×
STUDILMU Career Advice - 7 Rahasia Menjadi Tangguh di Dunia Kerja
Motivation

7 Rahasia Menjadi Tangguh di Dunia Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Bagi rekan-rekan Career Advice yang baru saja lulus perkuliahan dan memasuki dunia kerja, kami ucapkan selamat datang di “kehidupan yang sesungguhnya”.  Dunia kerja terdiri dari berbagai macam tantangan yang tidak akan pernah kita bayangkan sebelumnya. Bahkan, bagi kebanyakan orang yang sudah berkecimpung di dunia kerja sebelumnya, mereka juga masih mencari-cari cara untuk bisa bertahan dengan segala tantangan kerja dan perubahan yang datang silih berganti. Yap! dunia kerja adalah dunia yang sangat dinamis. 
 
Namun, untuk terus bertahan dan menjadi semakin terdepan, kita perlu belajar keterampilan ketahanan yang akan membuat kita menjadi individu yang tangguh. Pada artikel kali ini, kami akan membocorkan 7 rahasia untuk menjadi tangguh di dunia kerja. Menurut website entrepreneur beberapa rahasia ini akan sangat ampuh untuk diterapkan, terutama bagi kita yang ingin memiliki mental tangguh di dunia kerja. 

1. Berani Melawan Rasa Takut.  

Resep pertama untuk bisa menjadi seorang yang tangguh adalah berani melawan rasa takut. Rasa takut adalah perasaan wajar yang pasti dimiliki oleh semua orang di muka bumi ini. Itulah mengapa, rasa takut hadir untuk dihadapi dan dikendalikan, bukan untuk dibiarkan agar bisa mengontrol diri kita. Dengan kata lain, jangan biarkan rasa takut menghancurkan segalanya. 
 
Bukti bahwa rasa takut dapat membuat karier kita di dunia kerja menjadi mandek misalnya, presentasi pertama kita dengan klien membuat diri kita menjadi sangat takut. Jika kita biarkan, rasa takut itu akan membuat kita kaku di hadapan klien. Hasilnya? klien akan merasa ragu dengan apa yang kita sampaikan. 
 
Cobalah untuk melawan segala rasa takut yang ada dan kita akan menjadi orang yang tangguh. Tidak peduli seberapa banyak pun rekan-rekan kerja yang iri dengan kinerja kita, kita tidak akan merasa takut pada mereka. Malahan, kita akan terlihat sangat tangguh di hadapan mereka. 
 

2. Mau Belajar dari Kegagalan. 

Kegagalan bukan hanya perlu diterima dengan lapang dada, namun kita juga harus memiliki mental yang “mau belajar dari kegagalan”. Tidak banyak loh orang yang mau belajar dari kegagalannya di masa lalu. Itulah mengapa masih banyak orang yang jatuh ke lubang yang sama, meskipun mereka sudah pernah mengalami kegagalan tersebut sebelumnya. 
 
Kira-kira apa penyebabnya? Tentu saja karena mereka tidak mau belajar dari pengalaman buruk yang sudah terjadi. Orang-orang yang tangguh di dunia kerja akan selalu menghargai kegagalan mereka di masa lalu. Kegagalan bukan hanya membawa kita kepada peluang emas yang lain, namun juga melatih kita untuk menjadi lebih bijak dari sebelumnya. 
 

3. Kelilingi Diri dengan Orang-orang Positif. 

Hidup tidak akan menawarkan hal-hal indah setiap harinya, begitu juga dengan dunia kerja. Seperti yang sudah kami sampaikan di awal bahwa dunia kerja selalu berisi dengan tantangan-tantangan yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. 
 
Apa yang bisa kita lakukan ketika sedang dalam kondisi terburuk seperti, demotivasi atau stres? Coba datangi orang-orang yang selalu memberikan aura positif kepada kita. Itulah mengapa penting bagi kita untuk memiliki rekan-rekan yang selalu mendukung kita, baik di masa-masa sulit sekalipun.  
 
Misalnya, rekan pembaca sudah menghubungi 10 calon pelanggan baru hari ini, namun tidak ada satupun dari mereka yang tertarik untuk membeli produk perusahaan Anda. Akibatnya, rekan pembaca merasa stres dan pusing karena dikejar-kejar dengan tenggat waktu. Untuk tetap tangguh dan tegar, cobalah untuk menghubungi beberapa pelanggan setia dengan menanyakan kabar mereka dan umpan balik dari produk. 
 
Sudah dipastikan pelanggan setia akan memberikan umpan balik yang positif kepada kita, dan tentunya dengan nada yang baik. Ketika kita mendengarnya, kita akan merasa bersemangat kembali dan termotivasi untuk mencari pelanggan-pelanggan baru lainnya. 
 

4. Curhat dengan Rekan Kerja yang Terpercaya. 

Memiliki rekan kerja yang dapat dipercaya dan tidak suka membocorkan gosip adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki di dunia kerja. Ketika kita sedang merasa down dan perlu teman untuk bercerita, rekan-rekan kerja yang terpercaya adalah orang-orang yang sangat kita perlukan. 
 
Di lain waktu, mereka juga akan bercerita tentang hari-hari mereka yang buruk. Disitulah kita bisa berperan aktif untuk menjadi pendukung mereka. Dengan begitu, kita akan memiliki hubungan kekerabatan yang saling mendukung untuk kesuksesan karier. Jadi, apakah rekan pembaca sudah memiliki rekan kerja yang terpercaya? Jika sudah, jaga terus hubungan kalian ya, karena mereka adalah orang-orang yang akan membuat kita tangguh di dunia kerja. 

5. Memperluas Koneksi Kerja. 

Bergaul dengan orang-orang hebat juga akan membuat kita menjadi individu yang tangguh loh! Ketika kita mencoba untuk memperluas koneksi kerja, kita akan bertemu dengan banyak orang-orang hebat dan sukses. Manfaat yang akan kita dapatkan dari memperluas koneksi bukan hanya mendapatkan channel kerja yang lebih baik, namun kita dapat mempelajari pengalaman-pengalaman berharga yang dimiliki para orang sukses tersebut. 
 
Ketika berkenalan dengan orang baru, mereka mungkin akan bercerita tentang pengalaman jatuh bangun yang dirasakan demi membuat produk mereka laris dan terkenal seperti sekarang, atau bagaimana mereka jalan kaki berkilo-kilo meter untuk melamar pekerjaan dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, apalagi dulu website untuk melamar pekerjaan belum ada. 
 

6. Berdiskusi dan Bertukar Pikiran. 

Rahasia keenam ini juga akan sangat membantu dan melatih kita menjadi pribadi yang tangguh di dunia kerja. Tidak peduli sesenior apapun kita, tetap saja akan ada orang-orang yang jauh lebih senior daripada kita. Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengalaman jauh lebih banyak dan hebat dari kita. 
 
Ketika masalah dalam pekerjaan akan menjatuhkan kita, segeralah berdiskusi dan bertukar pikiran dengan para senior kita. Dengan begitu, mereka akan memberikan kita pencerahan tentang bagaimana seharusnya kita bersikap. 
 

7. Jangan Lupa untuk Beristirahat. 

Apabila rekan-rekan Career Advice sudah mencoba keenam rahasia di atas, namun belum berhasil. Tetap bertenang, ya. Rahasia terakhir yang bisa dilakukan oleh rekan-rekan Career Advice adalah beristirahat dan menenangkan diri sejenak. Semua permasalahan akan mudah untuk diselesaikan jika kita menghadapinya dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih. 
 
Istirahatkan mental kita dari segala hal yang membuat kita frustasi. Ini bukan berarti kita lari dari semua permasalahan yang ada, namun kita hanya pergi sejenak untuk datang kembali dengan kekuatan mental yang lebih kuat. 
 
Setelah membaca 7 rahasia di atas, penting bagi rekan-rekan pembaca untuk selalu mengingat bahwa ketangguhan di dalam dunia kerja sangat amat diperlukan oleh setiap orang. Masalah tidak hanya mengincar satu ada dua orang saja, namun semua manusia yang ada di muka bumi ini. Untuk menjadi tangguh adalah sebuah pilihan yang tepat. Jadi, selamat berjuang untuk menjadi tangguh ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice