×
STUDILMU Career Advice - 3 Hal Penting Yang Dapat Anda Lakukan
Self Improvement

3 Hal Penting Yang Dapat Anda Lakukan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Jika Anda membaca artikel ini, saya yakin bahwa tiga hal di bawah ini dapat Anda raih pada tahun ini. 
 

1. Jika Tidak Dapat Berhenti Berpikir Tentang Jaringan Sosial Maka, Lakukanlah

Sudah berapa kali kita bertemu dengan seseorang yang mungkin kita kenal dan berkata “Hey, itu adalah hal yang luar biasa, mungkin dilain waktu kita dapat berjumpa lagi dan memperbincangkan tentang apa yang ingin saya lakukan di sisa hidup saya”. Setelah tiga bulan hal itu berlalu, apakah kita pernah memikirkannya kembali?.
 
Saya di sini bukan untuk menghantui siapapun untuk membuat jaringan sosial yang lebih luas. Namun, dalam hal yang bersamaan, ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk memperluas jaringan sosial. 
 
Jika kita bertemu dengan seseorang dan merasa bahwa kita benar-benar harus bertemu lagi dengannya di suatu waktu, segerakan diri untuk membuat tanggal pertemuan selanjutnya saat itu juga. Jika kita tidak dapat berkomitmen dalam melakukan ini, jangan merasa ragu hanya untuk mengatakan “mari bertemu kembali di lain waktu” saat menutup percakapan. 
 
Tidak akan ada orang yang menahan diri kita untuk berkata demikian saat bertemu dengan seseorang, percayalah. 
 

2. Anda Dapat Mencari Kesempatan Karier yang Baru

Saya mengerti bahwa di luar sana terlalu banyak pilihan untuk “meningkatkan karier” dan sangat sulit untuk membuat opsi-opsi tersebut menjadi kecil untuk memulai kesempatan karier yang diinginkan. Namun, tidak ada salahnya untuk kita memilih dari sekian banyaknya opsi yang ada untuk memulai langkah kecil karier impian yang baru.  
 
Cobalah untuk duduk dan membuat daftar kursus, buku-buku dan pembimbing karier serta memulai untuk memilih dari opsi-opsi tersebut. 
 
Memang, kita mungkin tidak akan menemukan kursus serta buku-buku yang tepat dari sekian banyaknya opsi yang didapatkan. Namun, jika kita sudah mendapatkannya, kita pasti akan terkejut betapa termotivasinya diri kita untuk tetap maju ke depan. 
 

3. Anda Dapat Menganalisa Bagaimana yang Anda Rasakan Tentang Pekerjaan Anda Saat Ini

Mungkin kita menyukai pekerjaan saat ini. Nyatanya, jika kita benar-benar beruntung menyukai pekerjaan sekarang. Namun, akan datang waktu dimana kita akan merasa sedikit demi sedikit ingin meninggalkan pekerjaan yang sekarang. 
 
Kita dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini kepada diri sendiri:
- Apakah saya bahagia untuk datang ke kantor minggu ini?
- Apakah saya telah menyelesaikan sesuatu yang saya banggakan baru-baru ini?
- Apakah karier saya sekarang masih sejalan dengan rencana jangka panjang saya?
 
Jika sejauh ini jawabannya masih ‘Ya’, maka bertahanlah di pekerjaan sekarang. Namun, kita harus berhenti sejenak dan benar-benar bertanya pada hati nurani tentang apa yang kita inginkan untuk masa depan. 
 
Jika Anda ingin merencanakan tujuan yang banyak pada karier tahun ini, saya tidak akan menahan diri Anda. Tetapi, akankah lebih baik jika Anda mempermudah diri Anda dengan membuat tujuan-tujuan yang dapat Anda raih.  
 
Ingat: Jika Anda mengalami hambatan di sepanjang jalan, cobalah untuk tidak membiarkannya terlalu lama. Teruslah berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. 

Featured Career Advice