×
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Meningkatkan Semangat Pagi
Productivity

3 Cara Meningkatkan Semangat Pagi

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice. Ini adalah hari yang baru dan awal yang baru untUk memulai hari. lalu, bagaimanakah rekan pembaca mengawali hari Anda? Apakah Anda langsung membuka mata dengan penuh semangat dan energi untuk memulai hari Anda? Apakah Anda mencuci muka langsung menikmati secangkir kopi kesukaan Anda? Apakah Anda bangun sedikit lebih awal dan melakukan beberapa kebiasaan yang dapat menyemangati Anda sepanjang hari? Atau, apakah justru rekan pembaca memulai hari dengan merasa sangat terburu-buru, mandi, makan, dan menyiapkan segalanya terburu-buru?
 
Ingatlah bahwa awal kita memulai hari akan memberikan dampak besar bagi keseluruhan hari yang kita jalani. Seringkali, jam-jam berharga sebelum dimulainya hari secara resmi akan menentukan arah bagaimana hari itu akan berjalan.Untuk memiliki kapasitas besar dalam pekerjaan, tentunya kita harus memiliki kebiasaan sehari-hari yang mendukung. Kita tahu bahwa membangun kebiasaan baik menuntun kita tempat yang ingin kita tuju. Seseorang yang memiliki rutinitas dan kebiasaan yang memungkinkan mereka memiliki semangat pagi yang membuat mereka menjadi lebih produktif. 
 
Bahkan, seorang ahli saraf menjelaskan bahwa perilaku pembuatan kebiasaan akan mengirimkan pesan ke bagian otak yang disebut basal ganglia, bagian ini juga merupakan kunci penting dalam perkembangan emosi, ingatan dan pengenalan pola. Sementara itu, keputusan dibuat di bagian otak yang berbeda yang disebut prefrontal cortex. Begitu suatu perilaku menjadi hal otomatis, bagian pengambilan keputusan dari otak Anda masuk ke mode tidur. Ketika kebiasaan diterapkan, otak tidak harus bekerja keras sama sekali, yang artinya kita tidak perlu mengeluarkan energi mental apa pun untuk memberlakukan kebiasaan itu. Ini merupakan hal yang penting, karena kita memiliki energi mental terbatas. Mengurangi peluang untuk menghabiskan kekuatan mental dengan mengembangkan kebiasaan merupakan hal yang sangat baik.
 
Lalu, apa yang dapat kita lakukan agar kita dapat memulai hari dengan cara yang tepat dan memiliki semangat pagi yang membuat kita menjadi lebih produktif dalam menjalani hari? 
 
Berikut adalah 3 cara meningkatkan semangat pagi.

1. Berolahraga.

Untuk menjadi sukses, kita harus memperhatikan tingkat kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Mulailah hari dengan berolahraga. Jika kita memulai hari dengan berolahraga, kita akan memiliki lebih banyak stamina dan energi sepanjang hari. Mungkin kita akan sangat sulit untuk menyediakan waktu di pagi hari karena kita lebih tergoda untuk tetap berada dalam selimut, tetapi paksa diri untuk melakukannya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga memberikan perintah langsung pada sistem saraf pusat untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan.
 
Selain meningkatkan semangat pagi, berolahraga di pagi hari juga dapat mengontrol tekanan darah. Olahraga bisa membuat aliran darah membaik dan ini berdampak positif pada kesehatan jantung. Olahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur kita di malam hari. Karena, olahraga akan mengembalikan ritme sirkadian sehingga membuat kita tidur lebih nyenyak di malam hari. Jadi, cara pertama meningkatkan semangat pagi yang dapat rekan pembaca lakukan adalah berolahraga. 
 
Pilihlah olahraga yang ringan, tidak terlalu berat, seperti jogging, jalan cepat atau mungkin aerobik. Jika memungkinkan, berenang juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan.

2. Melakukan hal yang melibatkan kreativitas.

Cara meningkatkan semangat pagi yang kedua adalah melakukan kreativitas. Beberapa orang menyebut hal ini sebagai ‘proyek yang menggairahkan.’ Kita perlu memiliki sesuatu dalam hidup kita yang merupakan ekspresi kreativitas kita. Di awal pagi, kita dapat memainkan alat musik, membaca kitab suci, merangkai bunga dalam vas, membuat karya seni, mulai dari seni melipat kertas, lukisan atau bahkan yang berkaitan dengan kayu dan bangunan, sampai berkebun. Menghabiskan waktu sepenuhnya bersama anak-anak atau pasangan juga merupakan tindakan yang melibatkan kreativitas.
 
Terlepas dari kegiatan apapun yang Anda lakukan, kunci utama dalam melibatkan diri dengan hal-hal kreatif adalah melakukannya dengan fokus yang penuh tanpa gangguan. Terlibat dalam sesuatu yang kreatif adalah cara mengisi dan mengisi ulang pikiran dan hati. Pikiran kita diumpamakan seperti pompa bensin yang belum bekerja. Jika kita melakukan hal yang melibatkan kreativitas di pagi hari, kita akan merasa seperti menyelesaikan sesuatu yang penting. dengan begitu kita akan menjadi sangat bersemangat dalam menjalani hari.
 

3. Memikirkan ide-ide besar.

Cara meningkatkan semangat pagi yang ketiga adalah memikirkan hal-hal besar. Memikirkan ide-ide besar adalah sesuatu yang membutuhkan waktu dan ruang. Ini adalah waktu saat kita membiarkan pikiran kita berkelana dengan sehat. Beri diri waktu untuk minum secangkir kopi (15-20 menit) untuk membuat pikiran kita berkeliaran dan memikirkan ide-ide besar. Hindari memiliki pemikiran kecil. Jangan memaksakan diri untuk memutuskan apa pun. Dengarkan suara kecil yang dapat menjadi intuisi atau membuat Anda lebih peka. Dengan begitu, kita akan menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hari. Pemikiran-pemikiran besar dan liar akan membawa kita pada imajinasi hebat yang dapat menjadi pendorong semangat. 
 
Itulah 3 cara meningkatkan semangat pagi yang dapat menjadi panduan bagi kita semua. Mari kita memulai hari dengan cara sehat yang dapat merangsang tumbuhnya kreativitas dan ide-ide besar. Beri diri waktu dan bersabarlah melakukannya sampai rutinitas baru ini menjadi kebiasaan. Ini akan memberikan hasil yang efektif. Dengan semangat yang tinggi, kita akan memiliki kejelasan dan kemampuan untuk mengatasi masalah-masalah yang menantang ketika kita melewati hari. Yuk, kita bangun hal baik ini bersama.

Featured Career Advice