Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 3 Tips Saat Merasa Bodoh di Tempat Kerja

3 Tips Saat Merasa Bodoh di Tempat Kerja


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Seberapa sering Anda pergi bekerja dan kagum pada beberapa orang yang Anda anggap mempunyai kelebihan yang lebih dari Anda? Dan seberapa sering Anda merasa Anda tidak secerdas orang lain? Untuk waktu yang lama, saya dulu berpikir itu hanya saya. Tetapi semakin saya berbicara dengan orang-orang lain yang termotivasi dan sukses, semakin saya menyadari bahwa setiap orang kadang-kadang merasa rendah diri. Saya rasa ini adalah salah satu dari beberapa kelemahan bekerja di perusahaan yang luar biasa dengan orang-orang hebat. 
 
Ketika Anda mengalami salah satu hal tersebut, ingatlah hal-hal berikut ini:
 

1. Anda Adalah Kritik Terbesar Anda Sendiri 

Kenyataan bahwa Anda bahkan membaca artikel ini adalah indikator yang jelas bahwa Anda sedang merasakan hal yang sama dengan judul artikel ini. Dan meskipun mengagumkan bahwa Anda memiliki standar yang tinggi untuk diri Anda sendiri, Anda hanya akan membuat diri Anda gila jika Anda hanya fokus pada apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik.
 
Untuk membantu Anda menjadi lebih mudah bagi diri sendiri, saya akan menyarankan sesuatu yang saya lakukan secara teratur: Tandai kalender Anda setiap akhir minggu untuk meninjau semua umpan balik positif yang Anda dapatkan selama beberapa hari terakhir. 
 
Bagi saya, saya kembali dan membaca email dari kolega dan teman-teman yang ingin memberi tahu saya bahwa saya telah melakukan pekerjaan dengan baik. Bagi Anda, itu mungkin berarti mencatat tentang percakapan tertentu yang Anda alami secara sepintas. Apa pun yang Anda putuskan bekerja paling baik untuk Anda, buatlah acara rutin untuk mengingatkan diri Anda bahwa semua orang di sekitar Anda menganggap Anda hebat.
 

2. Setiap Orang Melakukan Kesalahan

Mungkin Anda pernah melihat orang-orang yang tidak pernah mengacaukan segala hal seperti yang lainnya dan mulai membandingkan diri Anda dengan orang-orang tersebut. Saya juga yakin Anda telah bertanya-tanya mengapa dia jauh lebih baik daripada Anda dalam melakukan pekerjaan yang sama. Tetapi kenyataannya adalah bahwa orang-orang ini sering membuat kesalahan sebanyak Anda untuk mendapatkan hasil akhir yang Anda lihat. Dalam hal ini, Anda harus tahan dalam membandingkan diri Anda dan fokus dalam memperbaiki kesalahan Anda sehingga akan membuat Anda lebih pintar dan cerdas. 

3. Anda tidak akan dipekerjakan jika Anda tidak pintar juga

Dengan Anda telah bekerja pada perusahaan Anda sekarang, secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang pintar. Namun, jika Anda tetap merasa bahwa Anda tidak sehebat kolega Anda yang lain, bicaralah kepada atasan Anda tentang keterampilan apa yang dia pikir dapat Anda tingkatkan. Dan jika jawabannya adalah, “Tidak ada, kami sangat senang Anda memilih untuk bekerja untuk kami,” ikuti dan tanyakan, “Keterampilan apa yang saya perlukan untuk mencapai tingkat berikutnya?” Lalu, lakukan apa yang Anda butuhkan untuk sampai ke tingkat itu seperti daftar untuk kelas, tonton tutorial online, temukan seorang mentor. Menunjukkan tingkat inisiatif ini akan memperkuat kepercayaan atasan Anda bahwa dia membuat keputusan yang tepat untuk mempekerjakan Anda, dan seharusnya juga membuat Anda merasa nyaman tentang apakah Anda sama mampu seperti orang lain.
 
Banyak hal yang membuat orang pintar merasa bodoh cenderung merugikan diri sendiri. Ingat, jika Anda benar-benar merasa seperti berada di belakang orang lain, Anda akan selalu dapat meningkatkan diri Anda sendiri. 
Featured Career Advice
Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja

Self Improvement

Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja <