Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 7 Trik Manajemen Waktu untuk Para Milenial

7 Trik Manajemen Waktu untuk Para Milenial


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen Waktu? 

Mungkin rekan-rekan Career Advice sering mendengar perkataan, “Anda harus bisa memiliki manajemen waktu yang baik agar dapat meraih kesuksesan”. Namun, apakah kita tahu apa yang dimaksud dengan manajemen waktu? Manajemen waktu adalah perencanaan waktu yang dilakukan individu untuk mengorganisir waktu yang mereka miliki selama 24 jam. Pentingnya manajemen waktu hampir sama pentingnya dengan manajemen keuangan. Bahkan, sebagian orang mengatakan bahwa manajemen waktu jauh lebih penting karena waktu adalah aset yang paling berharga di dalam kehidupan kita. Uang memang bisa habis, namun kita bisa berusaha untuk mendapatkannya lebih banyak lagi. Akan tetapi, waktu yang telah berlalu tidak dapat diputar kembali. Itulah mengapa menerapkan manajemen waktu yang baik sangatlah penting. 
 
Nah, sudah banyak sekali nih orang-orang yang mulai menyadari pentingnya manajemen waktu. Mulai dari para ahli, pebisnis, pengusaha dan orang-orang sukses yang menggembar-gemborkan pentingnya manajemen waktu, manfaat manajemen waktu dan tujuan manajemen waktu melalui materi manajemen waktu yang disampaikan pada seminar-seminar bisnis atau penjelasan melalui makalah manajemen waktu, serta buku-buku yang bermanfaat. Salah satu contoh manajemen waktu adalah membuat jadwal harian, sehingga kita tahu kegiatan apa saja yang akan kita lakukan pada hari tersebut dan waktu yang digunakan akan menjadi sangat efektif.  
 
Dalam manajemen waktu, kita juga mengenal beberapa prinsip manajemen waktu yang harus dipegang teguh, diantaranya adalah menghargai waktu dengan baik, menetapkan tenggat waktu (deadline), menyusun rencana jangka panjang dan lain sebagainya. 
 

Benarkah Generasi Milenial Perlu Memiliki Manajemen Waktu yang Baik? 

Siapa yang setuju bahwa generasi milenial juga perlu memiliki manajemen waktu yang baik dan tepat? Kami yakin semua rekan-rekan Career Advice pasti sangat setuju dengan pertanyaan ini. Sebenarnya, manajemen waktu itu bukan hanya penting bagi generasi milenial saja, hanya saja generasi milenial sekarang sudah mulai mendominasi dunia kerja dan mereka juga sudah bertransformasi menjadi para eksekutif muda yang sibuknya minta ampun! 
 
Jadi, manajemen waktu itu sangat penting bagi mereka agar para pekerja milenial dapat mengatur waktunya dengan efisien dan efektif dalam meraih segala tujuan yang mereka harapkan, terutama tujuan karier. 
 
Artikel ini akan sangat bermanfaat bagi generasi milenial dan para pekerja dari generasi lain yang sedang bekerja dengan generasi milenial. Selain itu, artikel ini bertujuan untuk membangun loyalitas generasi milenial dalam menghargai waktu yang mereka miliki, sehingga mereka akan terhindar dari segala kegiatan yang kurang bermanfaat dan kurang produktif. 
 
Menurut website appointment plus dot com, ada 7 trik manajemen waktu yang sangat bermanfaat untuk diterapkan para pekerja milenial. Wah! Kira-kira apa saja ya? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Pastikan Kita Memiliki Pikiran yang Tenang. 

Pikiran yang tenang akan menciptakan ide-ide yang brilian karena pikiran yang tenang akan mengizinkan kita untuk berpikir secara tenang. Nah, trik manajemen waktu yang pertama dan paling penting untuk diterapkan oleh para milenial adalah menenangkan pikiran mereka sehingga merasa sedamai mungkin. 
 
Ketika menenangkan diri, coba ingat-ingat kembali kegiatan penting apa saja yang harus dilakukan pada hari, minggu, dan bulan tersebut. Dalam hal ini, para milenial bisa menggunakan pengingat digital. 
 
Yap! Seperti yang kita ketahui bahwa generasi milenial tumbuh di era digital dengan perkembangan teknologi yang sangat luar biasa. Jadi, tidak ada salahnya jika para pekerja milenial mengandalkan pengingat digital mereka. 
 
Akan tetapi, ketika segala kesibukan yang ada dari pekerjaan milenial semakin mengganggu pikiran mereka untuk berpikir tenang dan memikirkan tugas-tugas lain yang lebih penting, maka generasi milenial perlu melakukan kegiatan lain yang dapat menenangkan pikiran mereka, misalnya minum teh sebelum memulai aktivitas di pagi hari atau melakukan meditasi selama beberapa menit. 
 
Dua contoh kegiatan tersebut bukan hanya dapat mengurangi stres kita, namun juga dapat meningkatkan fokus kita. Sehingga, kita bisa berpikir dengan jernih tentang tugas apa yang harus kita prioritaskan, kegiatan penting apa yang belum kita catat di jadwal pengingat atau belum dipasang di pengingat digital, dan lain sebagainya. 
 
Jadi, pastikan rekan-rekan milenial menenangkan diri terlebih dahulu ya sebelum melangkah ke trik manajemen waktu selanjutnya.
 

2. Pastikan Kita Menetapkan Tujuan yang Tepat, Ya! 

Hei generasi milenial, taktik manajemen waktu yang kedua ini juga sangat perlu untuk diterapkan ya. Alasannya, taktik kedua ini sangat sejalan dengan karakteristik utama para generasi milenial yang selalu menginginkan kejelasan di dalam hidupnya, dan juga selalu mengharapkan peningkatan karier yang cepat. Nah untuk meraih semua itu, para pekerja milenial perlu memiliki manajemen waktu yang baik dan tepat. 
 
Dalam menyusun manajemen waktu, rekan-rekan milenial perlu menetapkan tujuan yang tepat. Nah tujuan ini terbagi menjadi dua yaitu, tujuan untuk kehidupan pribadi dan tujuan profesional di dalam karier kita. Penetapan tujuan yang tepat akan membawa kita pada manajemen waktu yang baik, karena kita akan memahami hal-hal apa saja yang perlu kita hindari dan hal-hal apa saja yang perlu kita prioritaskan. 
 

3. Sekarang, Waktunya Menyusun Jadwal!

Menenangkan diri sudah dilakukan, menetapkan tujuan yang tepat juga sudah disusun, nah sekarang waktunya rekan-rekan milenial menyusun jadwal yang tepat. Menyusun jadwal benar-benar harus dilakukan secara rinci. Jangan sampai ada yang terlewatkan, terutama kegiatan, pertemuan atau janji yang penting.  
 
Selain itu, dalam menyusun jadwal kita juga perlu menyusunnya dari prioritas yang paling penting sampai pada kegiatan yang masih bisa diundur untuk sementara. Maksudnya, bukan berarti kegiatan atau tugas kerja yang diundur adalah hal yang tidak penting, namun kita perlu memprioritaskan segala hal yang kedudukannya harus diselesaikan lebih cepat. Dengan begitu, kita dapat memiliki manajemen waktu yang baik tanpa tergesa-gesa dikejar oleh tenggat waktu (deadline). 

4. Kuasai Teknik Olahraga secara Singkat.  

Sesibuk apapun, para pekerja milenial harus tetap menjaga kesehatan tubuh mereka dengan berolahraga. Ups! Tapi bagaimana jika waktu yang milenial miliki tidak cukup untuk pergi ke gym atau pusat olahraga lainnya? Tenang saja, sekarang kan sudah banyak tersebar video workout seperti, “latihan selama 7 menit di rumah” atau video-video panduan olahraga lainnya yang bisa kita lakukan di rumah. Jadi, rekan-rekan milenial bisa tetap berolahraga di rumah sebelum memulai aktivitas harian. 
 
Dengan begitu, waktu yang rekan pembaca miliki untuk menyelesaikan tugas-tugas di kantor atau menghadiri beberapa pertemuan kerja yang penting, tetap tidak akan terganggu hanya karena olahraga singkat yang rekan pembaca terapkan. Yap! Ini adalah pilihan yang solid agar rekan-rekan milenial tetap bisa melanjutkan hari Anda yang sangat sibuk itu. 

5. Yuk, Siapkan Makanan Kita Sendiri. 

Salah satu kegiatan yang cukup memakan waktu adalah menyiapkan makanan. Terkadang kita merasa bingung, menu makanan apa yang akan kita bawa ke kantor hari ini, apa yang akan kita masak untuk menu makan malam sepulang dari kantor, dan lain-lainnya. 
 
Nah, taktik manajemen waktu yang keempat ini menyarankan rekan-rekan milenial untuk mempersiapkan makanan secara mingguan. Yap, mingguan! Maksudnya disini, rekan-rekan pembaca sudah harus menyusun menu makanan apa saja yang akan rekan pembaca masak selama satu minggu kedepan. Well, ini bisa Anda lakukan di hari minggu sore atau malam kok, ketika rekan pembaca sedang memiliki waktu yang senggang. Oya, pastikan juga rekan pembaca sudah menyimpan bahan-bahan masakan yang diperlukan ya, jadi rekan pembaca tidak perlu pergi ke pasar, tukang sayur atau supermarket setiap harinya (ini hanya akan memakan waktu!). Dengan menerapkan taktik ini, rekan-rekan milenial tidak akan merasa pusing lagi deh untuk memikirkan “Besok gue bawa bekal apa ya ke kantor?”
 

6. Kurangi Keterkaitan Diri dengan Dunia Sosial dan Teknologi.  

Tenang saja, kami sangat mengerti bahwa para karyawan milenial memang tumbuh dengan segala perkembangan teknologi yang sangat luar biasa. Apalagi mereka bisa juga disebut sebagai makhluk digital, jadi rasanya tidak adil jika mereka harus berjauhan dengan media sosial dan teknologi dalam waktu yang cukup lama. 
 
Akan tetapi, generasi milenial perlu menyadari bahwa manajemen waktu itu sangat penting. Sayangnya, media sosial dan ponsel pintar seringkali mengalihkan perhatian dan fokus kerja kita dari pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya kita prioritaskan.Oleh karena itu, kami menyarankan rekan-rekan milenial untuk mengurangi keterikatan dirinya dengan media sosial dan teknologi. 
 
Jangan khawatir, selama tiga jam mengerjakan bahan presentasi untuk rapat kerja tanpa membuka media sosial tidak akan membuat akun media sosial Anda lari kok! Jadi, pastikan untuk tidak “diperbudak” oleh media sosial dan segala teknologi yang kita miliki ya. Membuka media sosial sebentar untuk refreshing boleh kok, tapi pastikan untuk tidak kelewatan dari waktu yang telah ditentukan ya. 

7. Jangan Lupa untuk Tetap Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup. 

Sains membuktikan bahwa manusia tetap bisa bertahan jika tidak makan dalam waktu beberapa hari, namun manusia bisa meninggal dunia dengan cepat jika mereka tidak tidur (istirahat) dalam beberapa hari. Wah! Hasil sains ini menunjukkan bahwa memiliki waktu istirahat yang cukup itu jauh lebih penting daripada makan. Meskipun kita semua tahu bahwa kita tetap perlu makan untuk bisa bertahan hidup. 
 
Menyusun jadwal yang baik dan memiliki manajemen waktu yang efektif sama saja seperti memberikan waktu istirahat yang cukup setiap harinya. Jadi, pastikan rekan-rekan milenial memiliki waktu tidur yang cukup dan nyenyak setiap malam hari agar rekan pembaca dapat menjalani hari dengan baik di keesokan harinya. 
 
Nah, itu dia 7 trik manajemen waktu yang bisa rekan-rekan milenial terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah membaca artikel di atas, kami berharap rekan-rekan pembaca semakin hebat nih dalam manajemen waktunya. Selamat menerapkan 7 trik di atas ya, rekan-rekan Career Advice.