STUDILMU Career Advice - 3 Tips Saat Merasa Bodoh di Tempat Kerja

3 Tips Saat Merasa Bodoh di Tempat Kerja


by Studilmu Editor
Posted on Sep 19, 2018

Seberapa sering Anda pergi bekerja dan kagum pada beberapa orang yang Anda anggap mempunyai kelebihan yang lebih dari Anda? Dan seberapa sering Anda merasa Anda tidak secerdas orang lain? Untuk waktu yang lama, saya dulu berpikir itu hanya saya. Tetapi semakin saya berbicara dengan orang-orang lain yang termotivasi dan sukses, semakin saya menyadari bahwa setiap orang kadang-kadang merasa rendah diri. Saya rasa ini adalah salah satu dari beberapa kelemahan bekerja di perusahaan yang luar biasa dengan orang-orang hebat. 
 
Ketika Anda mengalami salah satu hal tersebut, ingatlah hal-hal berikut ini:
 
1. Anda Adalah Kritik Terbesar Anda Sendiri 
Kenyataan bahwa Anda bahkan membaca artikel ini adalah indikator yang jelas bahwa Anda sedang merasakan hal yang sama dengan judul artikel ini. Dan meskipun mengagumkan bahwa Anda memiliki standar yang tinggi untuk diri Anda sendiri, Anda hanya akan membuat diri Anda gila jika Anda hanya fokus pada apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik.
 
Untuk membantu Anda menjadi lebih mudah bagi diri sendiri, saya akan menyarankan sesuatu yang saya lakukan secara teratur: Tandai kalender Anda setiap akhir minggu untuk meninjau semua umpan balik positif yang Anda dapatkan selama beberapa hari terakhir. 
 
Bagi saya, saya kembali dan membaca email dari kolega dan teman-teman yang ingin memberi tahu saya bahwa saya telah melakukan pekerjaan dengan baik. Bagi Anda, itu mungkin berarti mencatat tentang percakapan tertentu yang Anda alami secara sepintas. Apa pun yang Anda putuskan bekerja paling baik untuk Anda, buatlah acara rutin untuk mengingatkan diri Anda bahwa semua orang di sekitar Anda menganggap Anda hebat.
 
2. Setiap Orang Melakukan Kesalahan
Mungkin Anda pernah melihat orang-orang yang tidak pernah mengacaukan segala hal seperti yang lainnya dan mulai membandingkan diri Anda dengan orang-orang tersebut. Saya juga yakin Anda telah bertanya-tanya mengapa dia jauh lebih baik daripada Anda dalam melakukan pekerjaan yang sama. Tetapi kenyataannya adalah bahwa orang-orang ini sering membuat kesalahan sebanyak Anda untuk mendapatkan hasil akhir yang Anda lihat. Dalam hal ini, Anda harus tahan dalam membandingkan diri Anda dan fokus dalam memperbaiki kesalahan Anda sehingga akan membuat Anda lebih pintar dan cerdas. 

3. Anda tidak akan dipekerjakan jika Anda tidak pintar juga
Dengan Anda telah bekerja pada perusahaan Anda sekarang, secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang pintar. Namun, jika Anda tetap merasa bahwa Anda tidak sehebat kolega Anda yang lain, bicaralah kepada atasan Anda tentang keterampilan apa yang dia pikir dapat Anda tingkatkan. Dan jika jawabannya adalah, “Tidak ada, kami sangat senang Anda memilih untuk bekerja untuk kami,” ikuti dan tanyakan, “Keterampilan apa yang saya perlukan untuk mencapai tingkat berikutnya?” Lalu, lakukan apa yang Anda butuhkan untuk sampai ke tingkat itu seperti daftar untuk kelas, tonton tutorial online, temukan seorang mentor. Menunjukkan tingkat inisiatif ini akan memperkuat kepercayaan atasan Anda bahwa dia membuat keputusan yang tepat untuk mempekerjakan Anda, dan seharusnya juga membuat Anda merasa nyaman tentang apakah Anda sama mampu seperti orang lain.
 
Banyak hal yang membuat orang pintar merasa bodoh cenderung merugikan diri sendiri. Ingat, jika Anda benar-benar merasa seperti berada di belakang orang lain, Anda akan selalu dapat meningkatkan diri Anda sendiri. 

Tinggalkan Komentar Anda

Respon Pengunjung

EGITH MARSHEL

Mas, saya seorang calon guru yang masih merasa tidak sebaik teman saya dalam mengajar. Apakah saya bisa memperbaiki rasa rendah diri ini? Saya butuh pencerahannya mas

Jan 18, 2019 at 12:21 PM
Featured Career Advices

Cara Berkomunikasi Efektif dengan Seseorang Dari Hasil Tes DISC

6 Tips Mengubah Suasana Rapat Kerja Lebih Interaktif

Pengolahan Data dengan Desain Dashboard

Seni Memfasilitasi Rapat Kerja dengan Post-it Kecil

Memahami Perilaku Manusia dari Model DISC

20 Kriteria Pemimpin Yang Baik

10 Contoh Pemberian Umpan Balik yang Efektif

7 Tips Memberikan Coaching Yang Efektif

8 Cara Membuat Rapat Kerja Lebih Menyenangkan

5 Cara Mencintai Diri Sendiri

Pantang Menyerah Dengan Cara Cerdas

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

2 Hal Penting Sebelum Mengundurkan Diri

Memahami Pola Pikir

Hindari 4 Strategi Pemasaran Digital yang Rumit Ini

Perbedaan Motto Hidup dan Kutipan Hidup

5 Kebahagiaan Meraih Keseimbangan Hidup

7 Halangan Diri Untuk Meraih Keseimbangan Hidup

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat