×
STUDILMU Career Advice -  6 Cara Meningkatkan Kualitas Diri
Self Improvement

6 Cara Meningkatkan Kualitas Diri

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Terkadang, kita tidak dapat mengontrol hari secara penuh. Banyak hal yang terjadi diluar kendali dan situasi yang tidak sesuai dengan harapan kita. Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengubahnya. Kita hanya dapat memanfaatkan hari sebaik-baiknya untuk membantu kita meningkatkan kehidupan dan mencapai tujuan yang kita miliki. Orang sukses tidak mencapai puncak dengan mengikuti arus yang ada. Mereka mengorbankan fokus, disiplin dan energi dalam mewujudkan impian mereka. 
 
Sesuatu yang kita lakukan setiap hari adalah sistem. Sistem adalah fondasi kehidupan yang lebih baik dan pekerjaan yang hebat. Sistem yang benar memberi kita bimbingan batin dan memperlengkapi kita dengan kekuatan kebiasaan. Rutinitas yang kita lakukan setiap hari menjaga kita untuk tetap berada di jalur yang benar. Jika sistem kerja Anda saat ini tidak berfungsi atau memberikan hasil yang diinginkan yang Anda harapkan, buat perubahan, buat sistem baru dan ambil langkah setiap hari untuk mematuhinya. Dengan menghabiskan sedikit waktu untuk mencari tahu apa yang paling cocok untuk Anda dan kebiasaan Anda, Anda dapat menempatkan diri pada posisi yang tepat dalam menyelesaikan sesuatu.
 
Kebiasan inilah yang dapat meningkatkan kualitas diri kita. Dengan kebiasaan atau sistem yang tepat, kita dapat memaksimalkan diri dalam memanfaatkan setiap peluang yang kita miliki. Sehingga keberhasilan akan menjadi bagian kita. Bagaimanakah kita dapat meningkatkan kualitas diri kita? berikut adalah 6 cara meningkatkan kualitas diri

1. Memulai hari dengan rutinitas yang baik.

Kehidupan yang lebih baik dimulai dengan rutinitas harian yang hebat. Rutinitas adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan, produktivitas, kekayaan, dan kesejahteraan kita. Jika kita mampu untuk menciptakan rutinitas harian , kita dapat membuat perbedaan besar dalam hidup. Cara kita memulai dan mengakhiri hari akan menentukan segala sesuatunya. Itu berarti, kita harus mengembangkan sistem untuk memandu cara kita menggunakan waktu ketika bangun, ketika pertama kali mulai bekerja, ketika menyelesaikan hari kerja, dan bahkan menggunakan malam hari. Bagaimana itu akan mengubah hidup kita? Ini akan membantu kita mendapatkan awal yang baik dan menyelesaikan hari dengan penuh kesiapan untuk hari berikutnya. Ini juga akan membantu kita membangun rutinitas yang produktif, dan berfokus pada apa yang penting, bukan hanya yang mendesak.
 

2. Luangkan waktu untuk pekerjaan bernilai tinggi.

Habiskan jam pertama di  hari kerja untuk tugas-tugas bernilai tinggi. Jadi, buatlah perencanaan untuk menjalani hari. Jangan memulai hari sampai mengetahui tahu persis apa yang ingin dicapai. Selesaikan satu hal terpenting sesegera mungkin setiap pagi. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada perasaan berhasil mengikuti perencanaan yang dibuat. Dan cara termudah untuk memicu perasaan ini adalah mengerjakan tugas terpenting di jam pertama. Gunakan pagi hari untuk menyelesaikan pekerjaan bernilai tinggi. Hindari pekerjaan yang sibuk yang tidak menambah nilai nyata pada pekerjaan, visi, atau tujuan jangka panjang. Kegiatan bernilai rendah seperti menanggapi pemberitahuan, atau membalas email hanya membuat kita sibuk dan menghentikan kita dari menyelesaikan pekerjaan nyata. Luangkan waktu untuk pekerjaan yang penting.
 

3. Jangan membagi tugas yang perlu diselesaikan.

Kita harus mampu berkonsentrasi penuh dan menghindari gangguan yang menghambat fokus. Keika menyelesaikan satu pekerjaan, berfokuslah sampai kita menyelesaikannya. Jangan berpindah sebelum kita selesai. Jika kita memalingkan perhatian dari tugas tersebut, kta hanya akan membuang-buang waktu yang kita miliki. Jadi, agar kita dapat bekerja lebih baik, berkonsentrasi dan abaikan hal-hal yang menghambat fokus kita.
 

4. Menyelesaikan satu tugas dalam satu waktu.

Di era digital, seringkali kita mudah diganggu, oleh notifikasi email, media social atau media percakapan lainnya. Jika kita benar-benar harus fokus pada tugas itu, batasi waktu yang dibutuhkan untuk tugas tersebut. Tambahkan tanggal, dan tenggat waktu ke daftar tugas. Kerjakan satu tugas pada satu waktu, tanpa gangguan. Cobalah Teknik Pomodoro. Fokus pada satu tugas selama sekitar 30 menit, kemudian istirahat 5 menit, lalu beralih ke tugas lain atau melanjutkan tugas tersebut.

5. Membaca. Bacalah buku setiap hari, bahkan jika hanya beberapa halaman.

Membaca membuat otak bekerja. Membaca adalah latihan yang bagus untuk pikiran. Ini memberi kita kebebasan untuk menjelajahi ruang, waktu, sejarah, dan menawarkan pandangan yang lebih dalam tentang ide, konsep, emosi, dan kumpulan pengetahuan. Otak kita akan menjadi aktif, tumbuh, mengubah dan membuat koneksi baru dan pola yang berbeda, tergantung pada bahan bacaan. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan adalah pendidikan mandiri. Membaca dapat dilakukan sambil duduk di ruang kuliah atau kedai kopi. Selama Anda benar-benar tertarik pada apa yang dipelajari, jangan berhenti. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dan dapatkan pendidikan terbaik yang bisa kita dapatkan sendiri. Orang-orang yang meluangkan waktu dan inisiatif untuk mengejar pengetahuan sendiri adalah orang yang mendapatkan pendidikan nyata di dunia ini. Ini akan membuat sebagian besar pertanyaan kita terjawab. Kita tidak harus membaca selama berjam-jam. Kapan pun kita memutuskan ingin membaca, lakukanlah. Carilah topik paling menarik yang ingin Anda ketahui lebih banyak. Dengan begitu, Anda akan menemukan sumber ide dan pengetahuan.
 

6. Kurangi gangguan sosial.

Pikiran kita membutuhkan pemurnian untuk meningkatkan fokus, mengisi kembali perhatian, dan mendorong kreativitas. Apakah rekan pembaca lebih banyak menghabiskan waktu online atau tidur? Ponsel cerdas menyediakan aliran informasi lezat yang tak ada habisnya untuk dikonsumsi otak kita. Sangat mudah untuk ketagihan, bahkan untuk merasa kecanduan. Matikan notifikasi ponsel Anda. tentukan kapan Anda harus memeriksanya. Jika kita terus-menerus terhubung dengan ponsel, itu akan merusak pola tidur kita, postur tubuh dan bahkan pikiran kita. Jika Anda merasa ponsel Anda mengambil alih hidup Anda, jadwalkan detoksifikasi digital. Mulailah menyeimbangkan kehidupan digital Anda dengan kehidupan nyata.
 
Itulah 6 cara meningkatkan kualitas diri. Lakukan 6 cara ini dan rekan pembaca akan melihat perubahan yang membawa diri Anda pada hal dan keadaan yang lebih baik. Tentunya, itu akan membawa Anda semakin dekat dengan tujuan yang Anda miliki.

Featured Career Advice