Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Seperti Apakah “Ide Bisnis Rumahan” Itu? 

Dewasa ini, banyak orang berlomba-lomba untuk menerapkan ide bisnis rumahan online atau ide bisnis rumahan modal kecil, namun profitnya cukup menguntungkan. Ide bisnis rumahan dapat dijadikan sebagai usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil atau bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan, karena dapat memberikan pendapatan tambahan
 
Intinya entah siapapun yang menjalani ide bisnis rumahan, baik pria maupun wanita, ide bisnis rumahan adalah konsep yang sangat dicari-cari oleh orang banyak untuk membuka usaha sampingan di rumah. 
 
Tapi, apa sih yang dimaksud dengan “ide bisnis rumahan”? Ide bisnis rumahan adalah suatu konsep atau gagasan wirausaha yang dilakukan di dalam rumah sebagai lokasi utama perniagaan. Dalam hal ini, ide usaha kreatif dan inovatif akan membantu kita untuk membentuk ide bisnis rumahan yang baik dan berbeda dari yang lain. Nah, sekarang mari pertanyaannya diubah. Bagaimana jika ide bisnis rumahan yang ada akan dijalankan oleh orang-orang yang berusia tidak produktif lagi? Dengan kata lain, ide bisnis rumahan ini akan diwujudkan oleh para orang tua yang sudah pensiun dari karier mereka. Apakah itu suatu hal yang memungkinkan? 

Apa Saja Ide Bisnis Rumahan yang Cocok Diterapkan Ketika Kita Sudah Pensiun?

Terlebih lagi, mungkin banyak dari para pensiunan yang sudah mulai berpikir “Setelah pensiun ngapain ya?” Nah, jika kebingungan ini yang dirasakan oleh rekan-rekan pembaca, kami sarankan Anda membaca artikel ini sampai habis ya. Menurut website the balance smb dot com, ada 5 ide bisnis rumahan yang sangat cocok untuk diterapkan oleh para orang tua yang sudah pensiun dari perusahaan mereka. 
 
Dengan kata lain, ide-ide bisnis rumahan yang akan kita bahas pada artikel ini cocok menjadi kegiatan mengisi masa pensiun. Tertarik untuk mengetahuinya? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Ide Bisnis Rumahan: Menulis Blog atau Artikel. 

Para individu yang sudah pensiun pastinya memiliki wawasan dan pengalaman yang begitu banyak, dan tentunya sangat berharga. Jadi, akankah sangat disayangkan jika wawasan dan pengalaman yang berharga ini hanya disia-siakan begitu saja. Apabila rekan pembaca mengalami hal ini, kami sangat menyarankan rekan pembaca untuk menulis blog atau artikel untuk membagikan semua wawasan dan pengalaman Anda ke dalam bentuk tulisan yang akan dinikmati oleh para pembaca online. 
 
Ide bisnis rumahan ini cukup efektif bagi mereka yang sudah pensiun, para individu yang menjalani ide bisnis ini tidak perlu capek-capek untuk pergi ke tempat lain dan menghasilkan uang. Namun, mereka cukup duduk manis di depan laptop sambil ditemani secangkir kopi dan sepiring pisang goreng, dan lanjut mengetik deh!
 
Ide bisnis rumahan ini juga membantu kita untuk menjaga daya ingat loh, rekan-rekan. Mengapa demikian? Karena kita akan mendorong otak kita untuk terus berpikir dan mengingat segala ilmu, informasi dan pengalaman yang tersimpan di dalam pikiran kita selama berkarier. Jadi selain menguntungkan, ide bisnis rumahan ini juga sangat bermanfaat untuk fungsi otak kita. 
 
Tapi, bagaimana jika kita merasa kebingungan tentang apa yang akan kita tulis di dalam blog atau artikel? Tenang, kita bisa memulainya dengan menceritakan perjalanan hidup kita terlebih dahulu. Kami rasa itu adalah hal yang menarik! Mulailah dengan menceritakan bagaimana pengalaman pertama kita saat memasuki dunia kerja atau apa saja kiat yang kita lakukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian pada saat muda dulu. Nyatanya, ada banyak hal menarik yang bisa diceritakan, bukan?

2. Ide Bisnis Rumahan: Membuka Jasa coaching atau konsultasi. 

Hanya karena kita sudah pensiun dan telah meninggalkan dunia pekerjaan, ini bukan berarti bahwa pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kita juga ikut pergi dari kehidupan kita. Nah agar semua itu tetap menjadi hal yang bermanfaat bagi orang banyak, kita bisa menjadikannya sebagai salah satu ide bisnis rumahan yang sangat berguna bagi kehidupan kita dan kehidupan banyak orang. 
 
Kita tetap bisa menghasilkan pendapatan dengan mewujudkan ide bisnis rumahan ini menjadi sebuah usaha untuk jasa coaching atau konsultasi. Katakanlah rekan pembaca adalah seseorang yang dulunya bekerja sebagai konsultan bisnis di suatu perusahaan ternama. Dari pekerjaan ini, rekan pembaca memiliki pengalaman kerja selama 25 tahun di perusahaan tersebut. 
 
Percayalah, ini adalah kesempatan emas bagi rekan pembaca untuk menyebarkan ilmu dan wawasan Anda yang sangat bermanfaat ini, terutama kepada para peserta yang ingin mendirikan sebuah bisnis atau sedang mencari jati diri mereka demi mendapatkan karier yang gemilang. 
 
Oh ya, coaching atau konsultasi ini dapat dilakukan secara online loh, rekan-rekan. Jadi, rekan pembaca tidak perlu susah payah untuk mendatangi tempat peserta, atau sebaliknya. Kita cukup menggunakan aplikasi online yang menunjang, salah satu contohnya adalah aplikasi Skype. 
 
Beberapa tema yang bisa diangkat dalam coaching atau konsultasi adalah keseimbangan kehidupan profesional-pribadi, pengaturan waktu, tips kepemimpinan, tips menghadapi wawancara kerja, dan lain sebagainya. 
 

3. Ide Bisnis Rumahan: Mengubah Hobi menjadi Peluang Bisnis. 

Apakah rekan pembaca memiliki satu atau dua hobi? Yap! Hobi adalah suatu kegiatan yang jika kita kerjakan, kita akan merasa sangat bahagia dan puas untuk melakukannya. Apabila rekan pembaca memiliki hobi, apapun hobinya maka pertahankan ya! 
 
Kabar baiknya, kita bisa mengubah hobi yang kita miliki menjadi suatu peluang bisnis yang menguntungkan. Jadi, walaupun kita sudah pensiunan dan tidak mendapatkan penghasilan tetap lagi, kita tetap bisa merasa bahagia dengan menyulap hobi menjadi bisnis. 
 
Sebagai contoh, rekan pembaca memiliki hobi untuk berkebun, maka rekan pembaca bisa membuka toko tanaman di rumah. Menjual tanaman-tanaman cantik, pot-pot bunga bahkan pupuk dan bibit tanamannya. Contoh lain, jika rekan pembaca suka membuat kue (baking), maka ini ide yang bagus untuk membuka usaha kue-kue kering atau kue basah sesuai minat dan bakat rekan pembaca dalam bidang ini. Setelah itu, foto dan posting produk yang kita jual ke dalam akun media sosial khusus bisnis kita. Sertakan caption yang menarik, dan boom! Tunggu saja hasilnya, pasti lumayan banget deh. 
 

4. Ide Bisnis Rumahan: Properti atau Sewa Ruangan. 

Ide bisnis rumahan keempat yang bisa diterapkan ketika sudah pensiun adalah properti atau sewa ruangan. Katakanlah rekan pembaca memiliki rumah atau ruangan lain yang tidak digunakan, namun ruangan tersebut masih layak pakai untuk digunakan sebagai venue ulang tahun, kontrakan, kamar kos-kosan atau acara-acara kecil lainnya. Nah jika rekan pembaca memang memiliki lahan seperti itu, maka ini bisa dijadikan peluang bisnis. Cobalah untuk menyewakannya dengan mengambil foto dan mempostingnya di media sosial atau situs web lain yang dapat mempertemukan kita dengan calon pelanggan. Dewasa ini ada banyak sekali platform sosial yang memungkinkan kamar atau ruangan sewa kita bisa dilirik dan disewa oleh para pelanggan.
 

5. Ide Bisnis Rumahan: Bergabung Menjadi Penjual di E-commerce. 

Setelah bertahun-tahun bekerja, berkarier di luar rumah dan membesarkan anak-anak dengan pendapatan yang kita miliki, tentunya kita akan memiliki banyak barang atau perabotan yang semakin menumpuk di dalam rumah. Nah, daripada kita membuang semua barang-barang tersebut atau kita biarkan menumpuk di garasi dan gudang, lebih baik kita menjualnya di beberapa platform sosial yang mengizinkan kita untuk menjual barang bekas namun masih layak pakai. Biasanya barang-barang ini disebut sebagai barang second-hand atau pre-loved. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk dijadikan peluang bisnis kita ya, rekan-rekan. 
 
Dari kelima ide bisnis rumahan tersebut, kami harap rekan-rekan pembaca semakin yakin bahwa rekan pembaca tidak perlu berdiam diri di rumah ketika sudah memutuskan untuk pensiun dari perusahaan Anda. Nyatanya, masih ada kegiatan lain yang bisa kita lakukan dan hebatnya lagi, semua itu bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Yuk, tunggu apalagi nih rekan-rekan? Selamat mencoba 5 ide bisnis rumahan di atas ya, rekan-rekan Career Advice.