×
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Mencapai Tujuan
Self Improvement

7 Cara Mencapai Tujuan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice, bagaimana pencapaian tujuan Anda? Saya harap Anda telah melakukan langkah-langkah yang tepat dalam mencapai kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan, tentunya kita harus memiliki tujuan. Tujuan tidak hanya spesifik, tujuan tersebut juga harus dapat diukur, dicapai dan berfokus pada hasil juga memiliki tenggat waktu. Inilah hal-hal yang terkandung dalam tujuan SMART yang terkenal.
 
Namun, untuk menuju kesuksesan, dibutuhkan hal lain diluar tujuan SMART. Tujuan itu bukanlah akhir dari perjalanan, namun awal dari sebuah perjalanan yang baik. Lalu hal apa yang juga berpengaruh pada kesuksesan kita? Jawabannya adalah orang lain. Ya, kita membutuhkan orang lain untuk mencapai kesuksesan kita. Menurut para ahli, selain mendapatkan hal berharga, keberadaan orang lain diperlukan untuk memastikan keberhasilan perubahan yang kita buat.
 
Saat ini, saya yakin bahwa setiap rekan pembaca pasti sedang ada dalam jalur perbaikan diri. Nah, pada artikel ini, ada tujuh cara yang dapat rekan pembaca pertimbangkan dalam mencapai kesuksesan bersama keberadaan orang-orang disekitar Anda. Apa sajakah cara-caranya? Mari kita simak 7 cara berikut ini.
 

1. Lacak Prestasi Anda

Tujuan-tujuan yang kita miliki pasti adalah hal-hal yang mengarah pada masa depan. Untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut lebih efektif, Anda harus mampu memperhitungkan hal yang benar-benar bekerja di masa lalu. Sehingga Anda dapat menentukan hal yang perlu dilakukan dan hal yang perlu dihilangkan. Melakukan inventarisasi merupakan hal yang penting karena Anda dapat meninjau kemajuan Anda setiap tahunnya. 
 
Cobalah untuk mencatat tujuan Anda 6 bulan ke depan di kalender. Lalu berhentilah untuk mempertimbangkan hal-hal yang membantu Anda mencapai tujuan Anda dan juga hal-hal yang menghalangi. 
 

2. Menetapkan Niat Positif

Ketika rekan pembaca menetapkan tujuan yang mengingatkan Anda akan kegagalan di masa lalu, ini justru akan membuat Anda kehilangan tenaga dengan cepat. Oleh karena itu, buatlah kerangka tujuan dengan cara yang positif. 
 
Misalnya, Anda bertujuan untuk tidak lagi mengonsumsi makanan cepat saji sebagai camilan. Maka janganlah berfokus pada cara untuk menjauhi makanan cepat saji tersebut. Tetapi cobalah untuk menetapkan niat positif dengan menambah protein tanpa lemak yang menyehatkan dan memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Ambil Langkah

Memiliki visi bahwa Anda berhasil mencapai tujuan Anda merupakan hal yang luar biasa. Tetapi, Anda harus mengambil langkah nyata untuk mewujudkannya. Buatlah perencanaan hal yang akan Anda lakukan, tidak perlu terlalu rumit, cukup perencanaan sederhana. Misalnya, buatlah daftar 5 langkah pertama yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda.
 
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang memiliki tindakan nyata yang spesifik terhadap komitmen yang dibuat, dan membagikan komitmen tersebut terhadap teman, memiliki peluang yang lebih besar dalam mencapai tujuan dibandingkan dengan orang-orang yang hanya menetapkan tujuan.
 

4. Memberitahu Teman

Apakah rekan pembaca bertanya-tanya ‘Seberapa pentingkah peran  seorang teman?’, jawabannya adalah sangat penting. Untuk mencapai tujuan, Anda harus memiliki pertanggungjawaban atas setiap langkah yang Anda ambil. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menemukan seseorang yang juga dapat berkomitmen dengan kesuksesan Anda, seperti sahabat karib Anda.
 
Ketika Anda membagikan tujuan Anda dengan seorang teman baik, ini berarti ia merasa dipercaya penuh. Teman Anda adalah orang yang akan mendorong Anda dan memberitahu Anda orang-orang yang tepat untuk menjalin hubungan dengan Anda. Tentunya orang-orang yang dapat menunjang kesuksesan Anda. 
 
Membagikan tujuan Anda juga akan semakin memperkuat komitmen Anda terhadap tujuan tersebut. Ini memungkinkan Anda untuk membuka lebih banyak pintu dan memiliki sumber daya yang lebih banyak. Itu artinya Anda mempercepat proses dan menemukan hal tepat untuk mengatasi hambatan yang ada.

5. Perayaan yang Bertahap

Jika tujuan yang Anda miliki merupakan tujuan besar dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mewujudkannya, maka hal yang menjadi tantangan terbesar adalah motivasi. Ya, rekan pembaca harus memastikan bahwa motivasi Anda tetap menyala setiap harinya sehingga Anda tetap konsisten dalam mencapai tujuan tersebut. Anda mungkin akan lebih sering menepuk pundak sendiri dan mengingatkan diri Anda akan tujuan yang Anda buat.
 
Rayakanlah setiap keberhasilan kecil yang Anda buat. Misalnya, Anda bertujuan untuk mengurangi berat badan, sebanyak 15 kg, rayakanlah keberhasilan saat Anda mampu untuk menurunkan 1 kg. ini mungkin terlihat sepele, bukan? Namun, Anda akan mendapatkan manfaat yang besar. Apapun keberhasilan kecil yang Anda buat, rayakanlah.

6. Bersiap untuk menyambut Diri Anda yang Baru

Dalam perjalanan pencapaian, Anda akan tumbuh dan berubah. Ini adalah sesuatu yang harus disadari. Saat kita membuat perubahan dan berhasil mencapai tujuan besar, kita menjadi versi baru dari diri kita sendiri. Oleh karena itu, kita harus memiliki gambaran jelas akan versi terbaru kita di masa depan agar kita dapat mencapai tujuan yang benar-benar kita inginkan.
 
Misalnya, Anda ingin menjadi seorang yang lebih tegas dalam peran kepemimpinan yang Anda tuju, maka carilah peluang yang benar-benar dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dan mengasah keterampilan Anda dalam membuat keputusan. Inilah yang Akan membuat Anda berhasil.
 

7. Tetap Memiliki Pemikiran Terbuka

Setiap orang memiliki keinginan yang berbeda dalam menjalani kehidupan. Dalam perjalanan Anda, Anda akan menemukan individu yang berbeda-beda.  Untuk itu, bersiaplah untuk menyesuaikan diri dengan orang-orang yang Anda temui nantinya.
 
Ingatlah bahwa tujuan dan rencana adalah hal yang juga terus berubah, sama seperti Anda. Bersikaplah terbuka terhadap setiap pelajaran yang Anda temukan selama perjalanan Anda. Orang-orang yang Anda temui mungkin adalah orang-orang yang akan memberitahu Anda tentang langkah selanjutnya yang harus ditempuh. Jadi, terbukalah dan jangan menutup diri Anda.
 
Itulah 7 cara yang dapat menjadi pertimbangan bagi para pembaca Career Advice dalam mencapai kesuksesan yang telah ditetapkan. Tetap semangat dalam mencapai tujuan masing-masing, ya rekan pembaca. 

Featured Career Advice