Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Apa yang Dimaksud dengan Rencana Bisnis atau Business Plan?

Setiap orang yang ingin membangun bisnis, mereka selalu dihadapkan dengan rencana bisnis atau business plan yang harus dibuat sebelum para pengusaha dan pebisnis melangkah lebih jauh dalam kegiatan bisnis mereka. Lantas, apa yang dimaksud dengan rencana bisnis atau business plan? Rencana bisnis adalah suatu perencanaan untuk bisnis yang akan kita jalankan, baik dalam perihal biaya, tujuan, visi, misi dan lain sebagainya. Dengan kata lain, memulai bisnis tanpa suatu perencanaan bisnis adalah sebuah rencana yang beresiko sangat tinggi. 
 
Pada kenyataannya, rencana bisnis juga tidak hanya diperlukan untuk bisnis atau usaha yang berlangsung di dalam perusahaan. Namun, rencana bisnis juga diperlukan bagi setiap jenis bisnis. Misalnya, kita akan menemukan beberapa artikel mengenai contoh rencana bisnis pakaian, contoh rencana bisnis café, dan contoh rencana bisnis lainnya. Artinya, rencana bisnis perlu dimiliki bisnis kecil maupun bisnis besar. Lalu, apa yang menjadi tujuan rencana bisnis? Beberapa tujuan bisnis adalah membantu agar bisnis kita tetap berada di jalur rencana bisnis yang diinginkan, sehingga mereka akan lebih mudah dalam menggapai tujuan bisnis yang ada. Selain itu, rencana bisnis juga diperlukan untuk para pebisnis agar bisa mendapatkan bantuan atau suntikan modal dari para investor. 
 
Oleh karena itu, kita perlu merancangnya dengan format rencana bisnis yang tepat dan menyertakan materi perencanaan bisnis yang komprehensif, sehingga kita memiliki panduan yang kuat dalam menjalankan bisnis. Rencana bisnis atau business plan juga memiliki manfaat loh rekan-rekan. Salah satu manfaat rencana bisnis adalah membuat tujuan dan prioritas bisnis kita menjadi lebih jelas. 

Apakah Rencana Bisnis adalah Suatu Hal yang Sangat Penting?   

Logikanya, suatu usaha yang sudah memiliki rencana bisnis saja, rencana bisnisnya bisa berubah seiring berjalannya waktu. Lantas, bagaimana jika kita tidak memiliki rencana bisnis sama sekali? Layaknya sebuah rumah yang ingin dibangun, manusia harus memiliki rencana bangunan yang akan didirikan. Misalnya, seperti apa bentuknya, berapa tingkat rumah yang akan dibangun, bagaimana desain atapnya, dan lain sebagainya.  
 
Sama halnya dengan rumah, bisnis pun perlu memiliki rancangan-rancangan tersebut yang terkandung di dalam rencana bisnis atau business plan. Kenyataannya, rencana bisnis dalam jenis bisnis apapun akan mengalami perubahan seiring berkembangnya bisnis tersebut. Dalam fase pertumbuhan, rencana bisnis yang terus direvisi dengan tepat dapat berguna untuk meningkatkan modal bisnis, mengembangkan ekspansi bisnis dan memperkokoh bisnis kita. Nah, inilah yang membuat kehadiran rencana bisnis atau business plan menjadi semakin penting untuk dimiliki. 
 

Apa Saja Alasan yang Membuat Rencana Bisnis Menjadi Sangat Penting?

Menurut website the balance smb dot com, ada 5 alasan penting yang membuat rencana bisnis atau business plan menjadi suatu hal yang sangat vital untuk dimiliki setiap pengusaha atau pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Rencana Bisnis Berguna untuk Menguji Kelayakan Ide Bisnis.

Hal pertama yang dapat meyakinkan kita bahwa rencana bisnis adalah sesuatu yang sangat vital untuk bisnis adalah rencana bisnis dapat membantu kita untuk menguji apakah ide bisnis kita layak untuk dipertahankan atau tidak. Dengan begitu, kita tidak akan membuang-buang uang, waktu dan tenaga pada ide bisnis yang kurang tepat atau yang sudah tidak berlaku lagi di kalangan masyarakat. 
 
Rencana bisnis juga dapat diibaratkan sebagai pengaman bisnis kita agar segala kegiatan bisnis yang kita lakukan tidak keluar jalur dari rencana bisnis atau business plan yang ada. Meskipun, nantinya akan ada beberapa perubahan dalam bisnis plan kita seiring berkembangnya bisnis, namun perkembangan ini akan tetap pada jalur bisnis yang sudah dibentuk di awal. Selain itu, rencana bisnis juga akan membantu kita dalam melakukan riset yang lebih dalam pada bidang industri kita. Semakin dalam kita mengenal bidang industri kita dan semakin dalam kita mengenal para pelanggan kita, maka semakin besar pula kemungkinan bisnis kita akan meraih keberhasilan. 
 

2. Rencana Bisnis Berguna untuk Membuat Perencanaan Bisnis yang Mudah Dikelola dan Efektif. 

Jika rencana bisnis sudah menguji kelayakan ide bisnis kita, maka rencana bisnis akan memperluas peranannya untuk mempermudah kita dalam membuat perencanaan bisnis yang mudah dikelola dan efektif. Faktanya, rencana bisnis bukan hanya diperlukan untuk bisnis yang baru ingin berkembang, namun rencana bisnis juga tetap diperlukan bagi bisnis-bisnis yang sudah lama berdiri, kokoh dan mapan. 
 
Mengapa demikian? Bisnis yang efektif adalah bisnis yang selalu mengalami perkembangan atau dinamis. Oleh karena itu, rencana bisnis akan terus berubah dan berkembang seiring berkembangnya bisnis tersebut. Nah, rencana bisnis akan membantu kita untuk meninjau apa saja tujuan yang telah dicapai selama ini, perubahan apa saja yang diperlukan dalam bisnis kita, perbaikan apa yang harus ditambahkan ke dalam rencana bisnis, rencana bisnis apa yang mudah untuk dilaksanakan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kehadiran rencana bisnis bukan hanya mengawali perjalanan bisnis kita sejak awal, namun juga membimbing bisnis kita sampai kapanpun.
 

3. Rencana Bisnis Berguna untuk Mengatur dan Mengamankan Pendanaan. 

Poin ketiga yang membuat rencana bisnis menjadi suatu hal yang sangat penting adalah rencana bisnis atau business plan dapat membantu kita dalam mengatur dan mengamankan pendanaan bisnis. Kita semua tahu bahwa setiap bisnis pasti memiliki modal uang, bukan? Baik modal awal dan modal operasional, semuanya sangat memerlukan perencanaan bisnis yang jelas. Masalahnya, jika kita tidak memiliki rencana bisnis yang jelas, maka akan sulit bagi kita untuk mendapatkan pinjaman bank. 
 
Terlebih lagi bagi bisnis yang sudah mapan dan berdiri cukup lama, bisnis seperti ini akan membutuhkan dana yang lebih banyak. Sehingga, rencana bisnis atau business plan yang jelas akan semakin dibutuhkan demi keberlangsungan bisnis di masa sekarang dan masa depan
 

4. Rencana Bisnis Berguna untuk Menarik Para Investor atau Donatur untuk Bergabung dengan Bisnis Kita. 

Hampir sama dengan poin sebelumnya, rencana bisnis yang jelas dan tersusun dengan baik akan membantu kita untuk mendapatkan dana atau tambahan modal dari para investor yang ingin menanamkan modal mereka pada bisnis kita. Bukan hanya itu, ini juga akan memudahkan para donatur untuk memberikan bantuan modal pada bisnis kita. Sehingga, kita bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih luas dan lebih mapan. 
 
Oleh karena itu, kita harus menjaga kejelasan rencana bisnis dengan sebaik mungkin, karena investor dan donatur bisa saja mengecek rencana bisnis kita kapanpun mereka membutuhkannya. Jangan sampai investor atau donatur malah tertarik dengan bisnis pesaing kita ya, rekan-rekan. 
 

5. Rencana Bisnis Berguna untuk Memberi Peluang Kesuksesan Bisnis yang Terbaik. 

Hampir semua pebisnis sepakat bahwa rencana bisnis akan membantu bisnis mereka untuk meraih peluang kesuksesan yang lebih tinggi, karena rencana bisnis akan membantu kita untuk mengembangkan ide bisnis, menguji kelayakan ide bisnis, mengatur pendanaan dengan baik, dan segenap manfaat lainnya yang akan membuat bisnis kita menjadi lebih hidup dan mudah untuk berkembang. 
 
Memang benar bahwa tidak ada jalan yang mudah bagi setiap bisnis untuk meraih kesuksesan. Ibaratnya, kesuksesan suatu bisnis tidak bisa didapatkan dalam waktu satu hari satu malam saja. Akan tetapi, rencana bisnis yang baik akan membantu kita untuk tetap berada dalam panduan yang benar. 
 

Kesimpulannya, Rencana Bisnis Sangatlah Penting

Merancang rencana bisnis memang akan menyita waktu kita, karena rencana bisnis tidak bisa selesai dalam waktu sekejap mata. Kita perlu memikirkan beberapa pertimbangan yang matang, sampai akhirnya kita yakin dengan rencana bisnis atau business plan yang ada. Namun, menjalankan bisnis tanpa rencana bisnis yang tepat hanya akan mendorong kita pada “lubang risiko yang sangat dalam”. Namun memang beginilah kenyataannya, rencana bisnis yang kuat akan membawa kita pada bisnis yang kuat. Jadi, jangan remehkan proses pembuatan rencana bisnis yang tepat ya, rekan-rekan Career Advice.