×
STUDILMU Career Advice - 4 Cara Memperbaiki Diri dan Mendapatkan Promosi
Self Improvement

4 Cara Memperbaiki Diri dan Mendapatkan Promosi

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca, apa perasaan Anda ketika mendengar kata ‘promosi?’ menyenangkan, bukan? Promosi adalah hal yang kita nantikan, terutama dalam karier yang kita geluti. Kita pasti menginginkan jenjang karier yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Namun, seringkali promosi yang ada di depan mata terlewatkan begitu saja. Apa yang salah? Entah karena kita dipandang tidak cocok atau kurang maksimal. Apapun itu, kehilangan kesempatan untuk dipromosi adalah hal yang menyakitkan.
 
Tetapi tenang saja, kali ini kita akan membahas 4 cara memperbaiki diri dan mendapatkan promosi yang dapat menjadi panduan rekan pembaca. Sehingga, ketika Anda dihadapkan dengan kesempatan untuk dipromosi, Anda tidak akan melewatkannya begitu saja. 
 

1. Tunjukkan bahwa Anda siap untuk dipromosi.

Cara memperbaiki diri dan mendapatkan promosi yang pertama adalah menunjukkan bahwa Anda siap untuk dipromosi. Tunjukkan kesiapan Anda dengan menjalankan tanggung jawab saat ini dan mencari peluang untuk menangani tanggung jawab tambahan terkait dengan promosi. 
 
Sebagai contoh, rekan saya, seorang manajer pemasaran, percaya bahwa ia siap untuk dipromosikan menjadi peran direktur dengan bertanggung jawab terhadap lima laporan sekaligus, meskipun saat ini ia tidak memiliki tanggung jawab terhadap manajemen kepegawaian. Untuk menunjukkan kemampuannya mengelola tim, ia mencari peluang untuk memimpin tim sebuah proyek antar departemen. Dia bertanya kepada bosnya apakah dia bisa memimpin tim tersebut dan mendapatkan tugas yang lebih. Dan hasilnya? Ia mendapatkan peluang tersebut dan promosi yang diimpikannya.
  
Hal apa yang dapat kita simpulkan dari kisah tersebut? Setiap kita pastinya memiliki banyak peluang. Permasalahannya adalah apakah kita benar-benar menunjukkan bahwa diri kita memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah promosi. Jika ya, tunjukkan. Biarkan rekan maupun atasan Anda dapat melihat kemampuan Anda yang sebenarnya. 

2. Membangun citra diri yang positif.

Cara memperbaiki dan mendapatkan promosi yang kedua adalah membangun citra diri yang positif. Setiap orang ingin dikenal sebagai orang yang sangat positif, jadi perhatikan hubungan yang Anda miliki. Adakah suatu hubungan yang tidak baik dan berpotensi merusak citra diri yang positif? Untuk mengetahuinya, cobalah mencatat hal-hal yang diketahui oleh para pemegang saham, atasan, bawahan, rekan kerja atau bahkan orang-orang lain diluar departemen Anda tentang Anda.
 
Apakah Anda memiliki hubungan yang erat dengan rekan-rekan Anda sebagaimana mestinya? Jika tidak, cari cara untuk memperbaikinya. Salam sederhana ‘selamat pagi’ ketika Anda memasuki ruangan kantor dapat membuat sebuah perbedaan yang besar. Jadi, cobalah untuk mengucapkan salam sederhana dan kenakan senyum tulus di wajah Anda. Nantinya, Anda akan merasakan suasana yang lebih akrab dan lebih bersahabat. Pastikan bahwa Anda memiliki hubungan baik dengan setiap orang. Sehingga, ketika para pemegang saham menilai kinerja dan performa Anda, hubungan baik yang Anda miliki dengan semua orang dapat menjadi satu nilai plus.

3. Tunjukkan kepemimpinan.

Cara memperbaiki dan mendapatkan promosi yang ketiga adalah menunjukkan kepemimpinan Anda. Kepemimpinan berarti mampu mengambil inisiatif untuk mengembangkan visi dengan cara yang lebih baik, memengaruhi orang lain untuk bergabung dan pada akhirnya menunjukkan hasil yang maksimal. 
 
Kemampuan kepemimpinan ini dapat ditunjukkan dalam berbagai hal. Anda tidak perlu memiliki bawahan untuk menjadi pemimpin. Mengerjakan setiap tugas dan tanggung jawab sebaik mungkin menunjukkan bahwa Anda telah memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.
 
Sebagai contoh, sebagai karyawan junior, rekan saya mengambil inisiatif pada peran barunya dalam beberapa bulan pertama. Ia mengerjakan lebih dari tanggung jawab pekerjaannya dalam memproduksi dan mendistribusikan laporan. Dia datang dengan visi pembuatan struktur laporan yang lebih baik, ia juga mendapatkan kepercayaan dari atasan dan para pemegang saham. Inisiatif kepemimpinan ini adalah alasan utama mengapa ia menerima promosi sekalipun ia baru menjalankan perannya selama satu tahun.
 
Jadi, jika rekan pembaca ingin mendapatkan promosi, tunjukkan kepemimpinan Anda. mulailah dengan memimpin diri sendiri. Lakukan pekerjaan Anda dengan maksimal dan berikan yang terbaik. Dengan begitu, orang lain akan dapat melihat potensi Anda untuk memimpin sebuah tim bahkan sebuah proyek.
 

4. Bicarakan promosi yang Anda inginkan.

Cara memperbaiki dan mendapatkan promosi yang keempat adalah membicarakan promosi yang Anda inginkan dengan manajer atau bos Anda. Mengapa ini perlu dilakukan? Karena mungkin saja bos Anda tidak menyadari keinginan Anda untuk mendapatkan promosi dalam organisasi dan bahkan mungkin menganggap Anda begitu saja dalam peran saat ini. Bagaimana ini dapat dilakukan?

- Pilih waktu yang tepat.

Ya, temukan waktu terbaik untuk membicarakan promosi dengan atasan Anda.
Mengadakan pertemuan untuk membahas perjalanan karier Anda. jika perlu, mintalah untuk mengadakan pertemuan khusus yang akan membahas kejelasan karier dan apakah Anda memiliki peluang untuk mendapatkan promosi.

- Utarakan keinginan Anda di dalam rapat.

Ketika Anda berhasil mengatur sebuah pertemuan, utarakan apa yang Anda inginkan. Sampaikan keinginan Anda untuk mendapatkan promosi untuk karier Anda saat ini. ini adalah awal yang baik untuk memulai bernegosiasi dengan bos Anda. 
 
Itulah 4 cara memperbaiki diri dan mendapatkan promosi dalam pekerjaan Anda. Berusaha untuk memperbaiki diri Anda dan menunjukkan kemajuan juga kepantasan Anda sebelum Anda meminta promosi yang diinginkan. Jika rekan pembaca telah melakukan semua hal ini dan masih belum mendapatkan promosi, itu karena Anda tidak berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Keberuntungan juga memiliki peran dalam hal ini.
 
Tetapi percayalah, peluang akan promosi itu akan menghampiri Anda dan pastikan Anda telah siap untuk menggunakan peluang itu sebaik mungkin. Selamat berjuang rekan-rekan, salam sukses.

Featured Career Advice