Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Apa yang Dimaksud dengan “Staf Human Resource” dan Siapa Sajakah Mereka? 

Sebelum kita memahami apa yang dimaksud dengan staf human resource, ada baiknya kita harus memahami apa yang dimaksud dengan “Human Resource” itu sendiri. Human resource adalah kumpulan individu yang menjadi penopang kesuksesan suatu organisasi atau perusahaan yang mana tim human resource ini akan mengorganisir segala urusan yang berkaitan dengan sektor bisnis atau ekonomi yang sering menjadi “modal” bagi sumber daya manusia. Nah, staff HRD adalah orang-orang yang termasuk ke dalam bidang human resource ini. HRD adalah kepanjangan dari Human Resources Department. 
 
Apakah human resources jobs dikhususkan untuk semua orang? Tidak juga. Beberapa syarat menjadi HRD adalah memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan bidang Human Resource, contohnya Ilmu Psikologi. Selain itu, HRD adalah kumpulan orang-orang yang memahami seluk beluk perusahaan dengan sebaik mungkin dan mampu memberikan solusi yang efektif terhadap persoalan sumber daya manusia yang ada. Dalam hal ini, human resource development juga sangat diperlukan untuk meningkatkan keterampilan atau skill yang dimiliki para staf human resource. Salah satu alasan mengapa hal ini menjadi penting adalah karena kehadiran human resource memang sangat diperlukan di dalam setiap organisasi atau perusahaan yang ingin berkembang. 

Apa Saja Tanda bahwa Bisnis Kita Memerlukan Staf Human Resource?

Nah, artikel ini sangat cocok untuk dibaca oleh rekan-rekan pembaca yang sedang bingung, apakah rekan pembaca harus merekrut staf human resource di dalam bisnis Anda atau tidak? 
 
Menurut website business dot com, ada 5 tanda yang bisa kita jadikan panduan tentang kapan kita perlu merekrut staf human resource di dalam bisnis kita. Langsung saja yuk kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Kita Perlu Membagi Waktu pada Urusan Lain. 

Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa 41% para pebisnis yang baru memulai bisnis kecil mereka memilih untuk menangani dan mengontrol segala urusan human resource sendirian, tanpa bantuan karyawan lain satupun. 
 
Akan tetapi, jika bisnis kita sudah menghabiskan waktu kita sebanyak 18 sampai 40 jam selama sebulan untuk mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan human resource, maka ini waktu yang tepat bagi kita semua untuk mempertimbangkan staf human resource di dalam bisnis kita. Karena pada akhirnya setiap pemimpin dan pebisnis pasti akan membutuhkan bala bantuan dari para karyawannya. Terlebih lagi, jika bisnis kita semakin berkembang dan menghadapi kompleksitas yang semakin banyak, maka kehadiran staf human resource memang sangat diperlukan di dalam bisnis. 
 
Kita tidak mungkin untuk terus bertukar peran setiap saat tanpa bantuan sedikit pun dari karyawan lain. Sebentar kita akan menjadi seorang CEO, sebentar lagi kita menjadi staf Human Resource dan kemudian, sebentar lagi kita menjadi akuntan, tentu saja ini akan menjadi hal yang sangat melelahkan. 
 
Terlebih lagi, jika waktu yang perlu kita dedikasikan untuk urusan HR sangatlah panjang dan lama, yang ada kita tidak akan bisa memberikan kinerja yang maksimal pada bidang lain yang mungkin juga sama-sama penting. Misalnya, kita tidak punya waktu yang banyak untuk bertemu dengan klien atau kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk memperluas networking kita. Padahal, kedua hal tersebut sangat penting untuk kemajuan suatu bisnis. 

2. Bisnis Kita Terus Berkembang dan Semakin Maju. 

Jika bisnis rekan pembaca memiliki jumlah karyawan sekitar 20an karyawan, rekan pembaca masih memiliki peluang untuk mengurusi urusan human resource sendirian. Tentu saja dengan catatan bahwa rekan pembaca mampu melakukannya, meskipun harus memberikan waktu lebih lama pada urusan human resource. 
 
Akan tetapi, jika bisnis kita semakin berkembang dan maju dengan memiliki karyawan yang semakin bertambah, misalnya mencapai 50 karyawan. Kondisi ini menandakan bahwa bisnis kita memerlukan staf human resource yang dapat membantu kita untuk mengelola jumlah karyawan yang semakin banyak tersebut. 
 
Percayalah, kita tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk menghadapi konflik kerja yang mungkin akan hadir di antara karyawan kita, mengurusi keuangan, melakukan evaluasi kinerja karyawan, bertemu dengan klien, atau mengadakan program-program yang membantu meningkatkan keterampilan para karyawan. Semua itu tidak bisa kita lakukan sendirian, kita memerlukan bala bantuan yaitu, staf human resource yang sudah profesional.  
 

3. Tugas-Tugas Kecil dalam Bidang Human Resource yang Kita Lakukan semakin Berantakan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 86% para pemilik bisnis atau pengusaha merasa sangat yakin bahwa mereka dapat mengelola urusan human resource dengan sangat baik. Namun, ketika mereka ditanya tentang urusan yang berkaitan dengan tugas-tugas khusus seperti, catatan kemajuan kinerja karyawan, minutes of meeting (catatan rapat) atau kontak nomor klien, mereka tidak yakin jika mereka melakukannya dengan baik, bahkan sebagian dari mereka juga akan berpikir bahwa mereka belum pernah mengerjakan tugas tersebut sebelumnya. 
 
Jika bisnis kita mengalami kondisi seperti ini, maka sudah saatnya bagi kita untuk merekrut staf human resource yang dapat menangani tugas-tugas kecil yang memiliki peranan penting dalam perusahaan. Merekrut staf human resource dapat menjauhkan kita dari perasaan khawatir dan mengurangi risiko pekerjaan yang terbengkalai. 

4. Kita Memiliki Kemampuan untuk Merekrut Staf Human Resource, namun Kita Hanya Merasa Khawatir. 

Tanda keempat adalah kita memiliki segala kemampuan untuk merekrut staf human resource, terutama modal uang untuk membayar gaji hrd. Namun, kita merasa sangat khawatir untuk mendelegasikan tugas human resource yang biasa kita kerjakan sendiri kepada orang lain. Nah jika kondisi seperti ini yang terjadi pada kita sekarang, sedangkan bisnis kita semakin lama semakin berkembang dan memerlukan bantuan karyawan human resource, maka hilangkanlah pikiran buruk serta kekhawatiran kita. Ini saat yang tepat dalam merekrut staf human resource untuk bisnis kita, tujuannya tentu agar bisnis kita semakin terurus dengan baik dan kita bisa mengalihkan waktu juga tenaga kita untuk urusan lain yang tidak kalah penting. 

5. Budaya Perusahaan Menjadi Prioritas Utama pada Bisnis Kita.

Sebagian besar pengusaha dan pebisnis menjadi semakin yakin untuk menanamkan dan memperluas budaya perusahaan yang mereka yakin itu adalah budaya perusahaan yang terbaik untuk diterapkan. Nah, jika rekan pembaca merasa sangat yakin bahwa budaya perusahaan adalah prioritas utama pada bisnis Anda, maka ini saat yang tepat untuk mendelegasikan tugas ini kepada staf human resource yang kita rekrut. Tujuannya agar staf human resource yang kita pilih dapat menjadi perwakilan perusahaan untuk menanamkan budaya perusahaan kepada para karyawan. Dengan begitu, rekan pembaca bisa mengerjakan hal lain yang juga tak kalah penting, bukan? 
 
Nah jika rekan pembaca memiliki 5 tanda tersebut di dalam bisnis Anda, maka ini waktu yang tepat bagi rekan pembaca untuk merekrut staf human resource dan membantu bisnis Anda menjadi semakin berkembang dan maju. Saran kami, jika rekan pembaca sudah memiliki tanda-tanda di atas, jangan ragu dan jangan tunda lagi untuk mencari staf human resource yang terbaik ya. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.