Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 8 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan ala Richard Branson

8 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan ala Richard Branson


STUDILMU Users
by Studilmu Editor
Posted on May 20, 2019

Apakah rekan-rekan Career Advice mengenal Richard Branson? Saya yakin semua rekan-rekan pembaca pasti mengenal Richard Branson dengan sangat baik. Siapa coba yang tidak kenal pengusaha kaya raya yang telah mendirikan banyak perusahaan hebat seperti, Virgin Records, Virgin Airlines, Virgin Express, Virgin Mobile, Hotel Virgin, Virgin Cruises dan Virgin Galactic. Ada begitu banyak bisnis yang dimilikinya, dan kesemuanya menghasilkan kesuksesan yang luar biasa. 
 
Pernah ga sih terpikir oleh rekan-rekan Career Advice, kira-kira apa ya kunci kebahagiaan dan kesuksesan yang Richard Branson miliki sampai-sampai kehidupannya bisa sebahagia dan sesukses ini? Richard memberikan 8 kunci kebahagiaan dan kesuksesan yang bisa kita terapkan agar bisa memiliki kehidupan yang bahagia serta sukses seperti dia. 

1. Jangan Mengukur Kesuksesan dengan Jumlah Uang yang Kita Hasilkan.
Seringkali kita mengukur kesuksesan dengan jumlah pendapatan yang didapatkan dari pekerjaan kita. Kita mulai merasa bahwa kita tidak sesukses teman-teman kita karena mereka memiliki pendapatan yang lebih banyak dibandingkan kita. Setiap bulannya kita selalu mendapatkan jumlah gaji yang sama, tanpa kenaikan apapun. Disitulah kita merasa bahwa kita telah gagal menjadi seorang yang sukses. 
 
Faktanya, kunci utama dan pertama yang Richard Branson berikan kepada kita adalah jangan pernah mengukur kesuksesan dengan jumlah pendapatan atau gaji yang kita dapatkan. Jika kita mengukur dengan cara itu, kita tidak akan bisa mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan yang kita harapkan. Lalu, dengan cara apa seharusnya kita bertindak lebih baik?
 
Menurut Richard Branson, kita semua perlu fokus membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Misalnya, berusaha untuk membuat lingkungan kerja dan pekerjaan kita menjadi tempat dan hal yang paling membuat kita nyaman. Setelah kenyamanan datang, kita akan semakin giat bekerja, dan hasilnya? uang akan datang dengan sendirinya. 
 
Dalam akun LinkedIn-nya, Richard Branson menulis status yang sangat luar biasa membuat para pengikutnya kagum loh! Dia menulis “Kesalahpahaman umum yang sering terjadi adalah menganggap uang sebagai metrik setiap pengusaha untuk menjadi sukses. Tidak, seharusnya tidak demikian. Saya tidak pernah berbisnis untuk menghasilkan uang”. 
 
Tidak peduli seberapa banyak pencapaian yang sudah kita dapatkan, kita tidak boleh cepat merasa puas. Sukses adalah target yang membuat kita untuk tetap bergerak, sukses selalu mengajak kita untuk tumbuh dan juga menghargai apa yang kita miliki sekarang. 
 
Jadi, jangan hilangkan kebahagiaan kita hanya karena berpikir bahwa uang adalah pengukur kesuksesan, namun buatlah diri kita bahagia dan nyaman dengan tempat kita sekarang, sehingga uang dan kesuksesan akan datang dengan sendirinya. 
 
2. Mengurangi Interaksi melalui Media Sosial dan Fokus Berinteraksi secara Tatap Muka. 
Ternyata bukan hanya kita yang sangat suka berinteraksi melalui media sosial, nyatanya Richard Branson juga menyukainya loh! Namun, Richard melihat hal ini sebagai sesuatu hal yang harus dibatasi dengan bijak. Terutama, jika itu menyangkut dengan orang-orang yang kita sayang, yang ada di sekitar kita. Tidak ada yang dapat menggantikan rasa kebahagiaan yang kita dapatkan ketika kita memiliki interaksi secara langsung dengan orang-orang yang kita cintai. 
 
Terlalu terbuai dengan media sosial tidaklah baik, itu hanya membuat kita merasa jauh dengan orang-orang terdekat kita dan merasa dekat dengan orang-orang yang sedang berjauhan dengan kita. 
 
Jangan sampai interaksi melalui media sosial mengganggu kebahagiaan kita, karena disaat rasa kebahagiaan dari orang-orang di sekitar kita berkurang, maka kita akan kesulitan untuk fokus dengan pekerjaan. Hasilnya? kesuksesan akan semakin jauh. 
 
“Tidak terlalu dalam mengarungi kehidupan media sosial adalah kunci kebahagiaan dan kesuksesan” –Richard Branson.

3. Merasa Bahagia dengan Apa yang Kita Lakukan.
Apabila sekarang rekan-rekan pembaca tidak merasa bahagia dengan apa yang Anda lakukan, maka kemungkinan besar rekan pembaca sedang melakukan hal yang salah. Bisa jadi karena hal tersebut bukan passion yang rekan pembaca miliki atau lingkungan serta orang-orang di dalamnya tidak mendukung kebahagiaan rekan pembaca. 
 
“Jangan bekerja untuk hidup, namun hiduplah untuk bekerja” ujar Richard Branson. Pekerjaan itu seharusnya menyenangkan dan membuat kita bahagia, jadi kita harus mengerjakan sesuatu yang membuat kita bahagia, agar kita lebih memaknai hidup ini dengan baik dan kesuksesan pun akan datang menghampiri kita. “Kegembiraan adalah salah satu unsur terpenting dalam hidup dan tidak bisa diremehkan, dengan merasa bahagia, maka menjalankan usaha apapun akan berhasil” tulis Branson.
 
4. Menemukan Hobi.
Kunci kebahagiaan dan kesuksesan lainnya menurut Richard Branson adalah menemukan hobi yang dapat mendorong kita untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah. Tahukah rekan rekan? Ternyata menghabiskan banyak waktu di luar rumah bisa mengatasi rasa stres dan kecemasan yang berlebih loh. 
 
Menurut Branson, ini adalah salah satu cara yang baik untuk membuat energi kita merasa terisi kembali. Dengan memiliki suasana hati yang sangat baik, kita akan merasa lebih ringan dalam menyelesaikan pekerjaan. Sehingga, akan lebih mudah bagi kita untuk meraih kesuksesan. 
 
5. Jangan Takut Memiliki Impian yang besar.
Memiliki impian yang besar akan membuat hidup kita terasa lebih “hidup”, bergairah dan bahagia. Dengan impian besar, kita tahu dan yakin bahwa kita dapat meraih kesuksesan, sehingga setiap harinya kita melalui kehidupan dengan semangat yang positif juga penuh kebahagiaan. 
 
Keberhasilan Branson dimulai dengan mimpi berani yang dimilikinya. Ketika dia meluncurkan Virgin Records dan terjun ke dalam industri music, Branson masih berusia 20-an. Semua orang disekitarnya mengatakan bahwa dia tidak akan pernah berhasil, namun Branson sama sekali tidak memperdulikannya. Memang sih, tidak ada yang bisa menjamin keberhasilan Branson pada saat itu, namun dengan impian besar yang dimilikinya telah menjadi motivasi besar yang memicu dirinya untuk terus maju ke depan. 
 
Buatlah diri kita bahagia dengan tidak terlalu memperdulikan omongan orang lain, cukup fokus saja dengan mengejar impian besar kita ya, rekan-rekan Career Advice.
 
6. Belajar, Belajar dan terus Belajar.
Fakta mengejutkan lainnya tentang Branson adalah, dia tidak pernah duduk di bangku perguruan tinggi, bahkan dia meninggalkan sekolah lebih awal. Meskipun begitu, Richard Branson sadar bahwa belajar adalah proses yang tidak pernah selesai sampai kapanpun. Itulah mengapa meskipun Branson tidak pernah belajar di perguruan tinggi, dia tetap tidak pernah berhenti belajar. Branson memandang kehidupan sebagai salah satu mata perkuliahan di universitas yang berlangsung sangat panjang. Tidak ada batasan semester atau tahun di dalamnya, namun universitas kehidupan ini berjalan selamanya, selama kita hidup. 
 
Menurut Branson, tidak ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan, karena kita selalu bisa belajar untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Tersenyumlah dan teruslah belajar untuk mendapatkan kesuksesan yang kita inginkan. 

7. Jangan Takut untuk Mencoba Hal-Hal Baru.
Kunci kebahagiaan dan kesuksesan lainnya adalah dengan tidak merasa takut untuk mencoba segala hal baru yang ada di dalam hidup. Hal-hal baru bisa membawa kita kepada kebahagiaan yang belum pernah kita rasakan sebelumnya, dan tentunya kesuksesan selalu datang dari hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Branson tidak pernah takut untuk mengiyakan konsep, ide, dan tugas-tugas baru. Inilah mengapa dia bisa mencapai kesuksesannya seperti sekarang ini.
 
8. Jadikan Kebahagiaan sebagai Kebiasaan.
Ketika kita membuat kebahagiaan menjadi sebuah kebiasaan, maka kita akan merasa bahagia setiap saat dan setiap momen di dalam hidup kita akan terasa lebih indah. Mengapa? Karena sebuah kebiasaan berarti suatu hal yang kita terapkan secara rutin, tidak pernah ditinggalkan sama sekali. 
 
Branson mendorong kita untuk berhenti mengejar kebahagiaan seolah-olah itu adalah tujuan yang sangat jauh dan sulit untuk diperoleh. “Kebahagiaan ada tepat di depan kita dan yang perlu kita lakukan hanyalah mengenalinya dan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan”- Richard Branson. 
 
Itulah 8 kunci kebahagiaan dan kesuksesan ala Richard Branson yang bisa kita terapkan dari sekarang demi meraih kebahagiaan dan kesuksesan kita masing-masing. Jika Richard Branson saja menjadikan hidup menjadi lebih sederhana seperti itu, mengapa kita tidak bisa? Selamat mencoba dan selamat mendapatkan kebahagiaan serta kesuksesan ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices
5 Cara Pengusaha Sukses Tetap Bahagia

5 Cara Pengusaha Sukses Tetap Bahagia

7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis

7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis

10 Kesalahan Fatal yang Menghancurkan Bisnis Plan

10 Kesalahan Fatal yang Menghancurkan Bisnis Plan

Etika Memuji Rekan Kerja di Lingkungan Kerja

Etika Memuji Rekan Kerja di Lingkungan Kerja

Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik

Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik

3 Alasan Cerita Singkat Baik untuk Bisnis

3 Alasan Cerita Singkat Baik untuk Bisnis

Menjual Produk dan Jasa melalui Cerita Singkat

Menjual Produk dan Jasa melalui Cerita Singkat

4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

Peranan E-Learning dalam Pengembangan Karier

Peranan E-Learning dalam Pengembangan Karier

3 Pikiran Negatif yang Menghambat Kebahagiaan dalam Karier

3 Pikiran Negatif yang Menghambat Kebahagiaan dalam Karier

Bagaimana Cara Mengembangkan E-Learning atau Pembelajaran Online?

Bagaimana Cara Mengembangkan E-Learning atau Pembelajaran Online?

4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan

4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan

6 Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat

6 Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat

5 Cara Menguji Strategi Bisnis yang Baru di Media Sosial

5 Cara Menguji Strategi Bisnis yang Baru di Media Sosial

10 Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Karier Cemerlang

10 Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Karier Cemerlang

5 Manfaat Menjaga Kebahagiaan Sejati Karyawan bagi Perusahaan

5 Manfaat Menjaga Kebahagiaan Sejati Karyawan bagi Perusahaan

Bisakah Memasarkan Bisnis Startup Sendirian?

Bisakah Memasarkan Bisnis Startup Sendirian?

11 Cara Memiliki Pola Pikir untuk Berani Memulai Bisnis

11 Cara Memiliki Pola Pikir untuk Berani Memulai Bisnis

7 Rahasia Menjadi Tangguh di Dunia Kerja

7 Rahasia Menjadi Tangguh di Dunia Kerja

10 Cara Membawa Rasa Bahagia di dalam Tim Kerja

10 Cara Membawa Rasa Bahagia di dalam Tim Kerja

4 Cara Menuju Pensiunan Dini di Umur 40 Tahun

4 Cara Menuju Pensiunan Dini di Umur 40 Tahun

5 Cara Meningkatkan Etika Kerja di Perusahaan Indonesia

5 Cara Meningkatkan Etika Kerja di Perusahaan Indonesia

5 Strategi untuk Menang dalam Presentasi Bisnis

5 Strategi untuk Menang dalam Presentasi Bisnis

3 Tingkat Kesadaran Diri

3 Tingkat Kesadaran Diri

10 Cara untuk Mulai Mengasah Strategi Pemasaran

10 Cara untuk Mulai Mengasah Strategi Pemasaran

3 Pertanyaan Sebelum Memulai Bisnis dan Menjadi Pengusaha

3 Pertanyaan Sebelum Memulai Bisnis dan Menjadi Pengusaha

5 Karakter Buruk Generasi Milenial yang Diperlukan dalam Bisnis

5 Karakter Buruk Generasi Milenial yang Diperlukan dalam Bisnis

11 Fakta Mengejutkan tentang Kepribadian Manusia

11 Fakta Mengejutkan tentang Kepribadian Manusia

35 Karakteristik Wirausaha

35 Karakteristik Wirausaha

5 Manajemen Krisis untuk Mengubahnya Menjadi Peluang

5 Manajemen Krisis untuk Mengubahnya Menjadi Peluang