Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 4 Cara Melatih Tim Di Era Millennial

4 Cara Melatih Tim Di Era Millennial


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Kemajuan teknologi telah membantu banyak perusahaan untuk dapat membuat pelatihan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Kabar baiknya, teknologi datang untuk menyelamatkan perusahaan-perusahaan kecil dengan anggaran terbatas, namun ingin memberikan pelatihan kepada tim mereka untuk berkembang lebih baik. 
 
Nah, jika Anda mencari cara untuk melatih tim Anda dengan anggaran yang minim, tetapi dilakukan secara efisien dan efektif, berikut adalah opsi pelatihan berbasis teknologi yang mungkin dapat diikuti. 
 

1. Kursus pelatihan online dapat menjadi ide yang terbaik 

Apakah Anda ingin meningkatkan keterampilan tim Anda melalui kursus yang terstruktur? Pelatihan online sangat ideal untuk menjadi pilihan. Melalui pelatihan online, kita dapat mengatur berapa anggota tim belajar, topik pembahasan apa yang akan dipilih dan pengaturan lainnya dapat disesuaikan sesuai kenyamanan perusahaan itu sendiri.
 
Kabar baiknya, kita tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan. Itulah mengapa pelatihan online biasanya lebih murah daripada menghadiri seminar secara langsung.
 

2. Melakukan panggilan video

Panggilan video atau yang biasa disebut sebagai video call adalah salah satu cara yang efektif untuk belajar sesuatu. Jika kita perlu menunjukkan sesuatu kepada pekerja jarak jauh tentang cara melakukan sesuatu, seperti cara menyiapkan laporan spreadsheet, cara yang ideal adalah dengan melakukan panggilan video. Guru dan peserta pelatihan dapat berada di depan komputer dan mereka dapat melihat layar yang sama, sambil berbicara melalui telepon atau audio komputer. Menarik bukan? Beberapa contoh aplikasi panggilan video dapat menggunakan Skype, Join Me atau Screenleap.  
 
Semuanya menawarkan cara cepat dan sederhana untuk berbagi layar Anda dengan kolega maupun rekan bisnis yang berada di luar kota maupun luar negeri. Masing-masing hanya membutuhkan beberapa detik untuk mengatur panggilan video, dan tentunya gratis (hanya mengandalkan internet).
 

3. Merekam video instruksional atau tutorial

Wah, kalau ini sih sudah banyak sekali orang-orang yang mempraktikkannya. Hampir semua orang di dunia, terutama para generasi muda dengan gadget yang mendukung mereka untuk dapat mengakses video dan membuat video secara keren. 
 
Hal ini juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk merekam dan membuat video instruksional seperti bagaimana menggunakan peralatan baru atau menguasai teknik kerja khusus. Sebagai contoh, bagaimana cara membuat laporan dengan menggunakan Microsoft excel. Jika Anda mahir dalam mengoperasikannya, dengan merekamnya melalui video, Anda sudah dapat memberikan kontribusi yang besar bagi mereka yang ingin belajar menggunakan Microsoft excel.
 
Belajar melalui video memiliki beberapa keuntungan seperti, penonton dapat meninjau video beberapa kali untuk memastikan pemahaman mereka. Karena alasan ini, video tidak hanya baik untuk melatih pekerja jarak jauh, tetapi bagi mereka yang bekerja di fasilitas yang sama. Selain itu, video juga memberikan cara belajar yang efektif. Pemberi materi dapat merekam video sesuai jadwal mereka sendiri, dan penonton atau peserta juga dapat menontonnya sesuai jadwal mereka. Tentunya sih, tidak perlu capek untuk menyusun jadwal pelatihan.
 

4. Cari referensi di YouTube 

Siapa yang belum pernah menonton video tutorial di YouTube? Yap! Bisa saya pastikan bahwa begitu banyak orang di dunia yang bergantung pada YouTube. 
 
Jika Anda sedang ingin mencari informasi atau bahkan ide-ide cemerlang, kemungkinan besar orang akan segera membuka aplikasi YouTube di ponsel mereka. 
 
Cukup mengetik "cara" di YouTube untuk video yang ingin dipelajari, maka Youtube akan segera menampilkan beberapa video yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari.  
 
Kini melatih tim tidak harus rumit karena beberapa teknologi di atas akan sangat membantu perkembangan tim Anda. Jadi, sekarang kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lagi untuk menambah ilmu dan keterampilan. Cukup dengan internet yang cepat, dan akses ilmu-ilmu bermanfaat melalui teknologi di era millennial ini. Selamat mencoba!