×
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif
Self Improvement

7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice, ada banyak tantangan yang berada di luar kendali kita, seperti keluarga tempat kita lahir, peristiwa yang tidak terduga, keadaan darurat yang tidak dipersiapkan sebelumnya, dll. Hal yang dapat kita kendalikan hanyalah pikiran dan cara kita merawat diri sendiri. Hidup sudah sulit, jadi, kita tidak perlu melakukan hal-hal yang dapat membuat kita semakin sulit dan menimbulkan lebih banyak rasa sakit. Satu hal yang dapat kita lakukan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun adalah mengistirahatkan diri.
 
Pikiran negatif yang kita miliki dapat menyebabkan kerusakan besar bagi diri sendiri. Jadi, kita harus mengendalikan pikiran semaksimal mungkin, terutama dari hal-hal negatif yang merugikan kita. Untuk itulah, dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghilangkan pikiran negatif. Bagaimana Anda bisa menghentikan pikiran negatif dan mulai berpikir positif agar segala sesuatu dapat menjadi lebih baik lagi? Mari kita simak cara dibawah ini.

1. Tarik napas.

Cara menghilangkan pikiran negatif yang pertama adalah dengan menarik napas. Ketika Anda mengalami kegagalan, Anda bisa saja melumpuhkan diri Anda dengan ketakutan. Anda cenderung menyalahkan diri sendiri dan merasa buruk dengan diri sendiri. Inilah saat yang penting untuk mengambil napas dalam-dalam. Pikiran negatif akan membuat detak jantung Anda berdetak lebih cepat. Maka, tarik napas dalam-dalam untuk memperlambat detak jantung Anda dan menenangkan Anda. Jadi, kapanpun Anda mulai memiliki pikiran negatif dan merasa kewalahan, berhenti dan tarik napas dalam-dalam untuk menenangkan Anda.
 

2. Akui saja

Cara menghilangkan pikiran negatif yang kedua adalah dengan mengakuinya. Ketika Anda mulai memiliki pikiran negatif, akui saja. Anda tidak bisa menghilangkan pikiran negatif tersebut dengan mengabaikannya. Anda harus mengakuinya terlebih dahulu sebelum Anda mengatasinya. Memang sulit untuk mengakui saat rasa takut, ragu dan khawatir mendatangi Anda. tetapi mereka akan terus menghampiri Anda jika Anda mengabaikannya. Jadi, akui dan jangan abaikan pikiran negatif yang mendatangi Anda.

3. Cari tahu penyebabnya.

Cara menghilangkan pikiran negatif yang ketiga adalah dengan mencari tahu faktor penyebabnya. Apa akar dari pikiran negatif yang muncul? Apakah Anda ketakutan? Apakah Anda mengalami keraguan akan diri Anda? Apakah Anda baru saja mengalami kegagalan? Apakah Anda mengalami depresi? Mengapa pikiran negatif tersebut memasuki Anda dan menghentikan Anda? Luangkan waktu untuk merenungkan penyebabnya dan menemukan cara untuk mengatasinya.
 
Jika Anda takut, redakan ketakutan itu. Itu mungkin hanya berada di pikiran Anda saja. Jika Anda merasa ragu dengan diri sendiri, katakan pada diri sendiri bahwa semua orang pasti mengalami kegagalan. Satu-satunya cara untuk menghadapinya adalah bangkit dari kegagalan tersebut. Carilah akar yang menimbulkan pikiran negatif sehingga Anda dapat menemukan cara untuk mengatasinya. 
 

4. Berhenti mengharapkan kesempurnaan.

Cara menghilangkan pikiran negatif yang keempat adalah dengan berhenti mengharapkan kesempurnaan. Jangan mengharapkan kesempurnaan jika Anda baru saja memulai. Tidak ada satu orang pun yang sempurna. Dan sangatlah wajar jika Anda mengalami kegagalan. Kegagalan merupakan bagian dari kehidupan. Rangkul kegagalan Anda, bangkit dan tinggalkan kegagalan tersebut. Berjalan maju mengejar tujuan Anda. Ini akan membuat Anda lebih bahagia dan lebih percaya diri. Ketika Anda melakukan kesalahan, itu wajar dan masih bisa diterima. Tetaplah berjalan maju. 
 

5. Kelilingi diri Anda dengan hal positif.

Cara menghilangkan pikiran negatif yang kelima adalah mengelilingi diri dengan hal positif. Dengan begitu, Anda akan lebih memiliki energi dan motivasi yang positif. Nyalakan lagu yang dapat meningkatkan suasana hati Anda. Atau bisa juga dengan menonton video bahkan film yang memotivasi dan menginspirasi Anda. Menelpon keluarga ataupun teman dekat saat Anda mengalami hari-hari yang buruk juga dapat menjadi cara untuk tetap positif. Begitu juga berolahraga. Berolahraga akan melepaskan ion-ion negatif dan membuat Anda menjadi segar kembali.
 
Ketika Anda merasa sedih, angkat diri Anda. Ketahuilah hal apa yang dapat menaikkan suasana hati Anda dan juga pikiran Anda. Pikiran Anda berada dalam kendali Anda. Jadi, daripada membiarkan pikiran negatif menghabiskan Anda, mengapa tidak mencoba untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih melayani Anda?
 

6. Bangun kebiasaan.

Cara menghilangkan pikiran negatif yang keenam adalah dengan membangun kebiasaan. Jika Anda memiliki kebiasaan, maka Anda tidak perlu terlalu banyak berpikir. Anda dapat menghemat energi dan waktu. Cara terampuh untuk menghilangkan pikiran negatif adalah dengan melakukan kebiasaan tersebut. Anda akan menjadi lebih mudah untuk melakukannya jika Anda merencanakannya terlebih dahulu. Sehingga Anda tidak perlu berpikir tentang cara untuk memulai hari Anda. 
 
Jika Anda bangun pada waktu yang sama setiap hari,  membuat sarapan, berolahraga yang sama pada waktu yang sama, lalu berjalan keluar pintu dan tiba di kantor Anda pada saat yang sama, Anda tidak terlalu memikirkan apa-apa. Itu semua telah terpola di kepala Anda sendiri.
 
Jika Anda memperlakukan hal-hal pada waktu tertentu, seperti berolahraga dan makan, Anda menambahkan kejadian lain setiap hari. Bahkan dengan membangun kebiasaan, Anda dapat menekan keraguan diri yang muncul dan menyingkirkan pikiran negatif yang menghampiri. 
 

7. Buat pilihan untuk membungkam pikiran negatif Anda.

Cara menghilangkan pikiran negatif yang terakhir adalah dengan membuat pilihan untuk membungkam pikiran negatif secara sadar. Ini akan sulit dilakukan di awal. Pikiran negatif akan masuk dan menguasai Anda. Cara untuk menghilangkannya adalah melawan dengan mengatakan hal yang sebaliknya. Jika pikiran negatif ingin menguasai Anda dan berkata Anda tidak bisa, lawan dan katakan pada diri Anda bahwa Anda bisa. 
 
Itulah 7 cara menghilangkan pikiran negatif yang mencoba menguasai dan mematahkan Anda. Jika Anda merasa pikiran negatif mulai menguasai, tarik napas dalam-dalam, kelilingi diri dengan hal positif dan ingatkan diri Anda dengan kemajuan yang berhasil Anda buat setiap harinya. Dengan begitu, Anda akan tetap memiliki pikiran positif yang menunjang Anda untuk tetap termotivasi dan bersemangat. 

Featured Career Advice