×
STUDILMU Career Advice - 4 Cara Sukses Membangun Finansial
Self Improvement

4 Cara Sukses Membangun Finansial

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Pada artikel kali ini saya akan mengutip sebuah cerita nyata yang dialami oleh sahabat saya. Lima tahun silam, dia memiliki hutang yang begitu banyak dan pada saat itu dia berpikir bahwa dia tidak akan pernah sanggup untuk melunasi semua hutang-hutangnya tersebut. 
 
Hari itu, saya berusaha untuk menyemangati sahabat saya, dan dia memutuskan untuk membeli sebuah buku kecil yang telah mengubah hidupnya. Di dalamnya, dia menuliskan semua angka yang menakutkan yaitu, angka dari total hutang yang dia miliki. Ajaib! Ternyata itu adalah langkah awal sahabat saya untuk dapat melunasi semua hutang-hutangnya. 
 
Apa yang membuat dia tidak dapat melakukannya lebih awal? Itu bukan jumlah hutang itu sendiri, namun pemikiran kita yang mungkin dapat menghalangi segala usaha kita.  
 
Pemikiran Anda akan mempengaruhi perilaku Anda. Ya, seberapa banyak kita memikirkan sesuatu, hal itu akan mempengaruhi kita.
 

1. Jangan Pernah Berpikir Bahwa “Anda Tidak Akan Pernah Kaya”

Saya sarankan Anda jangan pernah berpikir seperti ini. Kenapa? pemikiran semacam ini sangatlah berbahaya, karena keyakinan Anda akan membimbing tindakan Anda dan hal itu bisa saja benar-benar terjadi. Anda tidak akan menjadi disiplin untuk mengelola keuangan Anda dan bergerak maju untuk lebih baik dalam mengatur keuangan. 
 
Apa yang harus Anda katakan adalah: “Saya adalah seorang pekerja keras dan saya yakin dengan kerja keras saya ini akan membuat saya kaya.”
 
Anda juga perlu membuat definisi ‘kaya’ bagi diri Anda sendiri, agar Anda tahu apakah Anda sudah mencapai kekayaan itu atau belum. Apakah arti "kaya" berarti Anda memiliki tabungan masa tua yang sangat cukup? Anda memiliki banyak rumah dan tanah? Atau hal-hal lain yang dapat Anda definisikan sebagai sebuah kekayaan. 
 

2. Jangan Pernah Berpikir Bahwa “Memiliki Banyak Uang Akan Membuat Saya Lebih Bahagia”

Pada kenyataannya penelitian telah menunjukkan bahwa, uang sama sekali tidak dapat memberikan kebahagiaan yang lebih banyak kepada manusia.
 
Bagi kebanyakan orang yang memiliki pendapatan kerja yang lebih tinggi, tinggal di rumah yang lebih besar, dan memiliki mobil yang mewah akan merasa ‘terkejut’ saat mereka harus menghadapi kemunduran karier di dalam hidup mereka. Hal ini dikarenakan mereka telah terbiasa dengan gaya hidup yang mewah. 
 
Jika uang tidak dapat membeli kebahagiaan, tidak ada gunanya menunggu untuk melakukan hal-hal yang dapat membuat Anda bahagia. Lakukanlah segala kegiatan yang dapat membuat Anda bahagia. ujuannya bukan hanya untuk memiliki lebih banyak uang. Namun, itu untuk mencari tahu tujuan dan makna hidup Anda dan menetapkan tujuan untuk masa depan. Sekarang adalah waktu untuk menjadi seperti yang Anda inginkan.
 

3. Jangan Merasa Terjebak atas Pekerjaan yang Tidak Anda Sukai

Tahukah Anda bahwa pemikiran ini akan membatasi gerak Anda untuk melangkah maju ke depan, mungkin ke dalam pekerjaan yang lebih baik.
 
Anda harus mengatakan hal ini: "Saya dapat memiliki karir yang saya inginkan, dan saya akan mengusahakannya." Setelah Anda tahu kemana tujuan Anda, mulailah untuk mewujudkannya. 
 

4. Bijak Dalam Menggunakan Uang Sangatlah Penting

Anda harus mengatakan hal ini kepada diri Anda "Saya akan membuat keputusan yang lebih baik dan bijak dalam mengatur keuangan saya."
 
Ya, bertanggung jawab secara finansial adalah sebuah pilihan bagi setiap orang. Masing-masing orang akan memiliki pilihan yang berbeda. Apakah mereka akan menghabiskan uang mereka begitu saja? atau menggunakannya dengan bijak dan tidak lupa untuk menabung keperluan di masa depan. 
 
Semua pilihan itu ada ditangan Anda. Jika Anda sedang berusaha untuk membangun finansial Anda, cobalah untuk lebih bijak dan berpikiran positif bahwa Anda dapat meraih standar kecukupan serta kekayaan yang telah Anda definisikan.

Featured Career Advice