Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Menciptakan Kebahagiaan di Lingkungan Kerja

7 Cara Menciptakan Kebahagiaan di Lingkungan Kerja


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Tentang Kebahagiaan atau Happiness 

Kebahagiaan atau happiness adalah perasaan di dalam diri individu yang dapat memberikan dampak positif dalam segala aspek kehidupan dan dapat mengarahkan individu pada kehidupan yang lebih baik. Sebagai contoh, kebahagiaan akan meningkatkan produktivitas seseorang, kebahagiaan akan membangun hubungan yang baik dengan seseorang, kebahagiaan akan meningkatkan kesehatan seseorang, kebahagiaan akan membawa seseorang pada kesuksesan, dan lain sebagainya. 
 
Kebahagiaan atau happiness juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan pikiran atau perasaan yang dimiliki seseorang dengan tingkat kepuasan yang tinggi dan merasa tercukupi dengan kesenangan, cinta, kenikmatan atau hal-hal lain yang dapat membuat mereka lebih bergairah dan bersemangat. 
 
Kita mungkin sudah sering ya membicarakan kebahagiaan atau happiness di dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, sebagai seorang yang selalu berada di kantor dari hari Senin-Jumat dari pukul 8 pagi sampai 5 sore, fokus dengan pekerjaan dan deadline yang saling kejar-kejaran setiap harinya, belum lagi omelan dari bos atau pelanggan yang tidak puas dengan produk, apakah kita masih bisa berpikir tentang bagaimana cara menciptakan kebahagiaan di lingkungan kerja? Hmm, mari kita cari tahu jawabannya dari artikel ini. 
 

Hubungan antara Kebahagiaan Karyawan dengan Kesuksesan di Lingkungan Kerja

Mungkin kita akan bertanya-tanya, “Apakah ada hubungan yang erat antara kebahagiaan karyawan dengan kesuksesan di lingkungan kerja?” Nyatanya, sudah ada banyak penelitian yang dilakukan untuk menemukan hubungan antara karyawan yang berbahagia dengan kesuksesan proyek yang mereka kerjakan. Hasil studi menunjukkan bahwa banyak perusahaan yang merasakan manfaat signifikan dari lingkungan kerja yang terdiri dari para karyawan yang berbahagia. 
 
Bagaimana mereka tahu bahwa karyawan yang bekerja di lingkungan kerja tersebut merasa bahagia? Hal itu dapat terlihat dari perilaku mereka yang suka tersenyum baik kepada pelanggan, rekan kerja atau bahkan bos mereka. Selain itu, mereka sangat jarang mengeluh dan tidak menunda-nunda penyelesaian pekerjaan mereka. 
 
Metrik keberhasilan bisnis yang sering digunakan seperti produktivitas, profitabilitas, kepuasan pelanggan, ketidakhadiran, dan keselamatan pekerjaan, semuanya mengalami peningkatan. Ini menunjukkan bahwa memiliki karyawan yang berbahagia akan memberi dampak positif pada hasil pekerjaan dan lingkungan kerja itu sendiri. Kalau sudah seperti ini, yang mendapatkan benefit bukan hanya perusahaan (lingkungan kerjanya) saja, namun setiap individunya juga akan mendapatkan manfaatnya. Siapa sih yang tidak suka kalau mendapat kebahagiaan di lingkungan kerja? 
 
Menurut website Katie Roberts dot com, ada beberapa cara penting yang bisa kita terapkan untuk menciptakan kebahagiaan di lingkungan kerja, yaitu sebagai berikut:
 

7 Cara Menciptakan Kebahagiaan di Lingkungan Kerja

 

1. Menghindari Hal-Hal yang Tidak Memberi Manfaat Apapun. 

Segala hal yang notabenenya kurang baik atau kurang memberikan manfaat memang harus kita hindari di dalam hidup. Bagaimana kita bisa bahagia kalau kita masih terjebak dengan hal-hal merugikan seperti itu? Daripada berpihak dengan hal-hal yang kurang baik, lebih baik kita mendekatkan diri pada segala hal yang membuat kita tersenyum dan bahagia. Misalnya, kemarin saya merasa sangat frustasi dengan ucapan klien yang cukup membuat saya sakit hati. Tetapi, saya berpikir bahwa kesedihan tersebut tidak boleh merusak kebahagiaan saya pada hari itu. 
 
Apa yang saya lakukan? Saya mencoba untuk menelpon klien-klien terbaik saya dan menanyakan umpan balik dari mereka terhadap produk kami. Di waktu istirahat, saya mencoba untuk makan makanan kesukaan saya, ngobrol dengan rekan kerja, tertawa-tawa dan meninggalkan hal-hal kurang baik yang tidak saya sukai. Saya fokus dengan apa yang saya sukai dan meninggalkan hal-hal yang kurang menguntungkan tersebut. 
 

2. Selalu Melakukan Hal-hal yang Kita Cintai Setiap Hari. 

Jangan sia-siakan hidup kita yang terlalu berharga ini untuk melakukan hal-hal yang kita benci. Jika kita ingin mendapatkan kebahagiaan di dalam pekerjaan, maka kita harus menghindari hal-hal yang tidak kita sukai. Ini bukan berarti kita harus menetap di zona nyaman atau tidak berani untuk belajar hal-hal yang baru. Mencoba hal yang baru itu boleh, malah sangat baik untuk pengembangan diri kita. Namun, bukan berarti setiap harinya kita melakukan hal-hal yang kita sukai. Mencoba hal yang baru juga tidak harus dilakukan setiap saat, bukan? 
 
Coba identifikasi aspek pekerjaan apa yang kita sukai, keterampilan serta minat apa yang sangat menginspirasi bagi kita. Selain itu, coba pikirkan cara terbaik tentang bagaimana kita bisa menjadi lebih baik dalam apa yang kita lakukan sekarang. Untuk menunjang hal ini, kita bisa meminta umpan balik atau feedback dari orang-orang terdekat kita, sehingga kita bisa memberikan peningkatan dalam melakukan hal-hal yang kita sukai. 
 
Seru banget kan? Kita bisa melakukan hal-hal yang kita sukai dan dalam waktu yang bersamaan kita juga bisa mengembangkan diri kita menjadi lebih baik. 

3. Sering Meminta Umpan Balik atau Feedback dari Orang-orang Terdekat. 

Cara ketiga untuk menciptakan kebahagiaan di lingkungan kerja adalah dengan rajin meminta umpan balik atau feedback dari orang-orang terdekat kita di tempat kerja. Kita bisa memintanya dari rekan kerja, atasan (bos) atau bahkan dengan klien yang sudah sangat dekat dengan kita. Ketika kita sudah terbiasa meminta umpan balik atau feedback dari orang lain, kita akan menjadi individu yang tidak cepat marah (terlalu sensitif) ketika mendapat umpan balik yang kurang enak di hati. 
 
Mengapa? Karena kita sudah membiasakan diri dengan umpan balik atau feedback dari orang lain. Selain itu, kita juga akan semakin tersadar bahwa umpan balik atau feedback yang diberikan orang-orang di sekitar kita adalah bentuk kasih sayang mereka terhadap kita. Dengan begitu, kita akan terus berpikir positif dan kebahagiaan akan tetap bersama kita. 

4. Tidak Lelah untuk Terus Belajar dan Berkembang.

Untuk bisa selalu merasa bahagia dan menyebarkan kebahagiaan di lingkungan kerja, kita perlu membiasakan diri untuk tidak lelah dalam belajar dan mengembangkan diri di tempat kerja. Coba deh kita pikirkan, ketika kita suka belajar dan berkembang menjadi lebih baik, maka setiap harinya akan ada saja hal-hal yang menarik untuk kita pelajari. Bahkan, kita tidak akan pernah merasa berada di bawah tekanan ketika kita suka belajar dan berkembang. 
 
Saat pemimpin kita memberikan proyek baru yang sangat menantang, kita tidak akan merasa stress untuk mengerjakannya, Melainkan, kita akan merasa sangat bersemangat dan termotivasi untuk mengerjakan proyek baru tersebut, karena akan ada banyak hal yang bisa kita pelajari di dalamnya. 
 

5. Selalu Berusaha untuk Menjadi Seorang yang Terorganisir. 

Salah satu penyebab utama yang sering membuat karyawan tidak mendapatkan kebahagiaan di kantor adalah tenggat waktu yang terasa semakin dekat, namun pekerjaan belum diselesaikan secara keseluruhan atau tenggat waktu yang sudah berlalu namun kita belum menyerahkan hasil pekerjaan apapun. Nah loh, siapa coba yang tidak stres dan kewalahan kalau sudah seperti itu. 
 
Untuk mendapatkan kebahagiaan di lingkungan kerja, kita perlu melatih diri menjadi seorang yang terorganisir. Biasakan untuk datang awal di pagi hari untuk menenangkan diri dan menyemangati hari kita di kantor. Dengan datang awal, kita tidak akan tergesa-gesa dalam bekerja, kita juga bisa melihat jadwal dan memprioritaskan tugas kerja apa saja yang harus kita dahulukan. 
 
Dengan merencanakan beban kerja yang akan diselesaikan setiap harinya, memeriksa buku agenda kerja, dan membuat daftar harian 'To-do list', kita akan berhasil menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu. Oya, kalau semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik, kita juga bisa mengambil istirahat dengan tenang tanpa dihantui deadline. 

6. Membuat Suasana yang Menyenangkan di Ruang Kerja atau Meja Kerja. 

Kebahagiaan di lingkungan kerja juga bisa tercipta ketika kita merasa nyaman dan bahagia berada di sebuah ruangan yang menurut kita “cocok” di hati. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruang kerja. Jika kita tidak memiliki ruangan kerja, maka kita bisa memaksimalkan meja kerja kita. Misalnya, menyemprot parfum ruangan atau menaruh pengharum kecil di atas meja kerja, meletakkan vas bunga kesukaan kita di atas meja, menaruh foto dengan pasangan atau keluarga di dalam bingkai cantik di atas meja kerja, bahkan meletakkan camilan-camilan lezat di dalam laci meja kerja juga hal yang sangat direkomendasikan loh!  Ciptakanlah ruangan atau meja kerja yang membuat kita nyaman dan bahagia selama bekerja.
 

7. Melangkah Menuju Karier Selanjutnya. 

Bagaimana jika kita sudah menerapkan 6 poin sebelumnya di lingkungan kerja, namun kebahagiaan tetap tidak berpihak kepada kita? Mungkin ini saatnya bagi kita untuk melangkah ke karier berikutnya. Mungkin mencari pekerjaan di perusahaan lain atau meminta tolong pada pemimpin untuk mentransfer kita ke departemen lain yang mungkin masih relevan dengan pengalaman kerja kita. 
 
Perlu diingat bahwa kita adalah pemegang kebahagiaan di dalam kehidupan kita sendiri. Tidak ada satupun orang yang berhak mendikte kebahagiaan kita atau mengambilnya dari kehidupan kita. Jadi, Yuk mulai dari sekarang kita ciptakan kebahagiaan di lingkungan kerja dengan menerapkan 7 cara di atas. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Communication

Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Leadership

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Leadership

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

Leadership

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

Emotional Intelligence

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

Leadership

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

Leadership

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

Happiness

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

Motivation

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

Self Improvement

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan

Self Improvement

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan

4 Cara Tetap Bahagia Meskipun Menghadapi Banyak Hambatan

Happiness

4 Cara Tetap Bahagia Meskipun Mengha