×
STUDILMU Career Advice - 3 Keterampilan Wirausaha Yang Tidak Didapat Di Sekolah
Entrepreneurship

3 Keterampilan Wirausaha Yang Tidak Didapat Di Sekolah

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Sekolah bisnis sangat bagus. Anda belajar tentang berbagai macam topik yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya, seperti akuntansi, keuangan, strategi, dan pemasaran. Semua ilmu tersebut merupakan modal yang sangat penting dalam memulai perusahaan Anda sendiri.
 
Tetapi setelah Anda memulainya, Anda akan menyadari ada beberapa hal yang tidak dibahas di sekolah bisnis yang merupakan hal penting untuk mendirikan dan menjalankan bisnis Anda. Beberapa keterampilan yang mungkin Anda miliki melalui pengalaman di pekerjaan sebelumnya, tetapi mungkin juga keterampilan yang belum Anda miliki dan Anda berharap untuk memilikinya.
 
Jika Anda baru memulai karier sebagai wirausahawan (terlepas dari Anda berencana untuk sekolah atau tidak) berikut adalah beberapa tiga hal yang harus Anda pelajari yang tidak Anda dapatkan secara utuh di sekolah.
 

1. Cara Meng-code

Jika Anda menjalankan perusahaan teknologi, kemungkinannya adalah Anda (atau seseorang yang Anda pekerjakan) perlu membangun perangkat lunak. Jadi, jika Anda tidak mengerti secara teknis, tidak ada salahnya untuk mengetahui sedikit lebih banyak tentang kode.
 
Ada saat-saat lain di sepanjang jalan ketika Anda perlu membangun beberapa halaman web sederhana, tetapi para pekerja sedang mengurusi satu dan lain hal. Satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan adalah belajar dengan cepat tentang Photoshop dan beberapa HTML dasar. Pada satu titik, Anda bahkan dapat mengambil kelas pemrograman untuk memahami bagian-bagian dasar.
 
Selain dapat membantu tugas-tugas kecil, Anda menemukan bahwa jika Anda mampu menggunakan sistem, Anda menjadi lebih baik dalam mengetahui dan mendefinisikan produk. Selain itu, mengetahui sedikit tentang teknologi yang Anda gunakan akan membantu Anda mengkomunikasikan persyaratan bisnis Anda.
 
Jika Anda tertarik untuk belajar tentang kode, ada banyak sumber daya yang tersedia, termasuk tutorial online, situs web khusus yang berfokus pada teknologi tertentu, dan buku-buku yang akan membantu Anda mendapatkan kecepatan. Kursus pengantar juga tersedia di sekolah-sekolah lokal jika Anda ingin belajar lebih mendalam.
 

2. Cara Menjual

Meskipun Anda mengambil kelas negosiasi di sekolah, yang mempelajari strategi penjualan, itu tidak sampai membawa Anda benar-benar mengerti artinya menjual. Anda menelepon, mengirim email, dan ditolak oleh pelanggan. Anda menyadari bahwa menjual bukanlah untuk menjadi lemah hati.
 
Terlepas dari semua ini, belajar cara menjual memberi Anda banyak informasi tentang pelanggan, kekurangan dari produk Anda, dan apa yang orang bayar. Dan itu merupakan kunci yang sebenarnya bagi bisnis apa pun. Anda harus tahu cara menghasilkan uang. Semakin cepat Anda mengetahui hal itu, maka akan semakin baik. Penjualan juga membuat Anda tetap dekat dengan pelanggan dan memungkinkan Anda menyesuaikan model bisnis Anda dengan tuntutan pasar yang berubah-ubah.
 
Cara terbaik untuk mempelajari penjualan adalah dengan menelepon pelanggan dan mulai menawarkan produk Anda. Jika Anda belum memiliki sesuatu untuk dijual, cobalah menjual produk orang lain. Pengalaman dari berhasil dan gagalnya penjualan Anda akan memberi Anda informasi yang tak ternilai tentang hal yang masih perlu untuk Anda kembangkan.
 

3. Cara Merekrut Karyawan

Lebih khusus lagi, pelajari cara merekrut. Tidak ada kelas untuk ini. Hal ini adalah sebuah seni. Namun, perekrutan adalah hal terpenting yang akan Anda lakukan sebagai pendiri, dan ini mutlak.
 
Merekrut merupakan hal yang mirip dengan penjualan. Anda melempar perusahaan Anda kepada orang-orang dan Anda menginginkan mereka menginvestasikan waktu dan keyakinan mereka kepada Anda. Anda harus dapat menemukan orang-orang yang tepat, menargetkan dan mengkualifikasi mereka sebagai pembentuk budaya, dan kemudian dapat mendapatkan mereka. Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan di dunia perekrutan yang kompetitif. Jika Anda menginvestasikan waktu dan upaya untuk memahami proses perekrutan, hal ini akan mempercepat pekerjaan Anda.
 
Seperti penjualan, langkah termudah untuk memahami cara merekrut adalah dengan memulai. Anda harus berbicara dengan calon pekerja sebanyak mungkin dan memperbaiki nada Anda. Anda perlu mencari tahu tentang para kandidat dan faktor yang membuat mereka bersemangat untuk bekerja sama dengan Anda. Sepanjang jalan, Anda akan menemukan proses yang cocok untuk Anda dan Anda akan dapat mengembangkan gaya pribadi Anda sendiri.
 
Sebagai pendiri, Anda berpikir bahwa yang harus Anda lakukan adalah membuat ide dan mempekerjakan beberapa orang saja, dan semuanya selesai. Mungkin itu benar, namun hanya dalam beberapa waktu. Anda tentu harus berusaha membawa orang-orang yang berpengalaman di setiap bidang untuk membantu Anda kapanpun Anda mau.
 
Memahami kode, penjualan, dan perekrutan akan membantu Anda melihat gambaran yang lebih besar. Anda menjadi seorang visioner yang lebih baik dan memahami lebih banyak tuas yang dapat menggerakkan bisnis Anda. Anda menjadi operator yang lebih baik; lebih efisien dalam menjalankan bisnis dan membuat keputusan yang tepat. Dan mungkin Anda melewatkan kelas tentang topik-topik ini saat di sekolah, tetapi pelatihan di tempat kerja langsung merupakan bentuk pendidikan yang terbaik.

Featured Career Advice