STUDILMU Career Advice - 3 Keuntungan Melakukan Pelatihan Untuk Karyawan Baru

3 Keuntungan Melakukan Pelatihan Untuk Karyawan Baru


by Studilmu Editor
Posted on Jan 03, 2019

 
Berhasil. Anda diberikan kepercayaan untuk menjalankan proses rekrutmen baru untuk tim Anda. Anda mewawancarai kandidat dan menawarkan pekerjaan tersebut kepada orang yang tepat.
 
Pelatihan karyawan baru bisa menjadi hal yang sangat rumit. Saat sedang melatih karyawan baru untuk tim, pikiran Anda sering melompat antara "Bagaimana saya akan menjelaskan ini?" Ke "Haruskah saya melakukan ini sendiri?".
 
Tentu saja, proses ini menjadi lebih baik karena karyawan baru mulai belajar lebih banyak tentang peran dan nuansa perusahaan, dalam dua atau tiga bulan. Tetapi, apakah proses pelatihan itu menyakitkan? Menurut saya tidak. Pada kenyataannya, pelatihan karyawan baru memiliki tiga manfaat yang mengejutkan yang dapat membantu Anda dan tim untuk bekerja lebih cerdas, lebih efisien dan lebih cepat dari sebelumnya.

1. Meningkatkan Kemampuan Organisasi Anda
Sebelum melatih karyawan baru, daftar tugas dan perencanaan proyek sebagian besar berada di kepala saya. Saya sering menyimpan informasi penting yang tersimpan di kotak masuk atau membuat dokumen yang ditulis dalam steno yang hanya bisa saya pahami. Sistem ini bekerja dengan baik bagi saya namun tidak bagi orang lain. Saya menyadari bahwa saya perlu merencanakan dan mengatur proyek dengan jelas untuk membantu karyawan yang baru masuk.
 
Luangkan waktu untuk memetakan jadwal dan hasil kerja proyek sebelum hari pertama staf baru. Jangan menganggap persiapan ini sebagai pekerjaan tambahan. Anggaplah itu sebagai peluang untuk berbagi tugas dan tanggung jawab proyek. Ini akan membantu Anda dalam mengerjakan proyek dengan persiapan dan target waktu yang tepat. 

2. Sepasang Mata Baru 
Karyawan baru membawa aset yang sangat penting yang tidak dapat disumbangkan oleh anggota tim berpengalaman: sepasang mata yang segar. Mengapa tidak mengambil keuntungan dari status karyawan baru pada proyek Anda?.
 
Saya melakukan ini tanpa sadar saat melatih staf saya tentang proses manual. Ini memakan waktu dan merupakan masalah utama bagi tim. Setelah menyelesaikan pelatihan saya, dia menyarankan agar kami merampingkan proses dengan templat Excel yang dapat kami manfaatkan dari bulan ke bulan. Tentunya ini menghemat waktu yang banyak bagi tim kami. 
 
3. Menularkan Antusiasme
Ingatkah hal apa yang Anda rasakan ketika pertama kali memulai pekerjaan? Anda pasti sangat ingin mengambil proyek baru dan ingin tahu tentang perusahaan itu, bukan? Tetapi, sekalipun Anda menyukai pekerjaan Anda, kegembiraan ini akan memudar, dan itu merupakan hal yang wajar. 
 
Manfaatkan antusiasme karyawan baru Anda dan biarkan energi itu mengalir pada Anda dan tim Anda. Bahkan hal-hal kecil, seperti membuatnya berbagi artikel industri dengan tim Anda atau mengatur grup untuk pergi ke acara jejaring dapat membantu menyalakan kembali kegembiraan bagi semua orang.
 
Karyawan baru sering bertanya kepada saya, "Mengapa kita melakukan itu?" Ini membantu saya untuk berhenti sejenak dan benar-benar menganalisis kekuatan yang berperan dalam keputusan itu. Jika saya atau manajer lain tidak dapat menjelaskan alasan di balik keputusan atau proses tertentu, kami mengidentifikasi hal tersebut sebagai area perusahaan yang mungkin dapat ditingkatkan dan digali lebih jauh.
 
Mempekerjakan dan melatih karyawan baru adalah pekerjaan yang menarik dan menantang. Sebagai seorang manajer, tugas Anda adalah memperkenalkan karyawan baru ke perusahaan dan membimbingnya menuju kesuksesan dalam peran baru tersebut. Tetapi jangan lupa untuk mengambil keuntungan dari proses pelatihan itu sendiri, dari proses perencanaan hingga membiarkan antusiasme karyawan baru Anda menular ke Anda dan juga tim. Tetap memiliki pikiran yang terbuka selama proses orientasi dapat memiliki manfaat besar bagi tim Anda.
 
Jika ingin menyelenggarakan Program Pelatihan Karyawan, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com 

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

2 Hal Penting Sebelum Mengundurkan Diri

Memahami Pola Pikir

Hindari 4 Strategi Pemasaran Digital yang Rumit Ini

Perbedaan Motto Hidup dan Kutipan Hidup

5 Kebahagiaan Meraih Keseimbangan Hidup

7 Halangan Diri Untuk Meraih Keseimbangan Hidup

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif