×
STUDILMU Career Advice - 7 Metode Ini Membuat Kita Lebih Disiplin
Self Improvement

7 Metode Ini Membuat Kita Lebih Disiplin

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Semua orang ingin memiliki karier yang sukses, namun hanya sedikit orang yang mau untuk konsisten dan disiplin dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Pada artikel ini saya mengajak semua pembaca Career Advice untuk belajar mengembangkan kedisiplinan diri setiap harinya. 
 
Namun sebelum kita berusaha mendisiplinkan diri, ada baiknya kita memahami arti dari “disiplin” terlebih dahulu. Disiplin mengajarkan kita untuk mengendalikan pikiran, menjadi bahagia dalam situasi apapun, memvisualisasikan emosi positif dan memicu suasana hati yang optimis. Disiplin membangun kepercayaan diri, kekuatan mental dan fisik, dan menginspirasi kita untuk tumbuh sebagai manusia yang lebih baik. Ini akan menghasilkan kemampuan untuk menikmati hidup dengan cara yang lebih dalam dan lebih bermakna, namun tetap terarah. 
 
Yuk, kita simak tujuh metode utama berikut ini, untuk mengembangkan disiplin harian:
 

1. Miliki Tujuan yang Besar

Ketika kita menantang diri sendiri untuk mencapai tujuan yang lebih besar, pastinya kita benar-benar mendedikasikan segala kemampuan diri untuk mencapai tujuan besar tersebut. Semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk itu, semakin kita menjadi pribadi yang disiplin dan komitmen. Setelah kita menghabiskan begitu banyak keringat, waktu dan tenaga untuk itu, lalu kita berhenti atau lengah, di saat itu juga kita akan merasa kalah. Semakin besar tujuan yang kita targetkan, maka harus semakin besar usaha kita untuk menjadi seorang yang disiplin.
 

2. Miliki Tujuan yang Jelas

Tujuan yang kita miliki bukan hanya harus besar, namun juga jelas. Dengan memiliki target yang jelas, kita akan mengetahui apa yang harus kita raih dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencapainya. 

3. Setiap Hari adalah Kesempatan Emas

Tidak ada hari yang lebih penting atau tidak begitu penting. Semua hari menawarkan kesempatan emas, bahkan setiap saat, itulah mengapa penting bagi kita untuk menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. Ketika kita bangun di pagi hari, apakah kita tahu apa yang paling penting untuk dicapai pada hari itu? Setiap tujuan, setiap prioritas, yang telah kita tetapkan untuk diri sendiri harus dilakukan. Dengan melakukan hal tersebut, ini akan menentukan apakah impian kita masih hidup atau mati?  
Selalu ada harapan baru di setiap harinya, dan mendisiplinkan diri adalah cara paling terbijak untuk menyambut harapan tersebut.

4. Bangun Pola Pikir yang Kuat 

Dengan memiliki pola pikir yang kuat, kita akan siap untuk menghadapi apapun karena dasar pemikiran yang kita punya sudah sangat kuat. 
 
Apapun tantangannya, kita harus menciptakan tekanan untuk diri sendiri, jika tidak, tidak ada yang bisa dilakukan. Ada stres yang baik dan stres yang buruk, dan kita harus memastikan bahwa kita sedang menuju ke arah tekanan yang baik. 

5. Miliki Rutinitas, Patuhi dan Komitmen

Kebanyakan orang sukses pasti memiliki jadwal yang pasti, dan mereka mematuhinya. Melanggarnya sesekali itu memang manusiawi, tetapi mereka pasti akan menggantinya dengan aktivitas bermanfaat lainnya
 
Anda harus tahu kapan harus berolahraga, istirahat, makan siang, tidur, dan kapan harus mencurahkan sepenuh energi untuk menyelesaikan semua tanggung jawab kerja yang dimiliki.  Dengan mengikuti rutinitas yang sama terus-menerus, ini akan menciptakan sebuah konsistensi yang mengarah kepada kedisiplinan diri. 
 
Sikap disiplin secara tidak langsung akan mempersiapkan kita menuju kemenangan karier dan membuat pola hidup kita menjadi teratur. Jadi, segera buat jadwal rutinitas Anda, lakukan dengan berpegang teguh pada hal itu sampai menjadi sebuah kebiasaan yang tidak dapat terpisahkan dari diri. 
 
Lalu, bagaimana dengan komitmen?
 
kita harus berhati-hati di mana kita akan menghabiskan waktu, karena kita tidak akan bisa berhenti, dan kita harus menyelesaikan apa yang sudah kita pilih, sampai akhir atau sampai semuanya benar-benar terselesaikan dengan baik. 
 
Jadi, sebelum kita memilih suatu tujuan, pertimbangkan dengan baik apakah Anda akan berkomitmen untuk hal tersebut dalam waktu yang lama, atau tidak. 

6. Memahami Proses Transformasi

Secara alamiah, tubuh dan otak kita akan melakukan apa saja untuk melawan perubahan dan pertumbuhan. Kita perlu tahu bahwa wajar untuk merasa malas dan tidak disiplin, namun perlu diketahui juga bahwa sebagai manusia, kita memiliki semua kekuatan untuk melawannya. Dan segalanya dapat bermula dari niat dan pikiran yang kuat dalam memahami proses transformasi ini. 

7. Jangan Andalkan Mood

Bagian tersulit tentang disiplin adalah mempertahankan tindakan yang diperlukan, namun saat mood tidak mendukung, kita mulai kelabakan untuk mempertahankan apa yang harus kita kerjakan. 
 
Yap! saya tahu bahwa ini membutuhkan kerja keras yang konstan dan berjuang melawan kenyamanan dan kesenangan yang instan. Untuk melakukannya, kita harus memisahkan diri dari perasaan yang menghalangi diri untuk menjadi disiplin, seperti kelelahan, malas atau terlalu memanjakan diri. Kita harus melawan semua perasaan tersebut. Ingatlah, disiplin adalah modal utama seorang pejuang untuk dapat menjadi sukses. 
 

Kesimpulan

Hidup menawarkan banyak kesulitan serta tantangan yang sering membuat hidup kita terasa amat keras. Tapi kita mesti ingat bahwa dengan mengandalkan kedisiplinan, bukan berarti kita bersikap keras dengan diri kita sendiri. Kedisiplinan adalah modal utama untuk menguatkan mental kita dalam menghadapi setiap tantangan yang ada. Jangan pernah keberatan untuk melakukan perjuangan yang lebih karena kita tidak akan tahu kesempatan apa yang akan datang untuk kita mencapai tujuan karier yang lebih baik. Dengan mengetahui bagaimana cara untuk disiplin dalam bekerja, ini akan membantu kita dalam mengendalikan hidup menjadi lebih baik. 
 
Siapapun dapat mengembangkan disiplin karena ini bukan sebuah keterampilan dan tidak akan rumit jika kita benar-benar konsisten dalam menjalankannya, yang kita perlukan hanyalah berlatih, berlatih dan berlatih! 

Featured Career Advice