Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Setiap orang terlahir dengan jiwa pemimpin di dalam dirinya, namun tidak semua orang bisa memimpin banyak orang dengan baik dan benar. Inilah alasan mengapa beberapa orang mengatakan bahwa karakter kepemimpinan seseorang itu adalah anugerah dari Tuhan yang diberikan kepada mereka sejak lahir. Dengan kata lain, karakter kepemimpinan yang mereka miliki bukanlah sesuatu yang dilatih ketika sudah lahir atau beranjak dewasa. 
 
Namun, pada artikel kali ini kita tidak akan membahas apakah seorang pemimpin memiliki karakter kepemimpinan yang diwarisi sejak lahir? Atau, apakah seorang pemimpin memiliki karakter kepemimpinan yang selalu dilatih secara terus-menerus. Kedua pertanyaan tersebut tidak akan menjadi fokus pada artikel kali ini, karena pada kali ini kita akan membahas tentang 4 karakter kepemimpinan yang wajib, kudu dan harus dimiliki oleh semua orang yang ingin menjadi pemimpin atau sedang menjabat sebagai pemimpin
 
Sebenarnya, ada 40 lebih karakter kepemimpinan yang perlu dimiliki oleh individu agar bisa menjadi pemimpin yang baik. Namun, kami merangkumnya menjadi 4 karakter kepemimpinan utama yang WAJIB dimiliki oleh setiap pemimpin yang dikutip dari website entrepreneur. 
 

1. Pemimpin Harus Berkarismatik.  

Salah satu alasan kuat yang membuat banyak orang mengikuti dan patuh terhadap nasihat dan kebijakan-kebijakan yang disampaikan oleh seorang pemimpin adalah karisma. Karisma itu bagaikan magnet yang sangat memikat dan membuat banyak orang terhipnotis dengan segala ucapan dan tindakan yang dilakukan oleh seorang pemimpin. 
 
Sebagian orang mengatakan bahwa seorang pemimpin yang berkarismatik terkadang tidak perlu berbicara apapun atau memerintahkan apa-apa, namun kehadiran mereka benar-benar sangat berarti. Semua orang seperti takluk akan kehadirannya dan percaya bahwa pemimpin ini dapat membawa mereka ke arah yang lebih baik.  
 
Ketika seorang pemimpin sudah memiliki karakter kepemimpinan ini, mereka dapat mengkomunikasikan visi mereka dengan sangat baik kepada orang lain, mereka sangat mudah meyakinkan orang-orang di sekitarnya untuk percaya terhadap pendapat dan ide-ide yang mereka sampaikan. Tidak hanya itu, orang-orang atau anggota dari pemimpin ini akan mudah untuk mematuhi, mengikuti dan mengambil tindakan atas apapun yang diperintahkan oleh pemimpinnya. 
 
Pemimpin yang berkarismatik tidak harus berwajah tampan atau cantik, namun mereka memang memiliki aura kepemimpinan yang sangat berbeda dengan orang-orang di sekitarnya sehingga, mereka memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap sebuah organisasi atau perusahaan. Untuk menjadi pemimpin yang berkarismatik, kita perlu melatih cara bicara kita yang tegas dan bijaksana. 
 
Selain itu, seorang pemimpin juga perlu memiliki keyakinan yang kuat dan percaya diri atas segala kebijakan yang mereka putuskan. Oh ya! Para pemimpin yang berkarismatik juga tidak akan pernah melupakan rasa empati. Mereka sangat tahu bagaimana caranya memberi perhatian dan bersikap empati terhadap anggota timnya. Jadi, siapa pemimpin yang berkarismatik di mata rekan-rekan pembaca? 
 

2. Pemimpin Harus Memiliki Visi. 

Memiliki karisma yang kuat saja tidak cukup loh! seorang pemimpin yang hebat harus memiliki visi yang jelas di dalam hidupnya. Apabila dia adalah seorang pemimpin sebuah organisasi atau perusahaan, penting baginya untuk menghindari visi pribadi. Sebagai seorang pemimpin perusahaan, dia harus membawa visi bersama, bukan pribadi. Dengan kata lain, semua visi dibuat atas nama kepentingan dan kebaikan bagi semua anggota dan seluruh lapisan departemen, tanpa terkecuali. 
 
Akan tetapi, memiliki visi saja juga tidak cukup. Visi yang tidak dijalani hanya seperti skrip impian belaka. Bill Gates mengatakan bahwa dia memiliki visi yang jelas terhadap komputer pada setiap meja di rumahnya, dan visi ini telah membuat Bill Gates memiliki tujuan hidup yang berarti.  
 
Visi yang baik bukan hanya terdiri dari tujuan-tujuan yang membawa semua anggota ke arah yang lebih baik, namun juga menghidupkan kembali semangat hidup yang dimiliki para anggota timnya. 
 
Selain Bill Gates, kami yakin rekan-rekan Career Advice pernah mendengar nama Elon Musk dan Mark Zuckerberg, bukan? Kira-kira apa yang ada di dalam pikiran rekan pembaca saat mendengar kedua nama tersebut, apakah rekan pembaca berpikir bahwa mereka mencari ketenaran demi mendapatkan uang banyak? Atau, mereka adalah orang-orang yang fokus pada visi hidupnya tanpa memikirkan kepopularitasan?
 
Dari kedua pertanyaan tersebut, yang paling benar adalah Elon Musk dan Mark Zuckerberg sangat berfokus pada visi mereka. Ketenaran, kekayaan dan keuntungan hanyalah hasil lain yang datang dari konsistensi mereka dalam mewujudkan visi yang dimiliki. Apa buktinya jika mereka tidak terlalu mementingkan ketenaran? Contohnya saja Mark Zuckerberg, meskipun dia adalah seorang pengusaha yang sukses, namun gaya hidup dan cara berpakaiannya masih terbilang sangat sederhana. Tidak hanya itu, mereka bahkan rela untuk menyumbangkan kekayaan mereka kepada orang-orang yang membutuhkan dan menyumbang banyak untuk kegiatan-kegiatan yang bermisi kemanusiaan. 
 
Dari Bill Gates, Elon Musk dan Mark Zuckerberg, kita dapat belajar bahwa pemimpin yang baik dan hebat bukan hanya membangun visi yang hebat untuk organisasi atau perusahaannya, namun mereka juga menjalankan visi kemanusiaan yang memberi banyak kebaikan bagi manusia-manusia lainnya, yang bahkan tidak memiliki keterkaitan apapun dengan organisasi atau perusahaan mereka. 

3. Pemimpin Harus Memiliki Ketekunan yang Tinggi.

Lagi-lagi, visi yang hebat dan tertata dengan baik juga bukan jaminan seseorang dapat menjadi pemimpin yang tangguh. Sebagus apapun rencananya, jika seorang pemimpin tidak bisa bertahan lama dan mudah untuk menyerah dalam penerapannya, maka dia tidak bisa dikatakan sebagai pemimpin yang tangguh. 
 
Kriteria kepemimpinan ketiga yang harus dimiliki setiap pemimpin hebat adalah memiliki ketekunan yang tinggi. Visi yang hebat tidak memberikan jaminan apapun bahwa pemimpin dan pengikutnya akan mencapai tujuan dengan mudah. Namun, ketekunan yang dimiliki seorang pemimpin akan mendorong mereka untuk bisa sampai ke tujuan bersama. Ketekunan disini juga bisa diartikan sebagai sikap yang pantang menyerah. 
 
Sehebat apapun badai yang menerpa, seorang pemimpin dengan ketekunan yang tinggi selalu punya cara untuk bangkit dan meneruskan langkahnya. Mereka memiliki perspektif yang berbeda terhadap kegagalan. Jika orang-orang biasa menganggap kegagalan adalah suatu hal yang sangat memalukan dan menghambat kesuksesan, para pemimpin hebat akan berpikir bahwa kegagalan merupakan peluang lain untuk membawa mereka pada tujuan yang diinginkan. 
 
Mari kita lihat kisah hidupnya Jack Ma. Siapa sih yang tidak kenal dengan pendiri Alibaba ini? Sebelum menjadi pengusaha sukses yang memimpin banyak bisnis seperti sekarang ini, Jack Ma pernah ditolak sebanyak 30 kali dari setiap peluang kerja yang diusahakannya. Bahkan, Jack Ma juga pernah ditolak KFC dan akademi kepolisian Cina. Namun, Jack Ma tidak menganggap kegagalan ini sebagai dunia yang sudah berakhir, dia tetap yakin bahwa dia akan meraih kesuksesan dari ketekunannya. Sekarang, kita bisa lihat kan Jack Ma sehebat dan sesukses apa? 
 
Itulah mengapa pemimpin yang hebat dan tangguh harus memiliki ketekunan yang tinggi agar segala visi-nya dapat terwujud dengan baik.
 

4. Pemimpin Harus Bertanggung Jawab. 

Dari semua upaya kepemimpinannya, seorang pemimpin tidak dapat sepenuhnya menjadi pemimpin yang hebat jika mereka tidak memiliki karakter kepemimpinan yang bertanggung jawab. Seorang pemimpin harus bisa bertanggung jawab atas segala hal yang dilakukannya, dan juga bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan anggota timnya. 
 
Dari 4 karakter utama di atas, apakah rekan-rekan Career Advice sudah memiliki semua karakter kepemimpinan di atas? Jika sudah, selamat ya! Pertahankan kualitas kepemimpinan Anda. Namun, jika belum juga tidak masalah. Kita semua masih memiliki waktu untuk terus belajar menjadi pemimpin yang baik, hebat dan tangguh. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Communication

Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Leadership

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Leadership

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

Leadership

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

Emotional Intelligence

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

Leadership

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

Leadership

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

Happiness

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

Motivation

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

Self Improvement

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan

Self Improvement

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan

4 Cara Tetap Bahagia Meskipun Menghadapi Banyak Hambatan

Happiness

4 Cara Tetap Bahagia Meskipun Menghadapi Banyak Hambatan

Sebelum Waktu Tidur, Tanyakan 5 Pertanyaan Ini pada Diri Sendiri

Self Improvement

Sebelum Waktu Tidur, Tanyakan 5 Pertanyaan Ini pada Diri Sendiri