Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 6 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikembangkan Para Pengusaha

6 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikembangkan Para Pengusaha


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Apa yang Dimaksud dengan Keterampilan Komunikasi? 

Pertama-tama, kita perlu paham dulu nih rekan-rekan, sebenarnya apa ya pengertian komunikasi secara umum? Komunikasi adalah suatu aktivitas atau tindakan yang dilakukan individu untuk menyampaikan pesan, informasi, gagasan, opini atau aspirasinya kepada lawan bicara atau orang lain. Nah, komunikasi ini bisa dilakukan secara verbal maupun nonverbal asalkan kedua belah pihak bisa saling mengerti dan memahami pesan atau informasi yang dimaksud. Bagaimana dengan pengertian keterampilan komunikasi? Keterampilan komunikasi adalah suatu keterampilan utama yang perlu dimiliki setiap individu agar dapat membina hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitarnya, baik di lingkungan kerja maupun lingkungan sosial lainnya. 
 
Keterampilan komunikasi bisa bermacam-macam jenisnya. Contohnya, keterampilan komunikasi bisnis, keterampilan komunikasi dalam konseling, keterampilan komunikasi antar pribadi atau keterampilan komunikasi dalam kegiatan kelompok. Secara umum, beberapa fungsi komunikasi antara lain adalah sebagai alat komunikasi, ungkapan emosional, alat kendali dan alat komunikasi. Lantas, bagaimana dengan tujuan komunikasi? Salah satu tujuan komunikasi adalah memastikan segala pesan atau informasi penting yang dimiliki oleh seorang komunikator dapat dimengerti oleh orang lain atau para pendengarnya. 
 

Apa Saja Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikembangkan Para Pengusaha?

Untuk mencapai komunikasi efektif dalam berbisnis atau bekerja, para pengusaha perlu memiliki kehandalan dalam kemampuan komunikasi dengan mempelajari tata cara komunikasi yang baik. Menurut website entrepreneur dot com, ada 6 keterampilan komunikasi yang harus dikembangkan oleh para pengusaha, yaitu sebagai berikut: 
 

1. Keterampilan Komunikasi dalam Menulis. 

Keterampilan pertama yang sangat perlu-kudu-dan wajib untuk dikembangkan adalah kemampuan dalam menulis. Setiap pengusaha atau pebisnis akan berkomunikasi dengan mitra bisnis lainnya sepanjang waktu. Dengan kata lain, para pengusaha harus membangun kesan perusahaan yang baik dimata klien, investor, karyawan, mitra bisnis, bahkan semua pelanggan. Masalahnya, kesibukan yang dimiliki para pengusaha telah membuat komunikasi yang mereka jalin tidak selalu dilakukan secara bertatap muka, sehingga mereka hanya bisa berkomunikasi melalui email, chat (whatsapp atau sms) atau surat. 
 
Mari kita ambil contoh komunikasi melalui email, yang memang paling sering dilakukan oleh para profesional di dunia kerja. Jika seorang pengusaha tidak bisa merangkai kata-kata yang tepat dan profesional di dalam body email mereka, maka ini pertanda bahwa dirinya harus melatih cara penulisan yang benar dalam email. 
 
Pengusaha dari perusahaan lain akan menilai kualitas bahasa yang kita gunakan serta urutan email yang kita buat, sehingga keterampilan komunikasi dalam menulis sangat perlu dikembangkan oleh para pengusaha. Coba deh rekan-rekan pengusaha membaca artikel terdahulu kami tentang “10 Etika dalam Berkomunikasi melalui Email”, semoga artikel tersebut dapat membantu rekan-rekan dalam menulis email yang tepat dan efektif.
 

2. Keterampilan Komunikasi dalam Berbicara. 

Ada begitu banyak pemimpin dan pengusaha yang sangat berkharismatik bagi orang lain, karena mereka memiliki keterampilan berbicara yang sangat hebat. Salah satu pemimpin terkenal dengan keterampilan bicara yang hebat adalah Dr. Ir. H. Soekarno yang pidatonya selalu berapi-api dan mengobarkan semangat bagi para pendengarnya. Hal yang sama juga perlu dilakukan oleh para pengusaha. 
 
Mereka harus menarik perhatian para investor agar mau menanamkan investasi di perusahaan mereka, berbicara dengan tata bahasa customer service yang baik kepada klien dan mitra bisnis, dan menerapkan keterampilan berbicara yang hebat dalam memotivasi para karyawannya. Jadi, sudah jelas kan betapa keterampilan berbicara sangat perlu dikembangkan oleh para pengusaha? 

3. Keterampilan Komunikasi dalam Mendengarkan. 

Komunikasi bukan hanya berbicara, menulis atau memberikan mimik wajah yang sesuai dengan keadaan hati. Namun, mendengarkan dengan baik juga masuk ke dalam kategori keterampilan komunikasi. Para pemimpin harus mengembangkan keterampilan ini, karena dengan memiliki keterampilan mendengarkan yang baik, kita akan lebih mudah untuk memahami masalah pelanggan dan mengidentifikasi solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan dan menghadapi keluhan pelanggan. 
 

4. Keterampilan Komunikasi dalam Presentasi. 

Mau tidak mau, suka tidak suka, presentasi adalah salah satu kegiatan komunikasi yang sering diterapkan di dalam perusahaan. Ketika seorang pengusaha sedang mencari investor, menawarkan kerjasama, bahkan menyampaikan informasi kepada karyawan, mereka perlu melakukan presentasi. Oleh karena itu, presentasi menjadi keterampilan komunikasi yang sangat penting untuk dikembangkan oleh para pengusaha. Rekan-rekan pengusaha bisa membaca artikel terdahulu kami yang berjudul “18 Tips Ampuh Presentasi yang Baik”, semoga artikel tersebut dapat membantu rekan-rekan pengusaha untuk mengembangkan keterampilan ini ya. 

5. Keterampilan Komunikasi dalam Menampilkan Bahasa Tubuh (Body Language) yang Tepat. 

Bahasa tubuh atau body language adalah contoh dari komunikasi nonverbal. Meskipun ini adalah komunikasi nonverbal yang mana orang lain mungkin tidak bisa menerima pesan atau informasi dari kita secara langsung, namun peranan komunikasi nonverbal tetap sangat penting untuk dikembangkan oleh para pengusaha. Mengapa bahasa tubuh sangat penting untuk diperhatikan para pengusaha? 
 
Logikanya, menampilkan bahasa tubuh yang mengisyaratkan bahwa kita adalah seorang pengusaha yang memiliki kepercayaan diri dan tegas akan membuat para investor lebih tertarik untuk bekerja sama dengan kita, karena para investor tidak akan mungkin mau menanamkan saham atau investasi mereka ke dalam perusahaan yang pemimpinnya tidak yakin bahwa mereka akan sukses di masa depan. 
 

6. Keterampilan Komunikasi dalam Networking. 

“Untuk meraih kesuksesan bukan tentang apa yang kita tahu, namun semua ini tentang siapa yang kita kenal”. Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa untuk menjadi orang sukses, salah satu caranya adalah dengan memiliki networking yang luas. Jadi, para pengusaha harus mengembangkan keterampilan komunikasi dalam memperluas networking mereka. 
 
Dari keenam keterampilan komunikasi di atas, kira-kira keterampilan komunikasi mana yang paling menantang bagi Anda? Kami harap artikel ini dapat membantu rekan-rekan pengusaha untuk bisa mengembangkan keterampilan komunikasi Anda dengan lebih baik. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.