STUDILMU Career Advice - 5 Kualitas Kepemimpinan yang Dikagumi

5 Kualitas Kepemimpinan yang Dikagumi


by Studilmu Editor
Posted on Mar 03, 2019

 
Saat kita masih duduk di bangku perkuliahan, sangat mudah untuk merasa kewalahan oleh hal-hal yang tidak diketahui untuk karier di masa depan. Bagaimana jika kita tidak bisa mendapatkan pekerjaan? Bagaimana jika kita mendapat pekerjaan namun tidak menyukainya? Bagaimana agar kita dapat membangun karier yang disukai?
 
Sangat mudah untuk merasa bingung. Tetapi pada tahap ini, pendekatan yang lebih baik adalah memikirkan keterampilan yang ingin kita peroleh. Dan apa saja yang harus ada di daftar tujuan jangka pendek? Yap! kualitas kepemimpinan yang dikagumi, mungkin adalah jawaban yang tepat. 
 
Meskipun tidak ada cara yang cepat untuk menjadi pemimpin di awal program pekerjaan. Program pekerjaan di tahap awal yang terstruktur untuk para magang atau untuk lulusan baru akan membantu kita dalam menyesuaikan diri dengan dunia kerja serta, dirancang untuk membantu para karyawan dalam membangun keterampilan. Dan keterampilan kepemimpinan yang fundamental ini akan membantu kita untuk peduli tentang bagaimana karier di masa depan nanti.
 
Berikut adalah 5 kualitas kepemimpinan yang dikagumi yang dapat kita peroleh.
 
1. Percaya Diri
Untuk membangun karier yang hebat dan berkembang, pada akhirnya, kita memerlukan kepercayaan diri. Bagaimanapun juga, percaya pada keterampilan dan kemampuan diri sendiri akan membantu kita dalam mengambil risiko, mengatasi segala tantangan, dan berani untuk mengambil peluang baru. Namun, hal itu sangat sulit dilakukan ketika kita baru memulai pekerjaan pertama, yang bahkan kita tidak tahu dimana tempat untuk membuat secangkir kopi dan teh hangat.
 
Para ahli setuju bahwa cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah melangkah keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal baru, yang keduanya secara aktif dapat dilakukan pada program kerja tingkat awal.

2. Kesediaan untuk Meminta Bantuan
Bagi para pemimpin, kerendahan hati sama pentingnya seperti kepercayaan diri. Seorang pemimpin pun juga tidak akan tahu segala hal sehingga penting bagi kita untuk menjadi seseorang yang mudah didekati dan terbuka untuk ide-ide serta cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. 
 
Namun, karena banyaknya budaya yang menekankan kemandirian, para profesional di awal kariernya sering memulai pekerjaan pertama mereka dengan merasa bahwa mereka harus mengetahui segala hal.
 
Organisasi membuat program pekerjaan secara khusus untuk membantu para profesional baru dalam mempelajari berbagai hal, menawarkan dukungan serta memudahkan mereka untuk mempelajari cara bekerja yang baik. Yolanda, seorang Koordinator akun pembayaran di sebuah perusahaan di Jakarta Pusat, percaya bahwa ide ini adalah yang paling transformatif semenjak dia masih menjadi seorang magang.
 
"Terkadang saya merasa sangat sombong, dan saya selalu takut untuk bertanya tentang berbagai hal," ujar Yolanda. Tetapi selama masa magangnya, dia belajar banyak hal jika dia mau meminta bantuan dan bimbingan. “Saya belajar untuk terbuka terhadap pengalaman baru, terbuka untuk mengajukan pertanyaan, dan terbuka untuk dapat belajar sebanyak yang saya bisa dimanapun saya berada.”
 
3. Komunikasi yang Jelas
Ketika kita memikirkan sosok pemimpin yang klasik, kita mungkin membayangkan mereka yang selalu berdiri di belakang podium. Para pemimpin yang mengagumkan dapat menonjol karena kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara jelas dan profesional, terutama di depan kelompok.
 
Jika hanya memikirkan hal ini saja sudah membuat telapak tangan berkeringat, ketahuilah bahwa program kerja tingkat awal yang terbaik akan memberi kita kesempatan untuk merasa nyaman dalam menginspirasi orang lain. Kita akan berurusan dengan hampir semua bentuk komunikasi, mulai dari menyusun email setiap hari hingga presentasi di hadapan rekan-rekan kerja di kantor.
 
4. Membangun Sebuah Hubungan
Mungkin kita sering mendengar istilah "koneksi" dalam beberapa kali sebelumnya. Kemampuan untuk membangun hubungan antar-tim dan membangun jaringan adalah hal yang sangat penting untuk menjadi seorang pemimpin.
 
Ketika perusahaan berhasil memasukkan seorang magang ke dalam budaya perusahaan mereka, mereka menciptakan lingkungan yang ideal bagi orang-orang untuk membangun hubungan yang alami. Andini seorang lulusan ITB mengatakan bahwa "saya merasa memiliki begitu banyak hubungan dimulai pada periode magang," kata Andini. "Semua orang berusaha membantu saya untuk tumbuh menjadi seorang individu yang berkualitas. Bahkan departemen yang lain juga bersedia untuk membantu."
 
Saat ini, Andini telah bekerja di bagian penjualan sebagai karyawan penuh waktu, sebagai hasil koneksi yang dia bangun saat dia masih magang di perusahaan sebelumnya. 
 
5. Kemampuan Memecahkan Masalah
Setiap karier memiliki tantangan yang serius untuk diatasi yaitu dengan memecahkan masalah. Pemimpin yang sukses tidak akan merasa terbebani oleh hal ini, mereka akan berpikir dan datang dengan solusi. 
 
Tetapi belajar bagaimana cara menyelesaikan masalah dalam lingkungan kerja, tidak akan datang secara alami pada kebanyakan diri kita. Itulah mengapa program kerja awal akan memberikan peserta mereka beberapa pengalaman yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah. Tentunya, dengan situasi yang berbeda-beda juga. 
 
Dalam kata lain, bergabung dengan program-program yang dilaksanakan pada program kerja tahap awal, akan meningkatkan kualitas kepemimpinan yang dikagumi dan sangat berguna untuk sepanjang perjalanan karier. Semakin cepat kita membangun semua keahlian ini, maka akan semakin cepat kita menjadi pemimpin muda yang siap menghadapi tantangan selanjutnya.  

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z