×
STUDILMU Career Advice - 6 Cara Menghilangkan Rasa Malu
Self Improvement

6 Cara Menghilangkan Rasa Malu

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Banyak orang masih memiliki rasa malu dan tidak memiliki kepercayaan diri atas dirinya sendiri, sehingga ketika harus menghadiri pertemuan, rasa malu membuatnya tidak bisa mendapatkan teman baru. Ya, itu karena kita menutup diri dan tidak berani untuk menghadapi orang lain. Rasa malu dan tidak percaya diri merupakan suatu sifat buruk yang dapat menghalangi perjalanan karier, membuat kita tidak yakin dengan kemampuan diri dan tidak berani untuk menetapkan tujuan.
 

Apakah yang dimaksud dengan rasa malu itu sendiri?

Berdasarkan ensiklopedia tentang kesehatan mental, rasa malu adalah sebuah situasi yang membuat seseorang tidak merasa nyaman untuk mencapai tujuan yang dimiliki. Para peneliti mengatakan bahwa rasa malu juga diturunkan melalui gen. Jika memiliki orang tua yang pemalu, maka kemungkinan besar, kita juga merupakan seorang yang pemalu. 
 
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, para ilmuwan mengatakan bahwa jumlah orang yang memiliki sifat pemalu bertambah banyak. Mengapa? Karena teknologi berhasil menciptakan mesin otomatis yang dapat berbicara. Ini membuat kita kehilangan kesempatan untuk berbicara dan berinteraksi dengan orang lain, tetapi tidak dapat sepenuhnya menyalahkan kemajuan teknologi. Pada dasarnya, teknologi juga membantu orang-orang yang memiliki sifat pemalu dalam berkomunikasi. Ya, berdasarkan survei, orang-orang yang memiliki sifat malu sangat terbantu dengan kehadiran media sosial. Mereka dapat berkomunikasi dengan banyak orang tanpa harus bertatap muka secara langsung.
 

Mengapa rasa malu dapat memengaruhi perjalanan karier kita?

Kita tidak akan memiliki perjalanan karier yang hebat jika memiliki rasa malu dan tidak percaya diri. Dalam sebuah wawancara kerja, kita dapat melihat jelas bahwa rasa malu dapat menghalangi diri untuk tampil maksimal. Jika malu, kita sulit untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Kita mungkin akan menyampaikannya secara terbata-bata dan tidak berani untuk menatap mata pewawancara. Tentu saja kita tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan tersebut. Perekrut akan melihat bahwa kita adalah orang yang tidak tepat untuk dipekerjakan. Wah, jika kita tidak dapat mengatasinya, sulit rasanya untuk mendapatkan pekerjaan. Kita akan selalu gagal dan gagal lagi dalam proses wawancara lainnya. 
 
Penelitian juga menunjukkan bahwa rasa malu dapat menahan seseorang untuk memulai karier dan mendapatkan promosi. Jika merasa malu, kita cenderung akan menolak setiap tawaran promosi yang ada. Kita merasa bahwa tidak layak dan tidak mampu untuk menjalankan tanggung jawab tersebut. Lalu, kapan akan mencapai kesuksesan jika kita selalu menutup diri untuk peluang baru? Untuk itu, sangatlah penting menghilangkan rasa malu dan mendapatkan kepercayaan diri agar kita merasa yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Kita juga akan selalu berusaha untuk mencoba hal-hal baru dan menemukan peluang baru yang membawa kita pada peningkatan.
 
Jadi, kita harus mau dan mampu menghilangkan rasa malu yang ada dalam diri masing-masing. Menghilangkan rasa malu memang bukanlah hal yang mudah, tetapi jika memiliki tekad yang kuat, kita akan mampu menghilangkan rasa malu dan mendapatkan kepercayaan diri. Nah, bagaimana caranya? Berikut adalah 6 cara menghilangkan rasa malu.

1. Mulai dengan langkah kecil. 

Tantanglah diri kita untuk melakukan hal-hal sederhana yang ditakuti setiap harinya, misalnya kita selalu takut untuk memulai percakapan dengan orang baru. Targetkan bahwa kita harus mampu memulai pembicaraan dengan satu atau dua orang baru yang mungkin dijumpai saat kita menunggu bus atau menghabiskan waktu makan siang di sebuah tempat makan. Lambat laun, kita akan merasa nyaman dan terbiasa dengan hal ini.
 

2. Temukan hal yang membuat kita merasa malu.

Apa yang membuat kita memiliki rasa malu tersebut? Jika mengetahui hal apa yang membuat kita memiliki rasa malu, maka akan mudah menghilangkannya, seperti memiliki rasa malu karena memiliki penampilan yang kurang baik, maka kita dapat mencari tips untuk memperbaiki penampilan dan mulai menerapkan tips tersebut.
 

3. Pikirkan kelebihan yang dimiliki.

Percayalah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dalam dirinya masing-masing. Pikirkanlah kelebihan yang dimiliki setiap kali kita memiliki rasa malu. Dengan begitu, rasa percaya diri kita akan mulai tumbuh.

4. Ubah fokus dan pola pikir yang dimiliki.

Rasa malu menciptakan pikiran bahwa setiap orang sedang menatap dan menghakimi kita. Nyatanya, ini hanya pikiran kita semata. Mereka bisa saja sedang memikirkan hal lain. Untuk itu, kita perlu mengubah pola pikir yang dimiliki agar dapat menghilangkan rasa malu tersebut, misalnya cobalah untuk memikirkan bahwa kita sedang bersantai menikmati makanan favorit. Secara perlahan, hal ini akan mengubah rasa takut dalam pikiran. Kita akan menjadi lebih tenang dan mampu menghilangkan rasa malu dalam diri. 
 
Selain pola pikir, kita juga perlu mengubah fokus daripada harus memenuhi pikiran dengan hal yang membuat stres. Cobalah untuk mengajukan pertanyaan saat berhadapan dengan orang lain. Dengan begitu, kita tidak lagi fokus pada rasa malu yang ada, tetapi lebih fokus pada jawaban yang disampaikan oleh orang tersebut. Setiap kali kita bertemu dengan orang baru, cobalah untuk menanyakan beberapa hal dan menggali informasi yang lebih dalam dari jawaban yang diberikan.
 

5. Berbicara pada diri sendiri.

Mengatakan hal-hal yang positif pada diri sendiri dapat menghilangkan rasa malu yang kita miliki. Jadi, berdirilah di depan cermin sesering mungkin dan katakan hal-hal baik yang positif. Dengan begitu, kita dapat meningkatkan kepercayaan diri dan akan kagum dengan hasilnya nanti.

6. Bersosialisasi.

Untuk menghilangkan rasa malu, kita tidak boleh menghindari hubungan sosial. Sekalipun kita merasa malu dan tidak nyaman, kita harus membiasakan diri berada di kerumunan orang banyak. Pertama mungkin akan terasa janggal, tetapi lambat laun kita akan merasa nyaman dengan hal ini. Lagipula, saat bersosialisasi, kita dapat melatih kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bersosialisasi. Perlahan demi perlahan, kita akan tumbuh menjadi orang yang percaya diri dan terbiasa berada di tengah orang banyak.
 
Itulah 6 cara menghilangkan rasa malu. Rasa malu dapat menghambat kita mengalami kemajuan bahkan menghalangi kesuksesan. Oleh karena itu, kita harus berusaha menghilangkannya dan mendapatkan kepercayaan diri agar lebih berani mengambil kesempatan besar yang dapat membawa kita mencapai tujuan.

Featured Career Advice