Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 8 Pola Pikir yang Membawa Kesuksesan Hidup

8 Pola Pikir yang Membawa Kesuksesan Hidup


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Setiap dari kita pasti memiliki pola pikir atau mindset yang berbeda-beda. Ada individu yang setiap harinya selalu dipenuhi dengan pola pikir yang negatif, dan ada juga para individu yang selalu mencoba untuk memiliki pola pikir yang positif. Biasanya, mereka yang cenderung memiliki pola pikir negatif akan selalu bersikap tidak ramah dan mencoba untuk mengkritik segala hal yang mereka lihat, dengar dan rasakan. 
 
Pola pikir positif akan selalu berusaha untuk berpikir tenang dan fokus dalam mencari solusi di setiap permasalahan. Mereka tidak mencoba untuk membesar-besarkan masalah atau membuatnya menjadi semakin rumit. Meskipun begitu, kita memerlukan kedua pola pikir tersebut, positif dan negatif. Ada kalanya kita harus berpikir kritis, tidak mudah percaya akan suatu hal, dan ada saatnya kita harus berpikir tenang, fokus tanpa menghakimi sesuatu secara berlebihan. 
 
Keduanya sangat kita perlukan untuk kehidupan kita. Namun, sebenarnya pola pikir seperti apa sih yang benar-benar bisa membawa kita pada kesuksesan hidup yang kita inginkan? Kita punya jawabannya di dalam artikel ini. Ada 8 pola pikir yang bisa membawa kita kepada kesuksesan hidup dan penjelasannya akan kami uraikan berikut ini.  
 

1. Pola Pikir: Ingin Bertumbuh dan Berkembang.

Pola pikir pertama dan yang paling utama adalah pola pikir untuk berkembang atau bertumbuh. Bertumbuh dan berkembang disini harus dibedakan dengan konteks yang dialami oleh tumbuh-tumbuhan ya! Hehe. 
 
Manusia dengan akal dan pikiran yang mereka miliki akan memiliki potensi untuk terus dapat meningkatkan diri mereka menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Pola pikir yang seperti ini dapat membawa seluruh jiwa raga kita untuk terus maju dan berusaha memperbaiki diri dalam meraih apa yang kita inginkan. 
 
Sebagai contoh, rekan pembaca sangat ingin bekerja di Amerika Serikat dan menjadi salah satu tenaga ahli di sana. Namun, untuk bekerja disana diperlukan keterampilan berbahasa inggris yang baik. Nah, hal ini telah mendorong rekan pembaca untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa inggris sehingga, rekan pembaca bisa meraih apa yang diinginkan. 
 
Dengan memiliki pola pikir bertumbuh dan berkembang, setiap manusia akan menyadari bahwa bakat dan kemampuan dapat dikembangkan dari waktu ke waktu melalui pengalaman dan bimbingan. 
 

2. Pola Pikir: Berani Mengambil Risiko. 

Kesuksesan akan sulit dimiliki oleh mereka yang pengecut, terutama takut untuk mengambil risiko kehidupan. Logikanya, bagaimana mau sukses jika kita tidak mau keluar dari zona nyaman? Dan, bagaimana kita bisa sukses jika tidak mau belajar untuk merasakan kegagalan? 
 
Hindari pola pikir yang kaku dan tidak fleksibel, karena pola pikir yang seperti ini hanya akan membuat kita menganggap bahwa kehidupan yang kita miliki sekarang adalah yang paling baik dan sudah sangat cukup. Sehingga, muncul rasa ‘kepuasan’ di dalam diri kita, dan perasaan cepat puas seperti ini hanya akan membuat hidup kita tidak maju kemana-mana. Terus berdiam di tempat seperti kubangan air yang tidak mengalir, dan lama-lama akan menjadi air yang keruh. 

3. Pola Pikir: Tidak Malu untuk Belajar dari Kesalahan.

Setelah memiliki pola pikir yang berani untuk keluar dari zona nyaman, peluang kita untuk melakukan kesalahan pasti akan sangat tinggi. Dari kehidupan yang stabil dan tentram, tiba-tiba kita mencoba hal-hal baru yang membawa kita pada dunia yang baru. Sebagai pemula, kita akan membuat banyak kesalahan-kesalahan baru yang dapat kita pelajari. Namun, orang-orang sukses tidak pernah takut akan hal ini. Mengapa? Karena mereka adalah orang-orang yang berani belajar dari setiap kesalahan yang mereka perbuat. Dan, sikap inilah yang bisa membawa mereka menuju kesuksesan hidup yang diinginkan.

4. Pola Pikir: Selalu Ingin Tahu Banyak Hal. 

Setiap orang yang ingin mendapatkan kesuksesan hidup, sangat perlu memiliki pola pikir seperti ini. Mungkin rekan pembaca sudah sangat familiar dengan kata ‘kepo’? Nah, daripada menjadi seorang yang kepo dengan hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik kita menjadi pribadi yang kepo dengan hal-hal positif, ilmu pengetahuan, dan informasi-informasi penting yang bisa mendorong kita menjadi orang sukses. 
 
Rasa kepo atau rasa ingin tahu yang ditempatkan dengan baik akan mengubah kita menjadi pribadi yang berpengetahuan luas, berpikir luas dan terus berkembang menjadi lebih baik.
 

5. Pola Pikir: Selalu Bersyukur dan Tidak Iri terhadap Keberhasilan Orang Lain. 

Untuk meraih kesuksesan hidup, kita memang dituntut untuk menjadi pribadi yang tidak mudah merasa ‘puas’, sehingga kita terus melakukan berbagai macam usaha untuk meningkatkan kualitas diri dan meraih lebih banyak pencapaian hidup. Namun, bukan berarti hal itu harus menjauhkan kita dari ‘rasa bersyukur’. 
 
Para orang sukses tidak akan pernah lupa untuk bersyukur terhadap apa yang mereka miliki sekarang. Selain itu, mereka juga tidak pernah merasa iri dan dengki terhadap apa yang dimiliki orang lain, namun tidak ada pada diri mereka. Orang-orang sukses akan fokus terhadap apa yang mereka miliki, bukan dengan apa yang tidak mereka miliki. 

6. Pola Pikir: Berpikir Positif dan Menyebarkan Hal-hal Positif. 

Pernah tidak mendengar sebuah analogi bahwa “apa yang kita ucapkan adalah cerminan dari apa yang ada di dalam otak kita”. Ini benar loh! Orang-orang sukses akan selalu berusaha untuk berpikir positif, sehingga mereka juga bisa membawa kebaikan kepada orang-orang di sekitarnya. 
 
Hal terpenting lainnya, kita perlu mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang berpikir dan berperilaku positif, sehingga kita pun akan ikut menjadi orang yang baik dan positif seperti mereka. Perlu kita ingat bahwa kebaikan dan kejahatan itu menular, jadi terserah kepada kita ingin tertularkan dengan hal yang positif atau negatif. 
 

7. Pola Pikir: Selalu Ingin Hidup Sehat. 

Kenyataannya, bukan hanya pikiran kita loh yang perlu untuk dijaga kesehatannya, namun fisik kita juga harus selalu sehat. Logikanya, bagaimana bisa kita meraih kesuksesan yang kita inginkan, jika kita selalu jatuh sakit dan tidak menjaga kesehatan dengan baik? Hal ini membuat para orang sukses selalu ingin menjaga kesehatan tubuh mereka, karena tubuh yang sehat adalah kunci mencapai kesuksesan.
 

8. Pola Pikir: Tetap Bersemangat walaupun Dunia Tidak Bersahabat. 

Tantangan atau rintangan sekecil atau sebesar apapun, tidak akan pernah bisa menjatuhkan semangat orang-orang yang sudah bertekad untuk mendapatkan kesuksesan hidup mereka. Ini penting loh! Pola pikir yang terus membuat kita bersemangat akan membuat kita semakin dekat dengan kesuksesan yang diharapkan. 
 
Dari 8 pola pikir di atas, apakah rekan pembaca sudah memiliki semuanya? Jika belum, Yuk terus bersemangat untuk melatih diri kita dalam meraih kesuksesan dengan mempunyai 8 pola pikir hebat seperti di atas. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.