Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 5 Desain Kantor Memengaruhi Tingkat Produktivitas Karyawan

5 Desain Kantor Memengaruhi Tingkat Produktivitas Karyawan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Produktivitas adalah salah satu tema yang sering dibicarakan oleh banyak perusahaan. Bagaimana tidak, hal ini sangat berkaitan dengan keefektifan dalam manajemen waktu di kantor, yang mana karyawan diharapkan dapat menggunakan waktu mereka dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor dan target yang telah ditetapkan bersama. 
 
Namun, ternyata tingkat produktivitas karyawan juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, desain ruangan, tingkat kebisingan di tempat kerja dan masih banyak lagi. Ini menandakan bahwa produktivitas yang baik tidak hanya terpaku dengan keberhasilan karyawan dalam mengatur waktu yang mereka miliki. 
 
Pada era milenial ini, banyak perusahaan yang mulai merenovasi kantor mereka menjadi ruangan yang terbuka atau yang biasa disebut sebagai ruangan terbuka. Kantor yang terbuka memang melahirkan inovasi yang luar biasa. Di sisi lain, desain ini cukup mengganggu, menurunkan produktivitas, meningkatkan absensi, dan menghasilkan pergantian karyawan yang lebih tinggi. Jadi, bagaimana perusahaan yang cerdas dapat mencapai hasil yang terbaik dari kedua hal ini yaitu, produktivitas dan desain kantor?.
 
Mari kita lihat beberapa desain dan situasi kantor di bawah ini yang dapat mengganggu produktivitas karyawan. 
 

1. Mengukur produktivitas dengan data

Banyak hasil tentang produktivitas karyawan diukur dengan data-data yang valid dengan melakukan survei dan mempelajari hal-hal yang membuat karyawan tidak nyaman di kantor. Ketidaknyamanan ini akan sangat berpengaruh pada tingkat produktivitas karyawan. Coba bayangkan kalau kita tidak merasa nyaman dengan sesuatu. Kita akan merasa malas atau tidak bersemangat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih. Nah inilah fungsi dari mengadakan sebuah survei, “Apakah tingkat kebisingan di sekitar kantor masih dalam tingkat yang wajar?” Jika tidak, apakah karyawan memiliki tempat yang tenang untuk dapat lebih berkonsentrasi?.
 
Dan bahkan kita juga harus memikirkan, “apakah fasilitas yang disediakan oleh kantor nyaman bagi para karyawan?”
 

2. Mengganti atau menambah fasilitas kantor

Ya, tidak diragukan lagi bahwa fasilitas kantor adalah salah satu faktor yang dapat mempermudah pekerjaan. Ternyata tidak hanya memudahkan, tanpa disadari fasilitas yang baik juga dapat membuat karyawan nyaman untuk menghabiskan lebih banyak waktu di kantor. 
 
Fasilitas yang disediakan tidak harus berunsur kemewahan dan tidak harus mahal dalam pembuatannya. Misalnya, ruangan kecil khusus agar karyawan bisa bersantai sejenak di waktu istirahat. Di ruangan tersebut, karyawan dapat berdiskusi hal-hal tentang pekerjaan dan berkolaborasi dengan kolega lainnya. 
 
Lalu, apa hubungan fasilitas yang memudahkan karyawan menjadi nyaman dengan produktivitas yang dihasilkan oleh mereka?
Tentu saja, ada. Dengan fasilitas yang mendukung, pekerjaan yang diberikan akan lebih mudah untuk diselesaikan dan karyawan akan lebih nyaman untuk berlama-lama di kantor dan menyelesaikan pekerjaan mereka lebih dari waktu yang biasanya. Karyawan yang bahagia adalah karyawan yang produktif, dan itu bagus untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan, dan itu semua dapat dimulai dengan perbaikan desain kantor.
 

3. Meningkatkan dan mengotomatisasi teknologi

Kemajuan teknologi telah mengubah wajah bisnis saat ini, betapa banyak orang-orang di dunia bisnis beralih bergantung pada teknologi daripada mengandalkan sumber daya manusia. Namun, segala sesuatu pasti memiliki kekurangan, bukan? tidak terkecuali dengan teknologi. 
 
Sebagai contoh, semua karyawan perusahaan Z dikondisikan untuk bergantung pada teknologi baru yang dihadirkan di tempat kerja. Suatu hari, alat teknologi tersebut mengalami gangguan dan tentunya membuat produktivitas karyawan menjadi sedikit terganggu. 
 
Pastikan semua teknologi yang digunakan kantor dalam kondisi terbaru dan dalam kondisi baik. Lakukan sebanyak mungkin fungsi otomatisasi, dari perangkat lunak ruang rapat yang memilih ruang dan waktu berdasarkan jadwal karyawan dan persyaratan presentasi, hingga perangkat keras presentasi nirkabel yang berbicara dengan perangkat karyawan. Semakin banyak teknologi yang dapat ditempatkan dalam struktur sistem jaringan, maka akan semakin baik. 
 

4. Kantor yang terlalu bising? Itu sangat mengganggu!

Tidak hanya di kantor, dalam mengerjakan aktivitas apapun, jika kita menghadapi kebisingan yang sudah ada di tahap yang tidak wajar, pastinya itu sangat mengganggu, bukan?.
 
Misalnya, orang di sebelah kiri sedang melakukan panggilan konferensi dengan rekan kerja di negara bagian lain, sedangkan orang di sebelah kanan sedang berbicara dengan manajer tim pemasaran tentang analisis data kampanye penjualan terbaru. Telepon rekan-rekan yang lain juga tidak berhenti bordering, namun karena mereka sedang ada pertemuan penting dengan klien, maka tidak ada satu telepon pun yang terjawab. Selain itu, Anda memiliki tenggat waktu dua jam lagi untuk mengumpulkan laporan keuangan kepada bos. Huh, sudah dapat dibayangkan situasi yang begitu memusingkan ini, bukan? Saya yakin tidak ada yang dapat berkonsentrasi di dalam kekacauan seperti ini. 
 
Penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan produktivitas sebanyak 66% di ruangan yang dipenuhi dengan kebisingan. Namun, tenang saja karena ada satu opsi untuk mengurangi hal ini, yaitu dengan menggunakan atap langit-langit yang dapat menyerap suara. Mesin white noise yang ditempatkan secara strategis di seluruh ruangan kerja dapat mengalahkan beberapa gangguan. Selain itu, meja kubikel pribadi juga dapat memberikan karyawan tempat bekerja yang lebih tenang, dan jauh dari keriuhan.
 
Penataan ruang kerja yang baik, dapat meringankan stres yang dihadapi karyawan saat mereka memiliki hari-hari yang berat dan tidak menyenangkan. 

5. Pencahayaan yang baik dan udara segar

Penelitian demi penelitian menunjukkan bahwa cahaya alami membantu karyawan untuk bekerja lebih fokus. Apakah jendela di gedung kantor Anda cukup besar? Apakah ventilasi udara di ruangan kerja karyawan cukup baik?.
 
Selain itu, penataan meja kerja yang lebih dekat dengan jendela atau lebih jauh dari tangga dan lift, juga dapat menghindari gangguan yang menghambat konsentrasi karyawan akan lalu-lalang kolega lain yang melewati jalur meja kerja mereka. 
Cahaya dan udara adalah dua komponen alami yang sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas karyawan di kantor.
 
Yap! Itu dia beberapa desain dan situasi kantor yang dapat memengaruhi tingkat produktivitas karyawan di tempat kerja.