×
STUDILMU Career Advice - 4 Cara Menunjukkan Apresiasi
Leadership

4 Cara Menunjukkan Apresiasi

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Pada era millennial ini, mengucapkan kata “terima kasih” mungkin hanya formalitas semata.
 
Setiap harinya kita akan berhadapan dengan beberapa situasi yang memang sangat memerlukan bantuan orang lain. Ucapan “terima kasih” tentunya adalah ungkapan yang sangat tepat untuk menghargai bantuan orang lain. Namun, seringkali, ucapan "terima kasih" hanya digumamkan sebagai suatu bentuk formalitas tanpa benar-benar memaknainya.
 
Pada artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa cara yang terbaik untuk menunjukkan apresiasi Anda kepada orang lain, dibandingkan hanya mengucapkan dua kalimat umum, yaitu “terima kasih”. 
 

1. Katakan “Anda Telah Menyelamatkan Saya”

Tidak hanya ucapan “terima kasih” namun, membuat orang yang membantu kita seakan-akan seperti “penyelamat hidup” kita adalah hal yang baik. Ya, memang Tuhan adalah sebaik-baiknya pelindung dan penyelamat setiap makhluk. Namun, dengan sikap seperti ini Anda membuat orang tersebut sebagai media pertolongan dari Tuhan kepada Anda, dan tentunya akan membuatnya merasa cukup bahagia karena telah bermanfaat bagi orang lain, yaitu dengan menolong Anda. 
 
Bagaimana cara yang mudah untuk melakukan hal ini? Jelaskanlah bagaimana orang itu membantu Anda adalah langkah terbaik untuk memulai. Sebagai contoh, salah satu rekan kerja Anda mengerjakan tugas Anda, dan berikanlah apresiasi yang luar biasa terhadap rekan kerja Anda dengan mengatakan, “Proyek kerja saya memang sudah terlalu banyak, dan kamu telah menjadi penyelamat hidup saya dengan membantu saya mengerjakan salah satu proyek saya, kamu sangat hebat dan benar-benar seorang penyelamat.”
 

2. Katakan “Saya Sangat Menghargai Bantuan Anda”

Ucapan ini mungkin memang tidak terlihat berbeda dengan kalimat "terima kasih", karena keduanya memiliki arti yang sama. Namun, secara eksplisit ucapan ini memberikan dampak yang jauh lebih besar dan lebih baik daripada hanya mengatakan “terima kasih” secara berulang-ulang. 
 
Kalimat “Saya Sangat Menghargai Bantuan Anda” juga menunjukkan bahwa Anda tidak hanya mengenali upaya orang itu untuk membantu Anda, tetapi Anda juga sangat berterima kasih atas bantuannya. Selain itu, Anda tidak hanya menghargai apa yang telah dilakukan olehnya namun, Anda juga mengakui siapa yang melakukan tindakan baik tersebut.

3. Katakan "Bagaimana saya bisa membalas pertolongan Anda?"

Jika Anda memiliki kesempatan emas untuk dapat membalas budi orang yang telah menolong Anda, maka jangan lepaskan kesempatan berharga tersebut. 
 
Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda dari membalas budi orang-orang yang menolong Anda, ketika Anda memiliki kesempatan. Jadi, mengajukan pertanyaan ini adalah cara langsung untuk menunjukkan bahwa Anda siap untuk membalas sikap terpuji orang tersebut dan Anda benar-benar menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai apa yang dia lakukan terhadap Anda. 
 
Mungkin kebanyakan orang akan menjawab “Jangan khawatir” atau “Tidak apa-apa, saya menolong kamu dengan tulus dan ikhlas, tidak mengharapkan apapun.”
 
Tapi, bukan berarti dengan menanyakan hal itu adalah sesuatu yang sia-sia. Sekali lagi, ini adalah cara yang efektif untuk membuat orang itu merasa diakui dan dihargai secara spesial.
 

4. Tindakan Jauh Lebih Berarti dari Ucapan 

Ya, kami percaya bahwa tindakan adalah sesuatu yang lebih berarti untuk mengapresiasi seseorang dari sekedar ucapan “terima kasih”. 
 
Seperti yang Anda ketahui bahwa sebuah perkataan dengan sebuah aksi, adalah dua hal yang sangat berbeda. Sering kali orang akan setuju bahwa “sebuah aksi” adalah cara yang dapat dipercaya bahwa seseorang benar-benar membuktikan apa yang diucapkannya. Namun, jika seseorang hanya pandai dalam berkata-kata, belum tentu realisasinya dia dapat membuktikan apa yang dia katakan ke dalam sebuah “aksi nyata”. 
 
Lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk tidak hanya mengatakan bahwa Anda sangat menghargai orang-orang yang telah membantu Anda, tetapi tunjukkanlah dengan sebuah aksi yang nyata. 
 
Nah, sekarang Anda memiliki beberapa opsi lain dalam mengucapkan serta menunjukkan rasa terima kasih Anda terhadap orang lain. Sekarang Anda dapat mencoba salah satu dari keempat opsi di atas, dan membangun hubungan yang baik dengan terus menghargai hal-hal kecil maupun besar yang sangat berarti di dalam hidup Anda yang mereka lakukan terhadap Anda. Selamat mencoba! 

Featured Career Advice