Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan di Luar Jam Kantor

4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan di Luar Jam Kantor


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Pengertian Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik adalah kegiatan dalam menggerakan anggota tubuh terutama otot-otot tubuh, yang mana gerakan ini bertujuan untuk membentuk tenaga atau energi. Aktivitas fisik juga sering disebut sebagai physical activities yaitu, gerakan fisik yang dilakukan oleh berbagai macam otot serta sistem yang menunjangnya. 
 
Aktivitas fisik atau physical activities bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2011 oleh salah satu perusahaan rekrutmen yaitu, The Creative Group telah menunjukkan bahwa para karyawan yang bersosialisasi dan berinteraksi dengan rekan-rekan kerja mereka, terutama di luar pekerjaan akan sangat menikmati pekerjaan mereka di kantor. Tidak hanya itu, para karyawan akan lebih bersemangat dan termotivasi dalam bekerja sehingga tingkat produktivitas mereka akan semakin meningkat. Dari survei ini kita bisa tahu bahwa aktivitas fisik ternyata memiliki banyak manfaat. Manfaat aktivitas fisik bukan hanya menyehatkan tubuh, namun juga meningkatkan produktivitas kerja
 
Hasil survei ini juga didukung oleh Beth Braccio Herring dari CareerBuilder dot com bahwa aktivitas fisik dapat membantu membina kerja tim, membangun networking, dan membantu karyawan untuk memiliki pengetahuan tentang budaya perusahaan dan rasa bersosialisasi yang sangat menyenangkan dengan rekan-rekan kerja lainnya. Hasilnya, semua manfaat aktivitas fisik tersebut dapat membawa kita pada kesuksesan karier. Penjelasan ini membuka mata dan pikiran kita bahwa prinsip aktivitas fisik bukan hanya melatih otot-otot untuk bergerak, namun juga mendorong kita untuk menjadi lebih produktif. 
 
Aktivitas fisik menurut Kemenkes (Kementerian Kesehatan) adalah aktivitas otot yang dapat terbagi menjadi tiga bagian yaitu, aktivitas fisik sehari-hari, aktivitas fisik dengan latihan dan aktivitas secara olahraga. Masih ingat tidak ketika rekan-rekan pembaca duduk di bangku sekolah, aktivitas fisik menjadi bagian terpenting untuk menjaga kesehatan para pendidik. Misalnya, setiap hari Sabtu pagi, sekolah mengadakan aktivitas fisik penjas. Coba sebutkan macam-macam aktivitas fisik yang pernah rekan pembaca lakukan? Mungkin contohnya adalah senam atau berlari maraton. 
 

4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan di Luar Jam Kantor

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang beberapa aktivitas fisik yang harus kita lakukan bersama rekan-rekan kerja di luar jam kantor.

1. Aktivitas Fisik untuk Mengenal Norma-Norma dan Keyakinan Rekan Kerja Lain. 

Kita bisa melakukan aktivitas fisik di luar jam kantor bersama rekan-rekan kerja kita lainnya dan ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan, serta membantu kita untuk menghormati norma-norma dan keyakinan yang dimiliki oleh rekan kerja lainnya. Dari poin pertama ini, kita akan mengetahui seberapa penting aktivitas fisik bagi kehidupan manusia. Sebagai makhluk sosial, manusia sangat perlu melakukan aktivitas fisik dengan orang-orang di sekitarnya. Namun, setiap manusia belum tentu memiliki norma-norma dan keyakinan yang sama dengan kita. 
 
Melalui aktivitas fisik ini, kita bisa pergi makan malam bersama rekan kerja atau pergi berpesta dengan mereka. Dalam pesta, mungkin beberapa dari kita akan minum alkohol atau menyantap makanan tertentu. Dari aktivitas fisik seperti inilah kita akan tahu bahwa ada sebagian orang yang memang tidak bisa menyantap makanan tertentu atau meminum alkohol. Dengan kata lain, aktivitas fisik akan membantu kita untuk mengetahui, memahami dan menghargai norma-norma serta keyakinan yang dimiliki oleh rekan-rekan kerja lain. 

2. Aktivitas Fisik untuk Menciptakan Kegiatan yang Menyenangkan. 

Aktivitas fisik yang diadakan di luar jam kantor akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan, bahkan akan menjadi momen yang takkan terlupakan bagi para karyawan di perusahaan tersebut. Aktivitas fisik ini merupakan cara bagus dan efektif bagi semua karyawan dalam bersenang-senang sambil menjaga ikatan tim yang solid. Aktivitas fisik semacam ini juga akan menciptakan dampak positif di tempat kerja. Misalnya, karyawan akan semakin mengenal karakter dan keunikan dari masing-masing karyawan. Aktivitas fisik akan mengurangi rasa awkward atau canggung yang ada pada karyawan. Dengan aktivitas ini, karyawan dari departemen IT akan mengenal karyawan dari departemen lainnya, meskipun sebelumnya mereka belum pernah bekerja dalam tim yang sama. 
 
Contoh beberapa aktivitas fisik yang menyenangkan adalah main softball atau sepak bola bersama atau mengadakan aktivitas petualangan lainnya seperti, naik gunung, panjat tebing, paintball atau skydiving. Akan tetapi, para penyelenggara aktivitas fisik juga tidak boleh lupa untuk memperhatikan para karyawan yang sudah senior (lanjut usia) atau karyawan yang memiliki cacat fisik. 
 

3. Aktivitas Fisik dengan Bersosialisasi di Hari Kerja. 

Contoh aktivitas fisik lainnya dapat dilakukan pada hari kerja, namun tetap diadakan di luar jam kantor. Misalnya, pergi makan siang bersama rekan-rekan kerja pada jam makan siang atau pergi minum kopi bersama dengan kolega sepulang kerja. Aktivitas fisik seperti ini dapat memberikan kita peluang untuk saling mengenal satu sama lain. Anggap saja kita sedang bekerja, namun konteksnya berusaha untuk mengenal kolega kita lebih dalam dan lebih baik lagi. Akan tetapi, kita perlu selalu ingat bahwa aktivitas fisik ini mungkin hanya bisa dilakukan sebentar saja, karena jam makan siang tidak akan berlangsung lama. Selain itu, aktivitas fisik dengan kolega yang terlalu lama (dilakukan sepulang kerja) juga akan membuat kita kelelahan, sehingga tidak terlalu maksimal dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan mereka. Waktu terbaik yang kami sarankan adalah jumat malam setelah pulang bekerja atau sore hari dimana keesokan harinya adalah hari libur atau tanggal merah. 
 

4. Aktivitas Fisik yang Berorientasi Keluarga. 

Aktivitas fisik selanjutnya adalah mengadakan aktivitas fisik yang mengizinkan karyawan untuk membawa keluarga mereka ke dalam aktivitas-aktivitas yang diadakan oleh perusahaan di luar jam kantor. Para pengusaha dan pebisnis sudah harus mulai memperhatikan keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi yang dimiliki oleh para karyawannya. Ketika karyawan memiliki hubungan keluarga yang baik, maka produktivitas mereka di kantor juga akan semakin meningkat. 
 
Yap! Itulah 4 aktivitas fisik yang dapat dilakukan di luar jam kantor bersama rekan-rekan kerja kita. Dengan membaca artikel di atas, kami berharap rekan-rekan Career Advice dapat memiliki aktivitas fisik yang menyenangkan di kantor, sehingga dapat membuat hari-hari Anda menjadi lebih bahagia dan menyenangkan. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.