Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 3 Peringatan Penting Ketika Mendapatkan Penolakan Kerja

3 Peringatan Penting Ketika Mendapatkan Penolakan Kerja


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Apa yang jauh lebih menyakitkan dari sebuah penolakan? Jawabannya adalah mendapat penolakan berkali-kali. 
Diberitahu berkali-kali bahwa kita bukanlah kandidat yang baik atau tidak cukup baik karena alasan apapun itu sangat menyakitkan. Pada titik tertentu, kita harus mulai bertanya-tanya di mana letak masalahnya.
 
Satu hal yang perlu kita cari tahu adalah, apakah diri kita adalah penyebab dari semua penolakan ini atau bukan. Berikut ini adalah peringatan yang harus diwaspadai dan apa saja yang harus dilakukan terhadap hal-hal tersebut. 

1. Tidak Pernah Berhasil Melewati Babak Final Wawancara 

Ini bisa menjadi situasi yang sangat remeh namun, ini juga dapat menjadi sebuah peringatan besar yang saya ragukan Anda telah melewatkannya. Anda jelas melakukan sesuatu yang benar dan tepat agar dapat mencapai tahap akhir wawancara. Lalu, apa yang menghalangi Anda untuk sampai melewati tahap akhir wawancara ini?.
 
Baik, kita harus memperhatikan seberapa baik kita dapat memahami posisi, perusahaan, dan tim yang diinginkan tersebut. 
Hal ini menandakan bahwa kita perlu melakukan riset lebih dalam tentang perusahaan yang diinginkan tersebut. Baca dan cobalah mengerti semua hal yang berkaitan dengan perusahaan, posisi dan tanggung jawab dari posisi tersebut. Sehingga, kita dapat mengajukan pertanyaan yang mendalam tentang peran tersebut di sepanjang proses wawancara. Selain itu, upayakan untuk benar-benar terhubung dengan tim dan tunjukkan pada mereka seberapa baik diri kita untuk dapat menyesuaikan diri dengan cara kerja mereka. Pada akhirnya, jangan lupa bahwa semua ini akan berjalan dengan sangat baik jika kita benar-benar menunjukkan bahwa kita mengetahui banyak hal selama wawancara. 

2. Hanya Memiliki Resume yang Cantik

Kita mungkin memiliki resume yang sangat cantik dan rapi. Tetapi anehnya, kita tidak mengalami kemajuan untuk mendapat penawaran kerja. Kita memiliki keterampilan dan pengalaman yang mungkin sangat menarik dan cukup relevan untuk menarik perhatian para perekrut namun, kita tidak dapat mempromosikan diri sendiri dengan cukup baik. Terkadang ini semua tentang bagaimana kita menyampaikan profil diri kepada orang lain.  Pada akhirnya, satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah melalui latihan. Latihan akan membuat kita terbiasa dalam menyampaikan profil diri dengan sangat baik. 
 

3. Tidak Mendapatkan Panggilan Balik dari Perekrut

Dengan berasumsi bahwa saat melamar pekerjaan kita telah memenuhi semua persyaratan namun, kenyataannya tidak mendapatkan panggilan balik dari perekrut setelah banyak aplikasi yang dikirim, tentunya sangat mengecewakan. 
 
Tentu saja, langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah memeriksa kembali resume dan dokumen yang telah diberikan kepada perekrut. Sesuaikan resume dan surat lamaran kita ke posisi tersebut, Jika kita sudah melakukannya dan masalahnya tidak terletak pada dokumen, hmm, mungkin kita tidak memiliki jaringan perkenalan yang cukup luas.
 
Dibutuhkan ketekunan untuk melewati pencarian pekerjaan yang panjang. Kuncinya adalah terus-menerus berfokus dan mengevaluasi kembali bagaimana kita dapat mengatasi masalah dengan lebih baik, bahkan jika masalahnya adalah diri kita sendiri.
Featured Career Advice
Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja

Self Improvement

Pengertian T