×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Unik Meningkatkan Produktivitas Kerja
Productivity

5 Cara Unik Meningkatkan Produktivitas Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Menjadi produktif merupakan hal yang sangat penting yang harus kita lakukan setiap hari, terutama pada minggu-minggu tersibuk. Kita perlu melakukan yang terbaik untuk mencapai tenggat waktu. Tetapi seringkali kita menghadapi gangguan yang menghalangi kita menjadi produktif dan menyelesaikan semua tugas yang kita miliki. Untungnya, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja kita.
 
Berikut adalah 5 cara unik yang dapat kita lakukan untuk menghindari gangguan dan hambatan yang seringkali menghalangi produktivitas kerja kita. 5 cara unik ini akan membantu kita meningkatkan produktivitas kerja terutama saat kita sedang menghadapi minggu tersibuk dengan banyaknya tugas dan tenggat waktu yang mendesak.

1. Buatlah simbol pemberitahuan.

Gangguan produktivitas kerja bisa berasal dari dalam diri kita dan juga dari luar. Ketika kita membiarkan diri kita berada dalam gangguan tersebut, maka kita akan mengurangi produktivitas kerja. Untuk mengurangi gangguan ini, kita dapat membuat simbol pemberitahuan di meja atau ruangan kita. buatlah seperti lampu lalu lintas yang kita ketahui. Ini mungkin  terdengar dan terlihat aneh, tetapi, cara ini dapat memaksimal produktivitas kita saat bekerja. Bagaimana kita melakukannya? Buatlah simbol dengan warna:
- Hijau yang menandakan bahwa orang lagi dapat berbicara dengan kita.
- Kuning yang menandakan bahwa kita sedang tidak ingin diganggu, tetapi jika mendesak dan diperlukan, orang lain boleh mengajak kita berbicara.
- Merah yang menandakan bahwa kita sedang tidak bisa diajak berbicara. Jika mendesak, email atau pesan singkat dapat menjadi cara untuk berbicara dengan kita.
 
Gunakanlah simbol ini untuk menunjukkan status kita, apakah kita sedang tidak dapat diajak berbicara atau tidak. Beritahukan rekan kerja lainnya dengan penjelasan yang tepat. Mereka pasti akan dapat memahami situasi kita dengan baik.

2. Pertimbangkan ulang makanan yang kita konsumsi.

Ketika kita  tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak, kita cenderung akan memesan makanan dari luar saat makan siang. Makanan yang kita konsumsi berpengaruh bagi produktivitas kerja. Oleh karena itu, kita perlu memerhatikan makanan yang kita konsumsi. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat membuat kita mudah lelah dan mudah tersinggung. Tentunya ini juga akan berdampak buruk bagi kesehatan mental kita. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat menurunkan tingkat energi, dan memengaruhi kemampuan kita untuk berpikir jernih. Dan tentunya, produktivitas kerja kita juga akan menurun.
 
Jadi, kita harus bijak dalam memilih makanan. Pilihlah makanan sehat dan mengandung gizi baik. Ketika kita memasukkan asupan yang bergizi, tubuh kita akan dapat bekerja dengan optimal dan maksimal. Pastikan juga kita mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Mengonsumsi makanan secara berlebihan dapat membuat kita menjadi lamban bahkan mengalami gangguan kesehatan.
 

3. Menggunakan jasa layanan pencuci pakaian.

Pada minggu-minggu tersibuk, setiap kita pastinya ingin bersantai di rumah sebelum memulai hari yang panjang di kantor. Memiliki pakaian yang menumpuk pastinya membuat kita semakin merasa buruk. Jika dibiarkan terus menerus, ini justru malah akan membuat kita kelelahan dan kehilangan produktivitas kerja. Jadi, tidak ada salahnya memberikan cucian kepada jasa layanan mencuci.
 
Dengan begitu, kita dapat menghemat waktu lebih banyak. Lagipula, kita dapat mengantarnya saat ingin jalan ke kantor dan mengambilnya setelah pulang. Tetapi, pastikan bahwa kita memilih layanan yang terbaik dari segi harga dan kualitas yang dihasilkan. Temukan opsi yang paling terjangkau dan nyaman. Ingat, ini harus mengurangi beban kita, bukan menambah beban kita yang sudah berat.sehingga, kita dapat fokus menjalani minggu-minggu tersibuk dan tetap menjadi produktif. 
 

4. Menggunakan aplikasi yang membatasi penggunaan ponsel.

Menurut sebuah penelitian, generasi milenial dan generasi Z mengatakan mereka menghabiskan dua jam atau lebih setiap hari kerja menggunakan ponsel untuk keperluan pribadi mereka. Ya kita semua tahu bahwa kita pasti akan tergoda untuk berselancar di internet ketika kita mengalami kebosanan atau kebuntuan dengan proyek yang kita kerjakan. Padahal, ponsel dapat memperlambat kinerja otak kita dan mengurangi produktivitas kerja kita.
 
Jangan biarkan ponsel kita menghalangi produktivitas kerja kita. Sebaliknya, cobalah untuk mengunduh aplikasi yang membatasi akses kita ke aplikasi tertentu. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membatasi penggunaan aplikasi tertentu hinglga waktu tertentu daam sehari atau jumlah waktu tertentu setiap hari. Misalnya, biarkan Instagram terkunci dari pukul 10 pagi hingga 3 sore, yang merupakan waktu paling produktif di tempat kerja. Atau cobalah untuk mematikan ponsel kita selama jam kerja. Ini akan membantu kita tetap terfokus dengan pekerjaan. 
 

5. Memakai headphone sekalipun tanpa musik.

Kita akan sangat mudah terganggu ketika sedang mengerjakan satu tugas sambil mengerjakan tugas lain dengan topik yang berbeda. ini membutuhkan 20 menit lebih untuk mengembalikan fokus kita pada hal yang sebelumnya. Lama sekali, bukan? Salah satu cara untuk mengurangi gangguan adalah mencegah orang lain berbicara dengan kita. Jadi, gunakanlah headphone. Menggunakan headphone menandakan bahwa kita sedang sibuk. 
 
Namun, jika kita tidak dapat bekerja sambil mendengarkan musik, tetaplah kenakan headphone. Ini tidak hanya akan menghalangi kebisingan kantor saja. Ini juga membantu kita menghindari gangguan rekan kerja yang sedang berbicara atau berdiskusi. Dengan begitu, kita meminimalisir gangguan yang mungkin menghambat kita. Pada akhirnya, kita akan menghemat banyak waktu, dan tetap menjadi produktif, tanpa perlu mengupayakan banyak hal. 
 
Itulah 5 cara untuk meningkatkan produktivitas kerja. Gunakan 5 cara ini untuk tetap produktif sekalipun dalam minggu-minggu tersibuk kita. dengan begitu, kita akan mampu untuk menghindari gangguan-gangguan yang menghambat dan menghasilkan produktivitas tertinggi disaat yang diperlukan.

Featured Career Advice