatu Hal yang Baru. 

Misalnya, rekan pembaca belum pernah berbicara di depan public sebelumnya. Akan tetapi, public speaking adalah hal yang sangat perlu kita kuasai di dalam dunia bisnis. Banyak orang-orang pintar berpikir bahwa mereka hanya bisa menjadi seorang yang ahli dan handal, ketika mereka melakukan hal-hal yang mereka suka dan biasa mereka lakukan. 
 
Kenyataannya, kita sering lupa bahwa setiap orang ahli pasti pernah menjadi seorang yang tidak ahli dalam bidangnya. Seorang yang berpengalaman, pasti pernah menjadi seorang yang buta pengalaman sebelumnya. Oleh karena itu, kita tidak boleh lupa bahwa seseorang bisa menjadi hebat karena mau mencoba sesuatu hal yang baru dan terus berlatih.  
 

8. Kecerdasan Emosional sangat diperlukan untuk Keputusan yang Bijak. 

Ketika kita sedang marah dan kesal, jangan biarkan emosi kita untuk membuat keputusan yang salah. Orang-orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi bukan berarti memiliki kecerdasan emosional yang baik. Itulah mengapa selain memiliki IQ, EQ juga sangat diperlukan oleh setiap orang. Keputusan yang dibuat ketika sedang emosi, biasanya akan menjadi keputusan yang tidak tepat dan tidak bijak. 
 

9. Kita akan Merasa 100% Siap ketika Kesempatan Sudah Datang. 

“Saya akan melakukan bla… bla… bla… ketika saya sudah mendapat kesempatan untuk melakukannya”. Siapa yang pernah berpikir demikian? Sayangnya, kesempatan seharusnya diciptakan, bukan ditunggu. Ketika kita selalu menunggu datangnya kesempatan, maka kita tidak akan pernah bertindak dengan cepat. 
 
9 fakta sederhana di atas memang terlihat simple, namun sebenarnya sangat penting untuk tidak kita lupakan. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Communication

Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Leadership

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Leadership

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

Leadership

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

Emotional Intelligence

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

Leadership

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

Leadership

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

Happiness

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

Motivation

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

Self Improvement

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan

Self Improvement

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan

4 Cara Tetap Bahagia Meskipun Menghadapi Banyak Hambatan

Happiness

4 Cara Tetap Bahagia Meskipun Menghadapi Banyak Hambatan

Sebelum Waktu Tidur, Tanyakan 5 Pertanyaan Ini pada Diri Sendiri

Self Improvement

Sebelum Waktu Tidur, Tanyakan 5 Pertanyaan Ini pada Diri Sendiri

Manajemen Waktu Sebenarnya Hanya Membuang Waktu